(Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya - Referensi Artikel Sosiologi (Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

(Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya

(Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya

(Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya

Sosiologi Info -  Beberapa teori yang menjelaskan faktor penyebab terjadinya atau pemicu kekerasan yaitu ada tiga. Sementara itu, berdasarkan bentuknya kekerasan ada tiga golongan. 

Kemudian, berdasarkan pelakunya ada dua bentuk kekerasan. Berikut contoh dan penjelasannya.

Pengertian Perilaku Kekerasan

Istilah kekerasan (Violence) berasal dari bahasa latin, artinya kekuasaan atau berkuasa. Secara terminologi, kekerasan (violent) didefinisikan sebagai perilaku pihak yang terlibat konflik. 

Dimana bisa melukai lawan konflik untuk memenangkan konflik. Kekerasan adalah konflik yang tidak terkendali oleh masyarakat, dan mengabaikan norma, nilai yang ada, berujung pada tindakan merusak. 

Dikutip dari laman https://rsjsoerojo.co.id, menjelaskan bahwa perilaku kekerasan adalah hasil dari kemarahan yang ekstrem atau sebagai kompensasi dari ketakutan yang berlebihan. 

Perilaku kekerasan dalam bentuk verbal misalnya mengancam, sedangkan perilaku non verbal dilakukan dengan menyerang orang lain, memukul, menendang atau merusak lingkungan.

Penjelasan lain, mengatakan perilaku kekerasan adalah suatu keadaan dimana seseorang melakukan tindakan yang membahayakan secara fisik baik terhadap diri sendiri.

Maupun orang lain, dan lingkungan. Perilaku kekerasan merupakan suatu bentuk perilaku yang bertujuan untuk melukai sesorang secara fisik atau secara psikologis. 

Kesimpulannya bahwa perilaku kekerasan merupakan suatu perilaku yang menunjukkan sikap bermusuhan terhadap diri sendiri, orang lain, lingkungan sekitar yang membuat kerusakan. 

Karakteristik Kekerasan

Ada beberapa penjelasan mengenai karakteristik kekerasn yang terjadi di masyarakat, yaitu sebagai berikut :

1. Kekerasan dilakukan oleh individu, kelompok, maupun dilakukan lebih dari satu orang.

2. Biasanya menyangkut kepentingan tertentu

3. Kekerasan muncul / timbul karena gagalnya seseorang, atau kelompok dalam memahami berbagai perbedaan maupun keberagaman antara masyarakat tertentu.

4. Adanya kekerasan membuat dampak yang begitu kompleks, sebut saja kerugian harta benda, saling membenci, hingga ada korban jiwa.

5. Kekerasan menimbulkan adanya disintegritas antara hubungan individu, kelompok, maupun masyarakat tertanggu atau renggang, dan tidak lagi utuh atau bersatu.

Beberapa contoh kasus kekerasan yang terjadi di kehidupan masyarakat, yaitu sebagai berikut :

https://www.merdeka.com/peristiwa/kasus-kekerasan-pada-anak-meningkat-selama-pandemi-di-mukomuko.html

https://kalsel.prokal.co/read/news/44154-kasus-kekerasan-kepada-anak-di-kalsel-meningkat.html

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/09/22/12340011/100-perempuan-dan-anak-jadi-korban-kekerasan-di-kota-tangerang-pada

Teori-Teori Pemicu Adanya Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan

Kekerasan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok masyarakat, sudah tentu adanya pemicu, apa saja ? Berikut ini beberapa teori yang memberikan penjelasan.

1. Teori Faktor Individual

Pemahaman dalam perspektif ini, mengatakan bahwa setiap perilaku kelompok, termasuk perilaku kekerasan, biasanya selalu berawal dari perilaku individu. 

Faktor penyebab dari perilaku kekerasan yaitu ada faktor pribadi dan faktor sosial. Faktor pribadi seperti gangguan atau kelaian kejiwaan.

Kemudian, untuk faktor sosial seperti konflik rumah tangga, adanya faktor kebudayaan, dan faktor media massa.

2. Teori Faktor Kelompok

Manusia yang lahir, berawal dari individu individu yang akhirnya membentuk sebuah kelompok sosial. Dengan mengedepankan atas identitas seperti kesukuan, ras, agama, etnis, dan lainnya.

Kelompok yang melakukan interaksi atau komunikasi dengan yang lain, juga sering membawa kesukuannya, atau identitas kelompok tersebut. 

Bukan tidak mungkin, berawal dari sinilah benturan antara identas kelompok satu dengan kelompok lainnya terjadi. Dengan demikian, bisa saja menjadi pemicu atau faktor penyebab terjadi kekerasan yang dilakukan.

3. Teori Dinamika Kelompok

Kekerasan timbul karena adanya deprivasi relatif dalam kelompok atau masyarakat tersebut. Itu artinya perubahan sosial yang terjadi dengan cepat.

Dalam sebuah masyarakat juga tidak mampu, ditangkap dengan seimbang oleh masyarakat tersebut. Perubahan yang begitu cepat juga bisa menjadi pemicu atau faktor terjadinya perilaku kekerasan di masyarakat.

Faktor penyebab terjadinya kekerasan juga bisa karena :

1. Adanya keinginan untuk memperoleh sesuatu yang berharga, penting, dan bergengsi
2. Kontrol sosial yang sudah tidak lagi berfungsi
3. Adanya permasalahan yang muncul dan memicu terjadinya permusuhan antara individu/kelompok masyarakat
4. Tidak bisa lagi individu mengendalikan/mengontrol emosi dirinya sendiri
5. Berpikir/ memiliki prasangka buruk terhadap orang lain

Lima Jenis Golongan Kekerasan

Kekerasan yang terjadi juga dapat digolongkan berdasarkan bentuk dan pelakunya, yaitu sebagai berikut :

Kekerasan Berdasarkan Pelakunya

1. Kekerasan Fisik

Golongan kekerasan yang dilakukan yaitu secara nyata, dapat dilihat, dirasakan oleh tubuh atau diri kita. 

Contohnya : pembunuhan, pemukulan, penganiayaan, dan lainnya, yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dunia. 

2. Kekerasan Struktural

Golongan kekerasan ini yaitu individu/kelompok yang melakukannya dengan menggunakan sistem/hukum yang berlaku.

Begitu juga dengan ekonomi, atau tata cara kebiasaan lain yang ada berlaku di masyarakat tersebut. Memang kekerasan ini sulit untuk dikenali.

Kekerasan ini membuat adanya ketimpangan-ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat, mulai pada sumber daya, pendidikan, pendapatan, keadilan, dan lainnya.

Contohnya : Kerusakan akibat adanya tambang batubara, timah, penebangan hutan, itu semua akan memberikan dampak kepada masyarakat tempatan. 

Seperti pencemaran lingkungan, aliran sungai yang membuat masyarakat terganggu untuk kebutuhan air bersih. 

Begitu juga adanya penabangan hutan untuk industri, yang membuat adanya longsor, banjir bandang, semuanya itu membuat masyarakat dirugikan.

3. Kekerasan Psikologis

Golongan kekerasan ini mempunyai target atau fokus pada sasaran rohani atau jiwa seseorang sehingga dapat menghilangkan kemampuan normal seseorang tersebut.

Contohnya : Ancaman, tekanan, kebohongan, atau indoktrinasi, dan sejenisnya.

Kekerasan Berdasarkan Pelakunya

1. Kekerasan Individual

Golongan kekerasan ini sudah jelas dilakukan oleh individu kepada satu individu atau bisa juga lebih individu. Contohnya : pencurian, pemukulan, penipuan (arisan bodong), dan lainnya.

2. Kekerasan Kolektif

Golongan kekerasan ini dilakukan oleh banyak orang/individu/masyarakat yang terlibat. Contohnya : konflik SARA, peperangan, bentrokan, tawuran, dan lainnya.

Nah itulah penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan, beserta jenis golongan kekerasan di kehidupan masyarakat sehari-hari. 

Sumber Referensi :   
Buku Sosiologi SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial | Penulis Dwi Mulyono

https://rsjsoerojo.co.id/

https://brainly.co.id/

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: (Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya
(Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya
(Teori) Faktor Penyebab Kekerasan dan 5 Jenis Golongan, Beserta Contohnya
https://1.bp.blogspot.com/-mh-SVDGq5QY/YVvyjVGz_dI/AAAAAAAAFmY/TeO5yQKSX28STsANlqHh63tPez1J42mBACLcBGAsYHQ/s16000/%2528Teori%2529%2BFaktor%2BPenyebab%2BKekerasan%2Bdan%2B5%2BJenis%2BGolongan%252C%2BBeserta%2BContohnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mh-SVDGq5QY/YVvyjVGz_dI/AAAAAAAAFmY/TeO5yQKSX28STsANlqHh63tPez1J42mBACLcBGAsYHQ/s72-c/%2528Teori%2529%2BFaktor%2BPenyebab%2BKekerasan%2Bdan%2B5%2BJenis%2BGolongan%252C%2BBeserta%2BContohnya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/faktor-penyebab-kekerasan-5-jenis-golongan-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/faktor-penyebab-kekerasan-5-jenis-golongan-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy