10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat - Referensi Artikel Sosiologi 10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat

Ada 10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat.

10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja dampak konflik yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sosial masyarakat ? Dampak konflik ini pun ada yang mengarah pada positif dan negatif. 

Simak penjelasan dan ulasannya berikut ini, beserta contohnya di kehidupan sosial masyarakat sehari harinya. 

Memahami Sekilas Konflik di Masyarakat

Kenapa selalu ada pertentangan ? Itulah yang memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial masyarakat.

Dimana pun manusia menjalani interaksi, berkontak langsung, bertindak, berperilaku, dalam hubungan sosial. 

Proses sosial itulah yang terus dilakukan oleh setiap individu, manusia dalam aktivitas sehari harinya dengan orang lain. 

Dalam lingkup kecil saja, seperti misalnya di dalam keluarga, juga terjadi proses sosial itu, bahkan di keluarga menjadi tahapan awal yang utama untuk dilakukan. 

Karena seseorang yang lahir, pertama kali mendapatkan proses sosial itu ya di dalam lingkungan keluarga, barulah ke lingkungan masyarakat yang lebih luasnya. 

Disinilah nilai, norma, serta berbagai proses hubungan sosial itu didapatkan oleh setiap individu, baik dengan sesama individu, maupun dengan sesama kelompok masyarakat. 

Nah di dalam menlaksanakan proses sosial ini, tentunya tidak akan mudah dan gampang, karena pasti akan ada perbedaan, yang mengakibatkan adanya suatu konflik sosial. 

Dilansir dari KBBI menjelaskan pengertian konflik adalah percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. 

Selanjutnya, dalam Sosiologis, konflik adalah sebagai suatu proses sosial diantara dua orang atau bahkan lebih.

Maupun di dalam kelompok masyarakat yang berusaha menyingkirkan pihak lain, dengan cara menghancurkan maupun membuatnya tidak berdaya.

Dengan adanya konflik membuat adanya ketidakteraturan di masyarakat. Memang tidak semua konflik itu mengarahkan pada sisi negatifnya saja.

Misalnya Lewis Coser mengartikan konflik sosial yang terjadi di masyarakat sebagai bentuk konflik yang mengarah kepada hal yang positif. 

Itu artinya tidak semua konflik itu kita artikan mengarah kepada hal hal yang negatif serta membuat suatu kehancuran tatanan nilai, norma dan integritas sosial masyarakat. 

Faktor Penyebab Konflik Sosial di Masyarakat

Ada beberapa faktor penyebab terjadi konflik sosial diantara individu maupun di masayrakat dalam lebih luasnya, yaitu :

1. Adanya perbedaan pandangan, pola pikir, dan perspektif diantara individu/masyarakat

2. Adanya kepentingan yang mengakibatkan terjadinya konflik

3. Adanya interaksi yang salah atau komunikasi yang terjadi ada mis-komuniasi/kesalahpahaman yang ada di masyarakat

4. Adanya perubahan sosial yang bisa juga menjadi akibat konflik

5. Adanya pengaruh faktor kebudayaan yang dilaksanakan oleh setiap individu/masyarakat  

Setelah diatas kita memahami sekilas pengertian konflik, dan beberapa faktor penyebabnya. Mari simak dibawah ini beberapa contoh dampak konflik baik yang positif maupun negatif.

Dampak Positif Adanya Konflik Sosial

Ada beberapa contoh dampak konflik positif yang ada di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu :

1. Adanya konflik dapat memperjelas aspek kehidupan yang ada di masyarakat terutama yang belum jelas atau masih dalam angan-angan yang belum tuntas.

2. Konflik dapat menyesuaikan kembali keberadaan nilai dan norma serta berbagai hubungan sosial di dalam masyarakat, baik dengan individu maupun dengan kelompok.

3. Adanya konflik dapat juga memberikan dan meningkatkan solidaritas sosial yang terjadi antara individu atau masyarakat. 

4. Konflik juga dapat menciptakan norma baru dan nilai baru dalam kehidupan sosial masyarakat, dengan demikian dapat mengganti nilai dan norma yang lama. 

5. Adanya konflik dapat membuat keseimbangan sosial di masyarakat itu, yang terjadi antara berbagai kekuatan-kekuatan yang ada di dalam masyarakat. 

Itulah sekilas memahami beberapa dampak positif adanya konflik sosial yang berlangsung di dalam kehidupan bermasyarakat. 

Dampak Negatif Adanya Konflik Sosial

Ada beberapa contoh dampak konflik negatif yang ada di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu :

1. Dapat menimbulkan dan mengakibatkan adanya keretakan maupun rusaknya kebersamaan di dalam masyarakat yang mengalami konflik tersebut

2. Dapat mengakibatkan munculnya rasa takut warga yang berada di sekitaran masyarakat yang berkonflik, apalagi jika itu hingga memakan korban.

3. Dapat mengurangi, atau bahkan menghilangkan rasa saling mencintai, menghormati, menghargai, antar sesama makhluk hidup, manusia di lingkungan kemasyarakatan.

4. Dapat membuat runtuhnya nilai, norma, dan integrasi atau integritas sosial yang berlangsung di masayrakat akibat adanya konflik tersebut.

5. Dapat membuat timbul rasa kecurigaan, unsur balas dendam diantara masyarakat yang pernah berkonflik.

Serta membuat keinginan untuk balas dendam, dan membuat hubungan sosial menjadi tidak harmonis. 

Itulah sekilas memahami beberapa dampak negatif adanya konflik sosial yang berlangsung di dalam kehidupan bermasyarakat. 

Bagaimana apakah sudah mengetahui sekarang apa saja dampak positif dan negatif dari adanya konflik sosial antara masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai 10 Contoh Dampak Konflik : Positif dan Negatif di Masyarakat. Sebenarnya ada banyak, silahkan teman teman mencari contoh dampak lainnya ya.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial Penulis Dwi Mulyono

www.ruangguru.com

www.brainly.co.id

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat
10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat
Ada 10 Contoh Dampak Konflik Positif dan Negatif di Masyarakat.
https://1.bp.blogspot.com/-I2EQJcwAd44/YZHY0lF9CcI/AAAAAAAAGKY/dZ_RPROWCpIaNvw89TmQkQtK-CvCmB_1gCLcBGAsYHQ/s16000/10%2BContoh%2BDampak%2BKonflik%2BPositif%2Bdan%2BNegatif%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-I2EQJcwAd44/YZHY0lF9CcI/AAAAAAAAGKY/dZ_RPROWCpIaNvw89TmQkQtK-CvCmB_1gCLcBGAsYHQ/s72-c/10%2BContoh%2BDampak%2BKonflik%2BPositif%2Bdan%2BNegatif%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/10-contoh-dampak-konflik-positif-dan-negatif.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/10-contoh-dampak-konflik-positif-dan-negatif.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy