Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam

Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam

Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam

Sosiologi Info - Apa sih pengertian kepedulian sosial menurut para ahli, tokoh, kbbi, dan dalam agama Islam ? 

Nah mau tahu penjelasan dan pembahasannya, simak dulu yuk definisinya biar makin paham mengenai topik tersebut. 

Sekilas Memahami Kepedulian Sosial

Proses sosial yang terus dilakukan oleh setiap orang baik di dalam masyarakat, kelompok sosial, maupun diantara individu.

Sudah pastinya akan memulai untuk melakukan proses sosial itu dalam keseharian di lingkungan masyarakat. 

Seperti memulai interaksi sosial, hubungan sosial, serta berbagai interaksi yang secara terus menerus dilakukan individu dalam kehidupan di masyarakat. 

Dalam menjalankan aktivitas sosial tersebut, seseorang juga akan mempunya kepedulian dalam banyak hal yang sering terjadi.

Misalnya dalam berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat, terkadang manusia atau individu itu sendiri.

Pasti akan punya kepekaan atau kepedulian sosial yang sering dilakukan untuk menolong dan membantu orang lain yang sedang punya masalah. 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal penting itu mengenai topik pembahasan kepedulian sosial dari berbagai pandangan.

Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh atau Para Ahli, KBBI, dalam Islam

Adakah manusia yang tidak peka atau tidak peduli dengan kehidupan orang lain ? Hampir setiap orang pasti akan peduli dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa Kepedulian merupakan partisipasi yaitu keikutsertaan.

Dimana kata kepedulian berasal dari kata peduli, yang artinya memperhatikan, menghiraukan, mengindahkan. 

Memang sih dalam pengertian kepedulian sosial ini ada banyak makna, serta ragam pandangan yang dipaparkan.

Kepedulian sosial sebuah sikap yang keterhubungan dengan manusia pada umumnya, sebuah empati bagi setiap anggota manusia dalam membantu orang lain atau sesama manusia.

Secara singkat dan sederhana kita bisa memberikan pengertian mengenai kepedulian sosial adalah sikap keterhubungan antara kemanusiaan yang ada di masyarakat pada umumnya.

Ini lah bentuk atau bagian dari empati sosial yang diberikan pada manusia terhadap anggota atau individu yang tergabung di masyarakat. 

Lalu bagaimana perspektif atau pengertian kepedulian sosial dari para ahli dan tokoh yang ada ? Simak dibawah ini ya. 

1. Menurut Boyatzis dan Mckee menjelaskan bahwa kepedulian adalah wujud nyata dari empati dan perhatian. 

Ketika kita bersikap terbuka kepada orang lain, maka kita dapat menghadapi masa masa sulit dengan kreativitas dan ketegaran. 

Empati mendorong kita untuk dapat menjalin hubungan dengan orang lain. 

2. Menurut Bender dalam A Tabi'in mengatakan bahwa kepedulian adalah menjadikan diri kita terkait dengan orang lain dan apapun yang terjadi terhadap orang tersebut. 

Oleh karena itu, orang yang mengutamakan kebutuhan dan perasaan orang lain dari pada kepentingannya sendiri ialah orang yang peduli.

3. Menurut Hana Rizkia Aditia memberikan penjelasan bahwa kepedulian sebagai perasaan yang menunjukkan sebuah hubungan dimana kita mempersoalkan kehadiran orang lain.

Terdapat hubungan pengabdian juga, bahkan mau menderita demi orang lain. Dedication, mattering, dan concern menjadi bagian elemen elemen penting dalam kepedulian. 

Kepedulian bermula dari perasaan tetapi bukan berarti hanya sekadar perasaan. Kepedulian mendorong perilaku muncul sebagai wujud dari perasaan tersebut.

4. Menurut Darmiyati Zuchdi mengatakan bahwa kepedulian adalah sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada seseorang terlebih lagi kepada orang yang terdekat.

5. Menurut Tronto dalam Muzayyin Arifin, mengatakan bahwa kepedulian berhubungan dengan pribadi, emosi, dan kebutuhan.

Mendefinisikan peduli sebagai pencapaian terhadap sesuatu di luar dari dirinya sendiri. Peduli juga sering dihubungan dengan kehangatan, positif, penuh makna dan hubungan.

6. Menurut Hardati, peduli meliputi : 1. Peka terhadap kesulitan orang lain, 2. peka terhadap kerusakan lingkungan fisik, 

Selanjutnya, 3. peka terhadap berbagai perilaku menyimpang, 4. peka terhadap kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang dinamis, 5. peka terhadap perubahan pola pola kehidupan sosial. 

Nah dalam pengertian mengenai kepedulian sosial memang ada berbagai definisi yang bisa kamu baca, dan pahami.

Lalu bagaimana dalam ajaran Agama Islam, mengenai kepedulian sosial ? Nah di dalam ayat-ayat Al Quran juga ada membahas tentang kepedulian sosial.

Diantaranya dalam surat Al Ma'un (107) ayat 1-7 yang menjelaskan bahwa pendusta agama adalah orang yang menghardik anak yatim dan tidak mau memberi makan orang orang miskin.

Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam

Selanjutnya, ada ayat lain yang juga mengajarkan tentang kepedulian sosial yaitu surat Al Kautsar (108) ayat 1-3, yaitu :

Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam

Itulah beberapa Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Para Ahli, Tokoh, KBBI, dalam Islam yang bisa menambah referensi kamu.  

Sumber Referensi :

http://eprints.umpo.ac.id/1402/4/BAB%20I.pdf

http://repository.uinbanten.ac.id/4744/5/BAB%20III.pdf

http://digilib.iainkendari.ac.id/1947/7/BAB%202.pdf

http://repository.uin-suska.ac.id/20227/7/7.%20BAB%20II.pdf

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam
Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam
Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Tokoh, Para Ahli, Kbbi, dalam Islam
https://1.bp.blogspot.com/-xdQyc43GbBI/YaGm6sbC9wI/AAAAAAAAGb8/dchZvTcXKpcjFgBrptIfK8hjNyZ-nxaswCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BKepedulian%2BSosial%2BMenurut%2BTokoh%252C%2BPara%2BAhli%252C%2BKbbi%252C%2Bdalam%2BIslam.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xdQyc43GbBI/YaGm6sbC9wI/AAAAAAAAGb8/dchZvTcXKpcjFgBrptIfK8hjNyZ-nxaswCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BKepedulian%2BSosial%2BMenurut%2BTokoh%252C%2BPara%2BAhli%252C%2BKbbi%252C%2Bdalam%2BIslam.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-kepedulian-sosial-menurut-tokoh-para-ahli-kbbi-dalam-islam.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-kepedulian-sosial-menurut-tokoh-para-ahli-kbbi-dalam-islam.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy