-->

Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar

Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar.

Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar

Sosiologi Info - Ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dalam sub disiplin sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan, seperti misalnya sosiologi pedesaan.

Apa saja contoh dari sosiologi pedesaan yang bisa kita lihat pada kehidupan masyarakat sehari harinya di lingkungan sekitar ?

Simak pengalaman memahami fenomena pada masyarakat pedesaan yang dilakukan Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berikut ini ya. Yuk baca.

Belajar Sosiologi Itu Menyenangkan

Mempelajari masyarakat dengan menggunakan pendekatan sosiologi memang cukup menarik dan seru. Tentunya juga memberikan kesenangan dalam diri sendiri.

Bagi sebagian mahasiswa sosiologi pasti akan merasakannya. Betapa seru dan menantangnya turun langsung bertemu dengan masyarakat.

Apalagi jika ada mata kuliah yang ada untuk melakukan turun lapangan melihat langsung kondisi masyarakat setempat.

Sesuai dengan isu yang ingin dilihat, serta secara nyata melihat fenomena sosial yang dirasakan dan dialami oleh masyarakat itu di dalam kehidupannya.

Pada setiap masyarakat yang dijumpai pasti akan berbeda beda fenomena sosial maupun gejala yang dihadapinya.

Disesuaikan dengan dinamika, perubahan sosial, dan berbagai proses dari hubungan, interaksi, tindakan yang dilakukan setiap individu di dalam kelompok tersebut di masyarakat.

Nah seperti halnya yang dilakukan oleh Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2019 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang turun langsung ke masyarakat.

Melihat langsung bagaimana fenomena sosial itu terjadi di dalam masyarakat tersebut. Emang kemana sih Mahasiswa Sosiologi UNJ ini turun lapangan ?

Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar

Pengalaman Saat Turun Lapangan

Ada beberapa mata kuliah yang biasanya mengajak untuk mahasiswa turun langsung ke lapangan, baik itu di pasar, desa, perkotaan, serta tempat lainnya.

Terpenting disana ada masyarakat yang melakukan aktivitas serta adanya interaksi, tindakan, proses, hubungan sosial terjalin antara manusia, maupun antar kelompok.

Dikutip Sosiologi Info dari Laman website resmi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada Senin, 20 Desember 2021.

Publikasi artikel di Laman website https://fis.unj.ac.id, dengan judul Field Trip Sosiologi Pedesaan di Baduy Luar, diterbitkan pada 18 November 2021, dengan nama admin usersosiologi.

"Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2019 telah melaksanakan field trip di Kampung Gajeboh, Baduy Luar, Kabupaten Lebak. Selama tiga hari, pada tanggal 5-7 November 2021," tulisnya, seperti dilansir Sosiologi Info.

Dijelaskan bahwa kegiatan field trip ini sendiri merupakan rangkaian wajib dari mata kuliah Sosiologi Pedesaan yang diampu oleh mahasiswa semester 5. 

"Field trip dilaksanakan agar mahasiswa dapat melihat langsung objek yang akan dipelajari dari mata kuliah Sosiologi Pedesaan, mengembangkan pemikiran," lanjutnya.

Kemudian juga merangsang kreatifitas karena mahasiswa dapat menyaksikan dan membuktikan sendiri fenomena sosial yang terjadi.

Sebelum turun ke lapangan, mahasiswa yang ikut diberikan pengarahan dulu. 

"Pak Zid memberikan briefing kepada mahasiswa sebelum melakukan perjalanan ke Baduy Dalam," tulisnya.

Kemudian dalam kesempatan itu juga mahasiswa melakukan presentasi dari hasil pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan. 

"Dimana pada setiap kelompok memiliki topik penelitian yang berbeda," tutupnya.

Nah itulah sekilas pemahaman tentang topik pembahasan perihal Contoh Sosiologi Pedesaan : Field Trip di Kampung Gajeboh Baduy Luar.

Sumber Referensi dan Sumber Foto :

https://fis.unj.ac.id/sosiologi/2021/11/field-trip-sosiologi-pedesaan-di-baduy-luar/

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !