3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat - Referensi Artikel Sosiologi 3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Ada 3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat

3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja bentuk bentuk penyimpangan atau perilaku menyimpang yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari harinya ?

Simak yuk penjelasan dan ulasan singkat mengenai tiga bentuk penyimpangan sosial beserta dengan contohnya. 

Sekilas Mengenal Penyimpangan Sosial

Kehidupan sosial masyarakat tidak akan bisa dilepaskan atau menghindari adanya penyimpangan. Baik itu dilakukan secara individual maupun dalam kelompok.

Perilaku menyimpang ini menjadi warna warni dalam proses dan hubungan sosial masyarakat menjalankan aktivitas kesehariannya. 

Kamu pasti sudah sering melihat, mendengar bahkan membaca adanya penyimpangan yang dilakukan sebagian individu dan kelompok di masyarakat.

Baik itu secara langsung di lingkungan kehidupan, maupun dalam berita, siaran televisi dan dari informasi lainnya.

Penyimpangan sosial ini sudah menjadi bagian dalam memberikan warna perbedaan dalam proses kehidupan setiap manusia.

Lalu apa sih pengertian dari perilaku menyimpang atau penyimpangan sosial ? Perilaku menyimpang adalah suatu tindakan dimana yang dilakukan oleh seseorang.

Baik itu dilakukan secara individual maupun dalam kelompok yang jumlahnya jauh lebih besar. Mereka akan menolak bahkan melawan adanya norma yang berlaku di masyarakat.

Padahal norma dan nilai sosial yang sudah ada itu menjadi konsensus yang disepakati oleh orang banyak.

Namun, sebagian orang tidak akan menerapkan dan melaksanakan aturan noram tersebut, karena mereka hanya percaya pada norma yang ada di dalam kelompok tersebut.

Menurut Robert M Z Lawang menjelaskan bahwa perilaku menyimpang ialah semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku dalam sistem sosial.

Dimana dalam sistem sosial itu, akan menimbulkan usaha untuk dapat memberikan arahan dan memperbaiki perilaku menyimpang tersebut.

Dengan demikian, tujuan untuk mewujudkan integrasi sosial maupun tidak adanya perilaku menyimpang dapat terwujud di masyarakat.

Namun, semuanya itu butuh proses. Tidak akan langsung dapat menciptakan seseorang menghindari penyimpangan sosial tersebut.

Itulah sekilas ulasan mengenai pembahasan dan pengertian perilaku penyimpangan sosial di masyarakat. 

Bentuk Penyimpangan Sosial di Masyarakat

Ada beberapa bentuk bentuk dalam perilaku menyimpang yang sering dijumpai dalam masyarakat, yaitu :

1. Bentuk Penyimpangan Individual atau Individual Deviation

Pasti akan ada sebagian orang yang melakukan penyimpangan dalam bentuk ini. Dimana dilakukan orang yang telah mengabaikan.

Maupun menolak penarapan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Orang yang melakukan penyimpangan individual.

Orang ini adalah orang yang punya kelainan atau adanya penyakit mental, sehingga ia tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri. 

Misalnya contoh ketika seseorang melakukan tindakan melenceng, dimana saat orang tuanya meninggal dunia.

Kemudian ia mendapatkan warisan yang semuanya dijual tanpa memberika bagian kepada saudara kandung atau keluarganya.

Ia hanya mementingkan kepentingannya sendiri saja. Hal ini juga disebut menyimpang dari nilai dan norma yang ada di masyarakat. 

Selanjutnya, penyimpangan individual juga dibedakan menjadi lima bagian yaitu :

1. Pembandel

2. Pembangkang

3. Pelanggar

4. Perusuh atau Penjahat

5. Munafik

Itulah penjelasan singkat mengenai bentuk penyimpangan individual yang juga sering kita jumpai di dalam kehidupan masyarakat. 

2. Bentuk Penyimpangan Sosial Kelompok atau Group Deviation

Apakah kamu sering melihat adanya sebagian kelompok masyarakat yang melakukan penyimpangan sosial ? 

Nah dalam bentuk penyimpangan kelompok ini ialah penyimpangan yang dilakukan oleh sekelompok orang. 

Dimana yang tunduk pada norma kelompok tersebut, dimana hal itu bertentangan dengan norma yang umum berlaku di kehidupan masyarakat sehari harinya.

Misalnya contoh teman teman bisa melihat beberapa kasus fenomena sosial yang ada seperti adanya kelompok yang menyelundupkan obat obatan terlarang.

Sebut saja narkotika, sabu, dan sejenisnya. Bagi mereka anggota kelompok yang tergabung disana akan mematuhi semua aturan di dalam kelompok tersebut. 

Ia akan mengindahkan norma yang umum disepakati masyarakat. Itulah sekilas penjelasannya, mengenai bentuk penyimpangan kelompok masyarakat.

3. Bentuk Penyimpangan Campuran atau Mixture of Both Deviation

Pernah mendengar atau membaca dan melihat langsung bentuk penyimpangan campuran yang ada di kehidupan masyarakat ? 

Nah penyimpangan ini dilakukan oleh suatu golongan tertentu yang memiliki organisasi secara rapi.

Dimana individu maupun kelompok yang ada di dalamnya taat serta tunduk kepada norma dan nilai di dalam golongan sosialnya. 

Ia akan mengabaikan setiap norma dan nilai yang berlaku di masyarakat secara umumnya.

Misalnya contoh dalam kelompok teroris yang melakukan anggotanya bom bunuh diri. Dimana sebagian anggotanya adalah orang orang yang mengalami masalah pribadi.

Sehingga terkadang memilih jalur pintas untuk melampiaskannya. Dimana dalam kelompok teroris ini adanya seorang pemimpinan tokoh yang disegani.

Serta dihormati dalam organisasi rahasia yang justru orang orang disana melakukan penyimpangan dari norma sosial dan hukum di masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai topik pembahasan 3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat.

Sumber Referensi :

http://digilib.iainkendari.ac.id/885/3/BAB%20II.pdf

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat
3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat
Ada 3 Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya di Masyarakat
https://1.bp.blogspot.com/-c3fZ2NjDzh0/YaQRlCqq5qI/AAAAAAAAGd4/F92t1-NaXN8ZRj8eFYPKOwwqWqpCRXqUQCLcBGAsYHQ/s16000/3%2BBentuk%2BPenyimpangan%2BSosial%2Bdan%2BContohnya%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-c3fZ2NjDzh0/YaQRlCqq5qI/AAAAAAAAGd4/F92t1-NaXN8ZRj8eFYPKOwwqWqpCRXqUQCLcBGAsYHQ/s72-c/3%2BBentuk%2BPenyimpangan%2BSosial%2Bdan%2BContohnya%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/3-bentuk-penyimpangan-sosial-dan-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/3-bentuk-penyimpangan-sosial-dan-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy