-->

7 Fakta Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) yang Diresmikan Soekarno

Mau kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) ? Nah yuk baca dulu sejarah awal mula berdirinya pergurun tinggi negeri yang diresmikan oleh Soekarno.
7 Fakta Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) yang Diresmikan Soekarno

Sosiologi Info - Mau kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) ? Nah yuk baca dulu sejarah awal mula berdirinya pergurun tinggi negeri yang diresmikan oleh Presiden Soekarno menjadi kampus negeri ke 7 di Indonesia. 

Awal Mula Berdirinya Universitas Sumatera Utara (USU)

Kampus negeri ini menjadi jalan atau langkah awal yang memberika  motivasi dan semangat kepada masyarakat lainnya. 

Dimana USU telah berhasil memberikan embrio kepada masyarakat untuk mendirikan kampus negeri yang ada di daerahnya. 

Misalnya seperti di Aceh dan di Medan sendiri yang ikut termotivasinya karena berdirinya beberapa fakultas di Universitas Sumatera Utara (USU) saat itu. 

Lalu bagaimana sejarah awal mula berdirinya USU ? Berikut ini kami rangkum beberapa fakta sejarahnya. 

Fakta Pertama Gubernur Sumatera Utara Menjadi Pelopor Berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara (USU)

Sejarahnya dimulai saat berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara (USU) pada tanggal 4 Juni 1952. Dimana pendirian yayasan tersebut digagasan dan dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara. 

Menurutnya ini sebagai bentuk untuk memenuhi keinginan warga dan masyarakat Sumatera Utara terkhususnya, dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya, dengan berdirinya universitas tersebut. 

Fakta Kedua Solidaritas dan Kebersamaan Mengumpulkan Dana Mendirikan Universitas

Pada zaman pendudukan Jepang, beberapa orang terkemuka di Medan termasuk Dr. Pirngadi dan Dr. T. Mansoer membuat rancangan perguruan tinggi Kedokteran. 

Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah mengangkat Dr. Mohd. Djamil di Bukit Tinggi sebagai ketua panitia. 

Setelah pemulihan kedaulatan akibat clash pada tahun 1947, Gubernur Abdul Hakim mengambil inisiatif menganjurkan kepada rakyat di seluruh Sumatera Utara mengumpulkan uang untuk pendirian sebuah universitas di daerah ini.

Fakta Ketiga Masyarakat Sumatera Utara Berhasil Mendirikan Fakultas Kedokteran

Pada tanggal 31 Desember 1951 dibentuk panitia persiapan pendirian perguruan tinggi yang diketuai oleh Dr. Soemarsono yang anggotanya terdiri dari Dr. Ahmad Sofian, Ir. Danunagoro dan sekretaris Mr. Djaidin Purba. 

Sebagai hasil kerjasama dan bantuan moril dan material dari seluruh masyarakat Sumatera Utara yang pada waktu itu meliputi juga Daerah Istimewa Aceh.

Dimana pada tanggal 20 Agustus 1952 berhasil didirikan Fakultas Kedokteran di Jalan Seram dengan dua puluh tujuh orang mahasiswa diantaranya dua orang wanita. 

Fakta Keempat Secara Bertahap Berdiri Fakultas Lainnya

Kemudian disusul dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (1954), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (1956),dan Fakultas Pertanian (1956).

Fakta Kelima Universitas Sumatera Utara (USU) Diresmikan Presiden Soekarno

Pada tanggal 20 November 1957, USU diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. Ir. Soekarno menjadi universitas negeri yang ketujuh di Indonesia. 

Pada tahun 1959, dibuka Fakultas Teknik di Medan dan Fakultas Ekonomi di Kutaradja (Banda Aceh) yang diresmikan secara meriah oleh Presiden R.I. 

kemudian disusul berdirinya Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (1960) di Banda Aceh. Sehingga pada waktu itu, USU terdiri dari lima fakultas di Medan dan dua fakultas di Banda Aceh.

Selanjutnya menyusul berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi (1961), Fakultas Sastra (1965), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (1965).

Kemudian, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1982), Sekolah Pascasarjana (1992), Fakultas Kesehatan Masyarakat (1993).

Selanjutnya, Fakultas Farmasi (2006), Fakultas Psikologi (2007), Fakultas Keperawatan (2009), Fakultas Kehutanan (2014).

Fakta Keenam Universitas Sumatera Utara (USU) Berubah Status 

Pada tahun 2003, USU berubah status dari suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi suatu perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Perubahan status USU dari PTN menjadi BHMN merupakan yang kelima di Indonesia. 

Sebelumnya telah berubah status UI, UGM, ITB dan IPB pada tahun 2000. Setelah USU disusul perubahan status UPI (2004) dan UNAIR (2006).

Fakta Ketujuh Hadirnya Berbagai Fakultas di Universitas Sumatera Utara (USU) Menjadi Embrio

Dalam perkembangannya, beberapa fakultas di lingkungan USU telah menjadi embrio berdirinya tiga perguruan tinggi negeri baru.

Dimana perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh, yang embrionya adalah Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan USU di Banda Aceh. 

Kemudian disusul berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan (1964), yang sekarang berubah menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang embrionya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USU. 

Setelah itu, berdiri Politeknik Negeri Medan (1999) yang semula adalah Politeknik USU.

Berikut Ini 15 Nama Rektor USU dari Tahun 1958-2021

1958-1962 Z. A. Soetan Koemala Pontas, Ketua Presidium

1957-1958 Prof. Dr. Ahmad Sofian, Presidium

1962-1964 Prof. Mr. Mahadi, Ketua Presidium

1964-1965 Ulung Sitepu, Presidium

1965-1966 Drg. Nazir Alwi, Rektor

1966 (Mei-Nov) Prof. Dr. S. Hadibroto, M.A., Pejabat Rektor

1966-1970 Dr. S. Harnopidjati, Rektor

1970-1978 Harry Suwondo, S.H., Rektor

1978 (Mei-Juli) O. K. Harmaini, S.E., Ketua Rektorium

1978-1986 Dr. A. P. Parlindungan, S.H., Rektor

1986-1994 Prof. M. Jusuf Hanafiah, Rektor

1994-2010 Prof. Chairuddin P. Lubis, D.T.M.&H., Sp.A.(K.), Rektor

2010-2015 Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc.(CTM), Sp.A.(K.), Rektor

2015-2016 Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D, Plt. Rektor

2016-2021Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H., M.Hum., Rektor

Sumber Referensi :

https://www.usu.ac.id/id/sejarah

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !