-->

10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Persatuan

Ada 10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Persatuan di kehidupan masyarakat.
10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Persatuan

Sosiologi Info - Apa saja contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan di lingkungan sehari-hari dalam masyarakat ?

Simak ulasan dan penjelasannya berikut ini. 

Interaksi Sosial di Masyarakat

Proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu tidak akan terjadi jika tidak ada interaksi sosialnya. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling memberikan pengaruh.

Hubungan hubungan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat inilah menjadi hal penting bagi keberlangsungan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan adanya interaksi sosial maka seseorang akan saling membutuhkan, proses sosial berjalan dengan baik. 

Begitu juga struktur, dinamika, serta pola-pola yang mengarah kepada tindakan dan perilaku berjalan secara bertahap dalam aktivitas sosial tersebut. 

Kontak dan komunikasi sosial yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat menjadi salah satu syarat agar terjadinya interaksi sosial tersebut. 

Setiap kehidupan sosial dimanapun masyarakat berada, dimana pun kamu berada akan menjumpai kontak dan komunikasi sosial.

Kontak dan interaksi sosial ini dilakukan dengan tindakan serta perilaku yang terlihat maupun dengan menggunakan simbol juga bisa dilakukan. 

Oleh karena itu, interaksi sosial menjadi bagian penting dalam sebuah struktur masyarakat di lingkungannya. 

Bagaimana pun dan kapan pun seseorang manusia atau individu akan melangsungkan proses sosial yaitu interaksi sosial di kehidupan masyarakat. 

Lalu apa saja ya contoh contoh interaksi sosial yang dapat mengarahkan kepada persatuan dan kesatuan di masyarakat maupun di lingkungan ? Berikut penjelasannya.

Contoh Interaksi Sosial Mengarah Kepada Persatuan

Beberapa contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan di lingkungan kehidupan masyarakat yaitu :

1. Saling membantu atau tolong menolong saat ada gotong royong atau hajatan rewang

2. Mentaati dan mengikuti kegiatan pemilihan umum, baik pemilihan presiden, dewan, kepala daerah, dan aktivitas pemilihan lainnya.

3. Melaksanakan proses belajar di sekolah dengan baik, tekun, serta tidak membuat onar atau rusuh di sekolah. 

4. Saling menghargai, menghormati berbagai perbedaan pendapat, agama, suku, ras, golongan dan budaya adat istiadat yang ada di kehidupan masyarakat.

5. Ikut aktif dalam berbagai kegiatan dilingkungan rumah, masyarakat atau lingkungan desa, seperti olahraga, yasinan saat membaca doa, dan lainnya.

6. Mengajak teman untuk melakukan kegiatan diskusi dan kerja kelompok bersama adalah bagian dari interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan.

7. Bermain bersama teman dengan baik, sportif dan jujur, begitu juga saat ada kompetisi yang diikuti. Tidak melakukan kecurangan atau melakukan penipuan.

8. Ikut aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, misalnya seperti ekskul, osis, kegiatan akademik lainnya yang ada di sekolah.

9. Tidak melontarkan kata kata kasar kepada orang lain saat melakukan diskusi ataupun perdebatan yang ada.

10. Bersikap sopan dan santun kepada orang yang lebih tua, seperti kakak kelas, kakak tingkat, orang tua, paman, dan contoh lainnya.

Nah itulah penjelasan sekilas mengenai 10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Persatuan yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !