-->

7+ Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok dan Relevan Sesuai Peluang Kerja

Lalu bagaimana tips memilih jurusan kuliah yang cocok dan relevan sesuai peluang dan permintaan pasar ? Simak ulasannya berikut ini.

7+ Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok dan Relevan Sesuai Peluang Kerja

Sosiologi Info - Memilih jurusan yang sesuai dan cocok saat hendak kuliah memang harus dipertimbangan. Bagaimana peluang kerja, serta kebutuhan pasar terhadap jurusan yang dipilih.

Lalu bagaimana tips memilih jurusan kuliah yang cocok dan relevan sesuai peluang dan permintaan pasar ? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Saya Harus Kuliah ? 

Itulah pertanyaan besar yang harus kamu tanyakan kepada diri sendiri, kenapa saya harus kuliah. Sebagian dari kita kadang tidak tahu kenapa harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. 

Ada yang menjawab karena keinginan orang tua, ada juga sebagian yang menjawab karena hanya sekadar ikut teman di masa pelajar. 

Agar tetap masih bersama sampai pada tujuan kampusnya juga dipilih atas dasar keinginan untuk temen. 

Nah, jawaban kenapa harus kuliah ini menjadi penting untuk dilakukan agar saat kuliah tidak merasakan penyesalan maupun kesalahan nantinya. 

Masih Bingung Pilihan Jurusan Kuliah ? Berikut Ini Tipsnya

Nah setelah kamu sudah menjawab alasan kenapa harus kuliah, kamu juga harus memilih jurusan yang akan kamu tentukan. 

Tidak gampang memang kita menentukan pilihan jurusan dimana, kampus atau universitasnya negeri atau swasta. 

Semuanya tergantung kebutuhan kamu ya mau jurusan apa, kuliah di kampus mana, itu yang harus kamu tentukan. 

Ingat jangan sampai menyesal atau melakukan kesalahan dalam memilih jurusan kuliah, agar tidak bingung pas selesai kuliah nantinya. 

Berikut ini kami berikan beberapa tips dan cara memilih jurusan kuliah yang cocok dan relevan terhadap peluang kerja, yaitu : 

Pertama, Sesuaikan dengan Minat dan Bakat Kamu

Saat memilih jurusan kuliah kamu mesti sesuaikan dengan minat dan bakat yang sudah kamu punya. Agar saat kuliah sudah mempunyai dasar serta langkah-langkah yang ingin diambil.

Misalnya kamu sudah punya basic di penjualan, nah ada baiknya juga mengambil jurusan yang sesuai dengan itu, misalnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, untuk prodi/jurusannya silahkan kamu sesuaikan ya. 

Kedua, Riset Mengenai Jurusan

Hal yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan sebelum memilih jurusan yaitu dengan melakukan riset untuk mengetahui sejah mana perkembangan terbaru jurusan tersebut. 

Baik itu akreditasi, apa saja fasilitas pendukung, bagaimana sistem perkulihannya, berapa biaya, dan berbagai hal penting lainnya.

Ketiga, Riset Peluang untuk di Dunia Kerja

Jurusan yang kita pilih juga harus mempertimbangkan bagaimana peluang kerja yang dibutuhkan  dalam dunia kerja atau industri di daerah, khususnya di Indonesia. 

Dengan cara inilah kita dapat punya bayangan perihal peluang-peluang kerja yang bisa dikerjakan saat selesai kuliah. 

Keempat, Sesuaikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Setelah kamu melakukan riset bagaimana peluang jurusan kamu di dunia kerja. Kamu juga mesti mencari tahu bagaimana jurusan yang akan dipilih juga dibutuhkan dalam dunia kerja.

Baik untuk sekarang, dan mendatang, sehingga jurusan yang kamu pilih juga bisa menempatkan kamu pada dunia kerja yang relevan. 

Kelima, Riset Juga Risiko Jurusan yang Dipilih

Penting juga melakukan riset bagaimana risiko yang diambil ketika memilih jurusan kuliah yang dipilih, serta mempersiapkan rencana lainnya. 

Dengan demikian, risiko yang kita ambil dapat dan bisa teratasi jika kita punya rencana lainnya, sehingga memberikan persiapan yang ada.

Keenam, Diskusikan dengan Keluarga atau Orang Tua 

Jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan orang tua atau keluarga yang kita minta pendapatnya, sebagai bayangan dan gambaran terhadap jurusan tersebut.

Kita juga mesti menerima saran dan masukan dari orang terdekat kita, agar juga tidak plin plan serta membuang peluang di jurusan yang lainnya.

Ketujuh, Coba Lihat Orang Terdekat Kamu yang Mengambil Jurusan Itu

Nah kamu juga bisa membandingkan orang terdekat atau kenalan serta orang disekitar kamu yang ada mengambil jurusan yang akan kita pilih.

Dengan cara itu kita mendapatkan perbandingan yang nyata terhadap rencana pilihan jurusan kita saat akan kuliah.

Kedelapan, Jangan Lupa Berdoa 

Terakhir jangan lupa berdoa agar pilihan jurusan kuliah yang kita ambil mendapatkan berkah dan tidak ada halangan dalam menjalani perkulihan nantinya.

Nah itulah beberapa tips dan cara dalam memilih jurusan kuliah untuk kamu agar cocok dan relevan dengan peluang di dunia kerja atau industri nantinya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !