Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya - Referensi Artikel Sosiologi Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya

Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya

Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya

Sosiologi Info - Apa saja contoh integrasi sosial koersif yang di kehidupan masyarakat dalam lingkungannya sehari hari ?

Mau tahu, simak penjelasan dan jawabannya dibawah ini ya, baca dengan seksama dan pahami materinya dengan baik, berikut pengertiannya. 

Mengenal Sekilas Integrasi Sosial

Apa sih pengertian dari integrasi ? Nah integrasi berasal dari bahasa Inggris yaitu integration yang memiliki pengertian kesempurnaan atau keseluruhan.

Integrasi sosial yang terjadi di masyarakat ialah sebagai maksud untuk proses penyesuaian diantara unsur unsur yang saling berbeda. 

Dengan cara itulah akan menghasilkan pola-pola di kehidupan masyarakat yang mempunyai berbagai keserasian fungsi tersebut. 

Menurut Paul B Horton menjelaskan integrasi adalah proses pengembangan masyarakat yang mana segenap ada kelompok ras dan etnik.

Mereka mampu berperan secara bersama sama dalam suatu kehidupan sosial budaya serta ekonomi. 

Nah itulah sekilas pengertian dari integrasi sosial yang ada di kehidupan sehari hari masyarakat di lingkungannya tersebut. 

Bentuk Integrasi Sosial

Ada banyak bentuk memang dalam suatu integrasi sosial di masyarakat mulai dari integrasi normatif, fungsional, dan koersif. 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas sekilas tentang integrasi sosial koersif. Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Pengertian dari integrasi sosial koersif adalah dimana integrasi yang cara pengaplikasiannya atau cara penyampaiannya dengan bentuk kekerasan.

Dimana penyampaiannya itu diberikan kepada warga masyarakat maupun kelompok tertentu yang melanggar atau menyimpang. 

Dalam proses penyampaiannya ini biasanya mempunyai kekuasaan yang mengikat. 

Ya seperti dimana penguasa melakukan cara koersif yang ditujukan kepada masyarakat atau orang tertentu. 

Contohnya di Masyarakat

Ada beberapa contoh yang bisa kita lihat untuk memahami integrasi sosial koersif yang sering juga kita jumpai di masyarakat yaitu : 

1. Polisi memberikan gas air mata kepada para demonstran

Tujuan penempakan gas air mata ini untuk membubarkan masa aksi demo yang ricuh maupun sudah diluar jam diperbolehkan melakukan demonstrasi. 

2. Satpol PP yang merobohkan atau membubarkan PKL

Adanya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan sembarang di pinggir jalan atau tempat yang tidak diperbolehkan.

Maka Satpol PP membubarkan paksa dengan mengangkut atau membubarkan langsung para PKL tersebut. 

Atau misalkan adanya bangunan maka akan dibongkar dan dirobohkan secara paksa oleh Satpol PP yang mempunyai tugas tersebut. 

3. Aparat melakukan penutupan paksa tempat hiburan yang melanggar aturan 

Nah itulah penjelasan sekilas mengenai Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya yang ada di kehidupan masyarakat sehari harinya.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi Kelas 11 untuk SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya
Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya
Contoh Integrasi Sosial Koersif dan Pengertiannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgT3OxRobbxI2WT1lOtBdwMMDyV_iGKtopWVRmeeNq8UNkgbhc1XqXSt6Kh1CY0LOBS3DkX5luWX7ERbNu1qquDxvMSRQGBnChAeztZ2I_LfRVTP1gpYQjr_f9Cb_mDin80k1kMejgRGardWjLZhPQkPmvIWUzFciX9WLFgQlryWHfIexpkftWTO2p-=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgT3OxRobbxI2WT1lOtBdwMMDyV_iGKtopWVRmeeNq8UNkgbhc1XqXSt6Kh1CY0LOBS3DkX5luWX7ERbNu1qquDxvMSRQGBnChAeztZ2I_LfRVTP1gpYQjr_f9Cb_mDin80k1kMejgRGardWjLZhPQkPmvIWUzFciX9WLFgQlryWHfIexpkftWTO2p-=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/contoh-integrasi-sosial-koersif-dan-pengertian.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/contoh-integrasi-sosial-koersif-dan-pengertian.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy