10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) - Referensi Artikel Sosiologi 10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU)

Mau kuliah di kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Nah ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan buat kamu.

10+ Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

Sosiologi Info - Mau kuliah di kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Nah ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan buat kamu. 

Agar memilih kuliah atau mengambil jurusan di Universitas Sumatera Utara (USU), apa saja alasannya ? Yuk simak berikut ini. 

Sekilas Mengenal Profil Universitas Sumatera Utara

Kampus negeri ini menjadi jalan atau langkah awal yang memberika  motivasi dan semangat kepada masyarakat lainnya. 

Dimana USU telah berhasil memberikan embrio kepada masyarakat untuk mendirikan kampus negeri yang ada di daerahnya. 

Misalnya seperti di Aceh dan di Medan sendiri yang ikut termotivasinya karena berdirinya beberapa fakultas di Universitas Sumatera Utara (USU) saat itu. 

Lalu bagaimana sejarah awal mula berdirinya USU ? Berikut ini kami rangkum beberapa fakta sejarahnya. 

Fakta Pertama Gubernur Sumatera Utara Menjadi Pelopor Berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara (USU)

Sejarahnya dimulai saat berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara (USU) pada tanggal 4 Juni 1952. Dimana pendirian yayasan tersebut digagasan dan dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara. 

Menurutnya ini sebagai bentuk untuk memenuhi keinginan warga dan masyarakat Sumatera Utara terkhususnya, dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya, dengan berdirinya universitas tersebut. 

Fakta Kedua Solidaritas dan Kebersamaan Mengumpulkan Dana Mendirikan Universitas

Pada zaman pendudukan Jepang, beberapa orang terkemuka di Medan termasuk Dr. Pirngadi dan Dr. T. Mansoer membuat rancangan perguruan tinggi Kedokteran. 

Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah mengangkat Dr. Mohd. Djamil di Bukit Tinggi sebagai ketua panitia. 

Setelah pemulihan kedaulatan akibat clash pada tahun 1947, Gubernur Abdul Hakim mengambil inisiatif menganjurkan kepada rakyat di seluruh Sumatera Utara mengumpulkan uang untuk pendirian sebuah universitas di daerah ini.

Selengkapnya baca disini : 7 Fakta Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) yang Diresmikan Soekarno

Lalu apa saja alasan yang membuat kamu menjadikan bahan pertimbangan untuk memilih kuliah di kampus Universitas Sumatera Utara (USU), yaitu sebagai berikut : 

1. Akreditasi Universitas/Institusi

Sebagai kampus negeri terbaik yang ada di Sumatera Utara, Universitas USU saat ini mendapatkan predikat akreditasi institusi A. Dengan tahun SK pada 2018 dan akan berlaku sampai 27 Februari 2023 mendatang. 

2. Punya 15 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana

Universitas Sumatera Utara ini mempunyai sebanyak 15 fakultas yang bisa menjadi pilihan dan bahan pertimbangan kamu untuk kuliah disini. 

Dengan demikian kamu bisa lebih menggali potensi yang ingin kamu kembangkan saat kuliah sesuai dengan jurusan dan minat kamu. 

Berikut ini daftar fakultasnya, yaitu : 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Farmasi

Fakultas Hukum

Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kehutanan

Fakultas Keperawatan

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Pertanian

Fakultas Psikologi

Fakultas Teknik

Sekolah Pascasarjana

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

3. Fasilitas Rumah Sakit Pendidikan (RSP) USU

Rumah sakit USU adalah entitas Kemenertian Pendidikan dan Kebudayaan/Dikti yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Universitas Sumatera Utara. 

RSP USU merupakan salah satu dari 20 RS Perguruan Tinggi Negeri dengan status yang sama dan akan dikembangkan di Indonesia oleh Kemenertian Pendidikan dan Kebudayaan/Dikti.

Berlokasi di Jalan Dr Mansyur kawasan kampus USU Medan. Rumah sakit ini berdiri tahun 2011 yang dimulai dari peletakan.

Batu pertama oleh Rektor USU saat itu Prof dr Chairuddin P Lubis dan Gubernur Sumatera Utara saat itu H Syamsul Arifin, pada tahun 2009.

Rumah Sakit USU dirancang untuk dapat mengakomodasi pelayanan rawat jalan di sejumlah klinik spesialis/sub spesialis.

Pelayanan rawat inap dengan kapasitas 400 tempat tidur, Instalasi gawat darurat dengan pelayanan 24 jam, kamar bedah, ruang persalinan, perawatan intensif, pelayanan hemodialise dan rehabilitasi medik. 

Berbagai peralatan radiodiagnostik/pencitraan, laboratorium klinik dan fasilitas/peralatan pelayanan lainnya dilengkapi untuk penyelenggaraan fungsi rumah sakit.

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

4. Fasilitas Taman

Taman USU terletak di depan Gedung Biro Pusat Admnistrasi USU. Taman USU ramai dikunjungi pada sore hari, terutama pada hari sabtu dan Minggu.

Selain digunakan oleh civitas akademika, taman ini juga dikunjungi oleh masyarakat umum yang ingin sekedar bersantai, rekreasi, atau berolahraga. 

Taman ini memiliki beberapa satwa yang dipelihara seperti Rusa, Kijang, dan beberapa jenis burung. Selain itu, air mancur terletak di tengah taman menambah keasrian taman tersebut. 

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

5. Fasilitas Gedung Auditorium USU

Gedung auditorium USU merupakan gedung terbesar yang ada di Kampus Padang Bulan. Gedung ini mempunyai kapasitas lebih dari 1.500 orang.

Gedung ini biasanya digunakan untuk melaksanakan acara wisuda lulusan di USU. Dimana pelaksanaan wisuda di USU sendiri dilakukan setiap empat kali dalam satu tahun. 

Tidak hanya itu, gedung auditorium ini juga digunakan untuk kegiatan yang bersifat seremonial, seperti peringatan Dies Natalis USU, Orasi Ilmiah, dan kegiatan lainnya. 

Gedung ini juga sering digunakan untuk pihak luar USU atau untuk umum yang melaksanakan kegiatan wisuda lulusan sekolah tertentu.

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

6. Fasilitas Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU

Kehadiran rumah sakit ini sebagai pusat pendidikan yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswa yang selama ini koas di rumah sakit lain. 

Saat ini RSGM USU juga sudah melayani pasien BPJS, sejalan dengan tuntutan masyarakat. Tidak hanya itu, RSGM juga menyediakan layanan fasilitas eksklusif.

RSGM USU diresmikan pada 9 September 2020 lalu setelah dilakukan renovasi. 

Ada delapan klinik di RSGM USU yaitu Klinik Ortodonsia, Bedah Mulut, Prostodonsia, Konservasi Gigi, Penyakit Mulut, Periodonsia, dan Klinik DHE/Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat.

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

7. Fasilitas Asrama Mahasiswa

Asrama mahasiswa terdapat di dua tempat yaitu asrama putri yang terletak di Jalan Universitas dan asrama putra di Jalan Dr T Mansur. 

Asrama ini dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena berada di dalam kampus.

Dimana asrama mahasiswa putri terletak di depan Fakultas Ilmu Budaya dan asrama mahasiswa putra di depan pintu 3 USU. Selain dekat dengan kampus, biayanya juga tidak terlalu tinggi. 

Mahasiswa yang ingin bertempat tinggal di asrama putri hanya membayar biaya sewa Rp. 200 ribu setiap bulan, itu sudah termasuk biaya air dan listrik. 

Dalam kamar juga sudah ada lemari dan kasur sebagai fasilatas. Satu kamar diisi oleh empat orang mahasiswa. 

Biasanya fasilitas asramaini diutamakan bagi mahasiswa baru dan mahasiswa penerima beasiswa afirmasi serta bidik misi. 

Cara mendaftarnya sangat mudah, bisa langsung data ke Biro Rekotr atau datang langsung menemui kepala asrama. Jika ada kamar yang kosong. 

Selama menjadi anak asrama, mehasiswa dilarang pulang lewat dari pukul 22.00 malam. Penjagaan di asrama juga aman yang dijaga langsung oleh satpam USU.

Tidak hanya itu, asrama mahasiswa ini juga sering dijadikan sebagai tempat tinggal sementara mahasiswa yang tergabung dalam pertuakaran pelajar atau peserta lomba di USU.

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

8. Fasilitas Perpustakaan

Sejarah Perpustakaan dimulai dengan berdirinya Universitas Sumatera Utara (USU) pada 20 Agustus 1952. 

Perpustakaan pertama yang didirikan di lingkungan USU adalah Perpustakaan Fakultas Kedokteran (1952) dan kemudian disusul oleh Perpustakaan Fakultas Hukum (1954). 

Ketika itu USU masih bernaung di bawah Yayasan Universitas Sumatera Utara, yang kemudian diresmikan menjadi perguruan tinggi negeri ketujuh di Indonesia pada 20 Nopember 1957.

Pada tahun 1970 berdiri Perpustakaan Pusat disamping perpustakaan fakultas yang telah berdiri sebelumnya. 

Kemudian pada tahun 1987, seluruh perpustakaan di lingkungan USU bergabung dan pindah ke gedung baru seluas 6.090 m2 yang terletak di tengah-tengah kampus USU Padang Bulan. 

Pada saat USU berubah status menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN) pada 2005,  organisasi Perpustakaan digabungkan dengan Pusat Komputer yang diberi nama Perpustakaan dan Sistem Informasi. 

Selanjutnya, ketika USU berubah status menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dan sekarang ini berubah status lagi menjadi PTN-BH sesuai dengan PP No. 16 Tahun 2014.

Maka organisasi Perpustakaan tidak lagi digabungkan dengan Pusat Komputer dan nama organisasi Perpustakaan berubah kembali menjadi Perpustakaan Universitas.

Sejak tahun 2006, Perpustakaan telah membuka beberapa cabang yang berlokasi di  fakultas. Hingga tahun 2017  telah ada 13 (tiga belas).

Perpustakaan Universitas Cabang Fakultas dan Cabang Rumah Sakit USU yang telah dibuka dengan menerapkan sistem pelayanan yang terintegrasi dengan Perpustakaan Universitas. 

Hal ini dimungkinkan dengan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang tersedia untuk mengembangkan sistem perpustakaan terintegrasi dengan lokasi titik pelayanan yang tersebar di dalam kampus. 

Pembukaan perpustakaan cabang selain bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada  pengguna juga untuk mengatasi keterbatasan kapasitas ruang perpustakaan universitas.

Pimpinan Perpustakaan USU dari masa ke masa

Drs. A. Ridwan Siregar, SH., M.Lib (1991 – 2013)

Dr. Jonner Hasugian, M.Si. (2015 – 2021)

Laila Hadri Nasution, S.Sos., M.P. (2021 – sekarang)

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

9. Spot Foto Banyak

Buat kamu yang kuliah di USU pasti akan banyak menjumpai tempat untuk spot foto yang instagramble. 

Banyak spot foto yang bisa kamu pilih untuk dijadikan feed di instagram atau kamu share di media sosial. 

Seperti di spot foto tulisan USU, dan berbagai tempat lainnya, kamu bisa explore sendiri kalau udh kuliah di USU ya. 

10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara

10. Gedung Pancasila USU

Gedung ini berdiri dengan nama awal yaitu Pendopo USU. Gedung ini pun telah bertransformasi menjadi pusat mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan penting. 

Gedung ini juga dimasa pandemi Covid-19 digunakan sebagai tempat vaksinasi massal pada tahun 2021. 

Asri nan indah, itulah yang terlihat disekitar lokasi gedung. Banyak dikelilingi oleh pepohonan yang menjadi sebagai area nyaman, sejuk dan asri. 

Sesuai dengan namanya, gedung Pancasila USU, yang memiliki lima sudur sebagai refleksi dari Pancasila. 

Nah itulah beberapa alasan yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU). 

Sumber Referensi : 

https://www.usu.ac.id/id/fasilitas

https://library.usu.ac.id/sejarah-ringkas/

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU)
10 Alasan Mengapa Kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU)
Mau kuliah di kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Nah ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan buat kamu.
https://1.bp.blogspot.com/-UllzWWnThtQ/YVFFLjv-k4I/AAAAAAAAFfY/9jptUkteh8gn_NhdOCjSLdd8uIG2ek0vwCLcBGAsYHQ/s16000/10%252B%2BAlasan%2BMengapa%2BKuliah%2Bdi%2BUniversitas%2BSumatera%2BUtara.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UllzWWnThtQ/YVFFLjv-k4I/AAAAAAAAFfY/9jptUkteh8gn_NhdOCjSLdd8uIG2ek0vwCLcBGAsYHQ/s72-c/10%252B%2BAlasan%2BMengapa%2BKuliah%2Bdi%2BUniversitas%2BSumatera%2BUtara.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/09/alasan-kuliah-di-universitas-sumatera-utara.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/09/alasan-kuliah-di-universitas-sumatera-utara.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy