Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya

Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya.

Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya

Sosiologi Info - Apa yang kamu ketahui tentang pengertian ajudikasi, eliminasi, subjugation atau dominasi, majority rule ? 

Berikut ini simak penjelasan dan ulasan, beserta contoh fenomena atau kasusnya yang ada di kehidupan sosial masyarakat. 

Memahami Upaya Penyelesaian Konflik

Konflik tidak datang dengan sendiri. Melalui proses sosial, setiap kehidupan masyarakat pasti akan ada gesekan, pertentangan, perpecahan, perbedaan, serta berbagai ketegangan lainnya.

Bahkan hampir setiap manusia, individu, kelompok masyarakat pernah mengalami konflik diantara mereka. 

Tak mungkin tidak ada sebab yang mengarahkan seseorang untuk bersitegang. Memang sih menjadi hal umum dan biasa.

Ketika ada keterlibatan seseorang, atau kelompok memiliki konflik yang ditenggarai karena adanya perselisihan, perbedaan, dan berbagai faktor lainnya. 

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab individu bermusuhan atau bersitegang dengan yang manusia lainnya.

Misalnya seperti adanya keselahpahaman dalam berkomunikasi, ketidaksamaan tujuan, sudah tidak adanya lagi kesepakatan untuk menjalankan nilai dan norma.

Adanya perbedaan pandangan, perebutan kekuasaan, sumber daya alam, maupun berbagai kepentingan yang berbeda-beda. 

Itu bisa saja membuat seseorang akan kisruh atau ribut sehingga membuat adanya pertikaian, konflik, serta permusuhan. 

Namun, tidak selamanya, konflik itu terus terjadi. Ada juga berbagai upaya dalam menyelesaikannya. Agar tidak ada lagi retaknya integrasi atau integritas sosial. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan penyelesaian pada seseorang yang sedang berkonflik, baik individu, kelompok, dan antar negara. 

Biasanya penyelesaian konflik ini disebut sebagai bentuk akomodasi, yang mengarahkan kepada persatuan atau perdaiaman antara pihak yang bersitegang. 

Nah bentuk bentuk penyelesaian konflik ada banyak mulai dari konsiliasi, mediasi, arbitrasi, koersi, stalemate, genjatan senjata, dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita hanya akan mengulas tentang pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule. Simak dibawah ini ya.

Sekilas Pengertian dan Contoh Kasusnya

Teman teman pasti sudah pernah mendengar istilah istilah dalam penyelesain konflik untuk membuat kedua belah pihak kembali bersatu, dan berdamai. 

Bentuk akomodasi ini juga sering diterapkan oleh orang, kelompok, masyarakat bahkan antara negara yang berkonflik pun juga pernah memakainya. 

Nah seperti pada pembahasan kita kali ini yaitu mengenai Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule. Berikut ini penjelasannya. 

1. Pengertian Adjudication

Istilah penyelesaian konflik ini juga dikenal dengan sebutan ajudikasi. Pengertian ajudikasi adalah penyelesaian perkara maupun sengketa dilakukan seseorang melalui pengadilan. 

Cara penyelesaian konflik ini bagian dari bentuk akomodasi yang dipilih dengan menggunakan jalur pengadilan atau lembaga hukum resmi diakui.

Dimana lembaga itu menjalankan pemberian keputusan yang biasanya berubap perkara perdata ataupun pidana yang tengah berlangsung. 

Contohnya :

Misalnya dalam kasus pelecehan seksual maka seseorang yang diduga melakukan tindakan penyimpangan itu maupun korban akan menempuh jalur ini untuk mengakhiri konflik mereka. 

Bisa juga kita lihat pada kasus keluarga, pasangan suami dan istri yang memilih untuk memutuskan cerai, dan mengakhiri bahtera rumah tangganya.

Kemudian, memilih dan menunjuk prosesnya untuk dilakukan di pengadilan, sehingga 

2. Pengertian Eliminasi

Bentuk akomodasi satu ini juga dikenal dengan istilah elimination. Pengertian eliminasi adalah pengunduran diri yang dilakukan seseorang dari salah satu pihak yang berkonflik. 

Biasanya dilakukan dengan mengucapkan penyelesaian konflik secara langsung dengan kata kata, seperti menyebutkan dan mengakui mengalah, keluar dan sebagainya.

Ya memang bentuk dari penyelesaian konflik ini ada pihak yang mengalah untuk mengundurkan diri dari atau atas perselisihan yang tengah terjadi. 

Contohnya :

Bisa kita lihat pada pertandingan sepak bola yang pernah terjadi di dunia maupun di Indonesia. Ketika kedua kesebelasan bertanding.

Namun, ada sesuatu hal yang malah membuat salah satunya memilih untuk keluar dari pertandingan dan menyudahinya. 

Pertandingan ini pernah terjadi antara Persipura dengan Sriwijaya FC pada Final Piala Liga Super Indonesia di tahun 2009. 

Dimana aksi walk out yang dilakukan Persipura yang mengatakan atau menganggap adanya ketidak sportifan yang dilakukan wasit pertandingan pada saat itu. 

3. Pengertian Subjugation

Istilah ini juga disebut dengan domination atau dominasi yang memiliki pengertian orang atau pihak yang mempunyai kekuatan besar untuk dapat melakukan pemaksaan.

Kepada orang lain, atau pihak lain untuk dapat mentaatinya. Dimana bentuk akomodasi ini meminta pihak yang lemah untuk mentaati peraturan dari pihak yang kuat tadi. 

Memang sih penyelesain konflik ini bukan cara pemecahan masalah yang dapat memberikan kepuasan bagi salah satu yang terlibat perselihan.

Contohnya :

Ini sering kita lihat, bagaimana unjuk rasa, para demonstrasi yang menyampaikan tuntutannya. Ya seperti baru baru ini masyarakat melakukan penolakan UU Cipta Kerja atau UU Omnibus Law.

Ujungnya juga pemerintah tidak menindaklanjuti tuntutan masa aksi, begitu juga para anggota DPR. Yang membuat masyarakat patuh dan tunduk akan keputusan tersebut. 

4. Pengertian Majority Rule

Benutk akomodasi penyelesaian konflik ini adalah dengan cara menggunakan suara terbanyak atau dikenal dengan sebutan voting. 

Dimana pada suara terbanyak inilah ditentukan melalui voting dalam hal untuk mengambil keputusan tanpa ada mempertimbangkan argumentasi seseorang lagi. 

Biasanya dengan melakukan voting ini seseorang atau pihak yang mendapat suara terbanyak akan menjadi pemenang dan pihak yang sedikit akan menerima kekalahannya tersebut.

Contohnya :

Teman teman bisa lihat dalam pemilihan umum, baik presiden, DPR RI, atau pemilihan kepala daerah gubernur, bupati, wali kota, dan DPRD di daerah.

Voting atau pemilihan pemenang dilakukan dengan mengumpulkan suara terbanyak yang dipilih oleh masyarakat. 

Nah itulah teman teman sekilas penjelasan dan ulasan mengenai Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya. 

Sumber Referensi : 

Buku Pelajaran Sosiologi untuk kelas XI SMA dan MA pada Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial Penulis Dwi Mulyono

www.suka-suka.web.id/bentuk-bentuk-akomodasi

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya
Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya
Pengertian Adjudication, Elimination, Subjugation, Majority Rule dan Contohnya.
https://1.bp.blogspot.com/-npbUQtIDu8g/YZRawp4O0jI/AAAAAAAAGP4/DdmJiQu0qWQd1e-ISu9tXNS_RYZxA8NMQCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BAdjudication%252C%2BElimination%252C%2BSubjugation%252C%2BMajority%2BRule%2Bdan%2BContohnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-npbUQtIDu8g/YZRawp4O0jI/AAAAAAAAGP4/DdmJiQu0qWQd1e-ISu9tXNS_RYZxA8NMQCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BAdjudication%252C%2BElimination%252C%2BSubjugation%252C%2BMajority%2BRule%2Bdan%2BContohnya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-adjudication-elimination-subjugation-majority-rule-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-adjudication-elimination-subjugation-majority-rule-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy