-->

Pengertian Sosiologi Pedesaan Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Pedesaan Menurut Para Ahli : Versi Klasik dan Modern
Pengertian Sosiologi Pedesaan Menurut Para Ahli

Sosiologi Info - Sudah pada tahu apa itu pengertian dari sosiologi pedesaan yang disampaikan oleh para ahli atau tokoh tentang topik tersebut ?

Nah kalau belum mari segera baca penjelasan dan ulasan berikut dibawah ini sebagai untuk memahami definisi sosiologi pedesaan, yuk baca.

Sekilas Memahami Sosiologi 

Perubahan yang terjadi di dalam suatu masyarakat tidak terlepas dari pengaruh adanya suatu kemajuan dalam teknologi dan informasi.

Perkembangan pesat dunia era digital telah membawa perubahan pada aktivitas masyarakat baik pada masyarakat desa dan kota yang berada di perkotaan.

Sosiologi sebagai disiplin ilmu sosial yang berdiri sendiri dan mandiri dengan berbagai konsep, teori, dan metodelogi yang ada.

Membuat perkembangannya kian menunjukkan analisa yang semakin khususnya dan dilakukan oleh para sosiolog, baik di dunai maupun di Indonesia sendiri.

Misalnya dalam sosiologi pedesaan yang juga memberikan peran dan fungsi yang mengambil andil untuk memberikan kajian.

Perubahan pada masyarakat desa akibat arus informasi digital dan transportasi juga menarik untuk dijadikan kajian dalam analisa sosiologi pedesaan atau perdesaan.

Saat ini hingga nanti sesuai dengan kemajuan dari perkembangan di dalam kehidupan sosial masyarakat tersebut.

Nah untuk kamu yang tertarik memahami sosiologi pedesaan, ada baiknya untuk mengerti dan paham tentang pengertian atau definisinya.

Simak dibawah ini definisi dan pengertian sosiologi pedesaan menurut para ahli mulai dari pemahaman klasik versi lama dan modern versi baru yang serba kapitalisme.

Pengertian Sosiologi Pedesaan Menurut Para Ahli

Memang untuk memahami berbagai fenomena sosial di lingkungan kehidupan masyarakat desa perlu kita untuk memahami dulu pengertian dari Sosiologi Pedesaan atau perdesaan. 

Berikut dibawah ini dari para ahli mulai dari versi lama atau klasik dan dalam versi baru atau modern, yaitu :

Pengertian Sosiologi Pedesaan dalam versi klasik atau lama yang mana muncul di barat.

Secara umum memperlihatkan perbedaan yang jelas dan bahkan dikotomik antara desa dengan suatu kota.

1. Menurut Dwight Sanderson

Ia mengatakan bahwa sosiologi pedesaan adalah studi tentang kehidupan dalam suatu lingkungan perdesaan.

2. Menurut NL Sims

Dia mengatakan bahwa sosiologi pedesaan adalah studi asosiasi antara orang orang yang mana hidupnya banyakt tergantung pada pertantian.

3. Menurut Lynn Smith dan Paul Zopf

Baginya sosiologi pedesaan ialah kumpulan pengetahuan yang telah disistematisasikan, yang mana dihasilakn melalui lewat penerapan metode ilmiah.

Yang mana ke dalam studi masyarakat perdesaan, mulai dari struktur dan organisasinya, prosesnya, sistem sosial dan perubahannya.

4. Menurut John Gillete 

Kata dia sosiologi perdesaan adalah suatu cabang sosiologi yang secara sistematik mempelajari komunitas perdesaan.

Begitu juga dan untuk mengungkapkan kondisi serta kecenderungan serta merumuskan prinsip kemajuan.

Nah itulah untuk pengertian sosiologi pedesaan dalam versi lama atau klasik. Lalu bagaimana untuk versi modern yang baru ? Simak dibawah ini ya.

Pada versi baru atau modern, dimana munculnya setelah adanya era globalisasi. 

Kita sama sama menyadari bahwa untuk saat ini memang antara desa dan kota sudah semakin buram atau tidak jelas perbedaannya. 

Hal ini dikarenakan semakin majunya perkembangan teknologi informasi, misalnya pada komunikasi jaringan, internet, smartphone, dan transportasi. 

Nah pada proses inilah tidak terlepas dari adanya dominasi kapitalis dan sains teknologi yang menembus pasar dunia. 

Ini membuat seolah tidak ada lagi pembatasan, tembok penghalang. 

Menurut Howard Newby menjelaskan bahwa sosiologi pedesaan baru harus banyak belajar dari imbauan Karl Kautsky mengenai pertanyaannya tentang agraria. 

Dengan melihat adanya suatu perubahan yang dialami pertanian dibawah dominasi produksi kapitalis tersebut di masyarakat. 

Oleh karena itu, sosiologi pedesaan yang baru adalah studi tentang bagaimana masyarakat desa  dan bukan atau tidak hanya desa pertanian.

Menyesuaikan diri terhadap adanya sistem kapitalisme modern pada kehidupan masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan, ulasan dan pembahasan tentang topik Pengertian Sosiologi Pedesaan Menurut Para Ahli : Veris Klasik dan Modern. Semoga bermanfaat ya.

Sumber Referensi : 

http://eprints.upnyk.ac.id/24094/1/Sosiologi%20Pedesaan-Eko%20MUrdiyanto.pdf

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !