-->

Istilah Sosiologi Pertama Kali Ditemukan-Dikemukakan Oleh

Istilah Sosiologi Pertama Kali Ditemukan-Dikemukakan Oleh
Istilah Sosiologi Pertama Kali Ditemukan-Dikemukakan Oleh

Sosiologi Info - Siapa sih tokoh atau ahli yang pertama kali mengenalkan istilah sosiologi kepada masyarakat ?

Mau tahu, simak penjelasan dan ulasan serta pembahasannya yang singkat berikut dibawah ini ya, agar paham mengenai sosiologi, yuk baca.

Sekilas Mengenal Sosiologi

Sejarah awal kemunculan yang melatarbelakangi adanya dan lahirnya sosiologi yaitu karena terjadinya suatu perubahan sosial di masyarakat.

Dimana sosiologi di dunia hadir karena akibat revolusi inggris dan revolusi prancis, kedua peristiwa penting itulah.

Yang menghantarkan awal mula munculnya sosiologi di hadapan masyarakat eropa dan dunia hingga sekarang makin berkembang sebagai ilmu pengetahuan. 

Lalu siapa sih ahli yang pertama kali memperkenalkan istilah sosiologi tersebut ? Mau tahu, simak penjelasan singkatnya dibawah ini ya sobat. 

Tokoh Sosiologi Pertama Kali Mengenalkan Sosiologi

Ya memang kebanyakan beberapa sumber menyebut bahwa istilah sosiologi pertama kali ditemukan atau dikemukakan oleh Auguste Comte.

Ia adalah seorang ahli filsafat, moralis dan sekaligus sosiolog yang berkebangsaan Prancis, istilah sosiologi itu dituangkan melalui karya bukunya berjudul Cour de Philosophie Positive.

Sosiologi berasal dari bahasa latin yakni Socius yang artinya kawan atau teman, sementara logos artinya ilmu pengetahuan. 

Sosiologi yang merupakan sebuah istilah berasal dari kata latin yaitu socius. Artinya teman dan logos dari kata Yunani yang artinya pengetahuan.

Sosiologi sendiri dikenalkan oleh Comte (1798-1857) dalam karyanya yang pertama kali di buku berjudul Cours De Philosophie Positive. 

Memang sih sosiologi bisa dibilang sudah muncul sejak manusia itu ada, mulai berinteraksi, bertindak, menjalankan proses, hubungan sosial di masyarakat.

Namun, sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baru lahir di eropa, dan di dunia pada adanya dua peristiwa penting nan bersejarah yaitu revolusi inggris dan revolusi prancis.

Dengan demikian pada hakikatnya sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat yang ada pada kelompok setiap individu. 

Dimana ia melakukan proses, hubungan dan memiliki kepentingan bersama dan mempunyai budaya tertentu.

Nah memang istilah sosiologi yang sebagai cabang ilmu sosial diungkapkan pertam kalinya oleh Ilmuan Prancis Auguste Comte pada tahun 1842.

Comte lah yang juga hingga saat ini disebut sebagai bapak sosiologi dunia berkat hasil karyanya yang awal awal muncul tersebut. 

Sosiologi pun memiliki tujuan yang mempelajari masyarakat meliputi perilaku sosial manusia, dengan cara mengamati perilaku suatu individu, kelompok di masyarakat yang ada. 

Dimana kelompok yang dimaksud melipui ada keluarga, suku, etnis bangsa, negara, berbagai organisasi politik, ekonomi, dan sosial lainnya yang ada di masyarakat.

Selanjutnya ada tokoh Emile Durkheim yang ia seorang ilmuan sosial Prancis berhasil melembagakan sosiologi sebagai sebuah disiplin akademis yang sistematis kritis. 

Kemudian ada tokoh Herbet Spencer yang juga memberikan hasil karyanya berjudul Sociology pada tahun 1976. Ada Lester F Ward di Amerika yang mempublikasikan Dynamic Sociology. 

Sosiologi sebagai ilmu merupakan pengetahuan yang mana kajian kemasyarakatannya tersusun dari hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol oleh orang atau masyarakat pada umumnya.

Sejarah panjang kelahiran dan munculnya sosiologi di dunia yang sudah dimulai sejak lama, bahkan awal masehi hingga pada abad ke 20 an.

Yang mana terus mengalami perkembangan yang begitu pesat di masyarakat tentang kajian, analisa serta pandangan sosiologi.

Dewasa ini terus mengikuti perkembangan zaman yang ada di masyarakat tersebut. Itulah asyiknya mempelajari sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan. 

Comte yang pertama kali mengenalkan tiga tahapan pemikiran masyarakat yaitu 

1. Tahap teologis

2. Tahap Metafisis

3. Tahap Positif

Comte membedakan antara sosiologi statis dan dinamis. Sosiologi statis memusatkan perhatian pada hukum hukum statis. 

Sedangkan sosiologi dinamis memusatkan perhatian pada tentang perkembangan masyarakat dalam arti pembangunan.

Awal pemikiran Comte inilah yang menjadi awalan untuk para tokoh dan ahli serta ilmuan di bidang sosiologi atau masyarakat kian muncul. 

Sebut saja ada Herbert Spencer, Karl Marx, Emile Durkheim, Ferdinand Tonnies, Georg Simmel, Max Weber, Pitirim Sorokin, yang semuanya itu berasal dari Eropa.

Berikut dibawah beberapa hasil karya yang memberikan pengaruh dalam hasil mempelajari masyarakat yang mana sosiologi sebagai studi kehidupan sosial, yaitu :

1. Herbert Spencer mengenalkan pendekatan analogi organik yang mana memahami masyarakat seperti tubuh manusia. 

Sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian bagian yang tergantung satu dengan yang lainnya.

2. Ada Karl Marx yang mengenalkan pendekatan materialisme dialektis menganggap konflik antara kelas sosial menjadi intisari perubahan dan perkembangan suatu masyarakat tersebut.

3. Emile Durkheim yang memperkenalkan pendekatan fungsionalisme yang berupaya menelusuri berbagai elemen sosial.

Yang sebagai pengikat sekaligus pemelihara adanya suatu keteraturan sosial di masyarakat tersebut.

4. Max Weber yang mengenalkan pendekatan pemahaman atau verstehen berupaya menelusuri nilai.

Suatu kepercayaan, tujuan dan sikap yang menjadi penuntun perilaku manusia atau indiviu tersebut di masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik pembahasan tentang Istilah Sosiologi Pertama Kali Ditemukan-Dikemukakan Oleh Auguste Comte.

Sumber Referensi : 

https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/18495/pengantar-sosiologi-dasar.html

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !