Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli - Referensi Artikel Sosiologi Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Sosiologi Info - Apa saja pandangan atau perspektif para ahli mengenai pengertian dari sosiologi pendidikan yang ada saat ini ?

Mau tahu jawabannya, langsung aja simak penjelasan dan ulasannya berikut dibawah ini ya agar kamu paham, yuk baca. 

Sekilas Mengenal Sosiologi

Secara sederhana dan singkat memang sosiologi adalah  ilmu yang mempelajari masyarakat. Namun, sosiologi tidaklah sempit dalam memberikan pemahaman setiap gejala sosialnya.

Sosiologi begitu luas dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan yang kompleks kepada pembaca, begitu juga kajiannya yang mendalam.

Memang pada umumnya sosiologi ialah ilmu atau studi yang mempelajari tentang masyarakat, yang mengemukakan sifat dan suatu kebiasaan manusia dalam suatu kelompok masyarakat. 

Mulai dari semua kegiatan, kebiasaan serta lembaga, hubungan, interaksi, struktur, yang mana terus berkembang di masyarakat. 

Analisis sosiologi saat ini makin dibutuhkan dalam berbagai kegunaan mendasar tentang kehidupan manusia.

Karena memang hubungan dasar seperti timbal balik dan juga ada faktor faktor yang melibatkan pada interaksi sosialnya tersebut. 

Ya manusia kan pada dasarnya memang selalu berhubungan, berinteraksi dan melakukan kontak sosial langsung yang secara berulang ulang.

Baik di sadari maupun tidak di sadari keberadaanya tersebut, yang juga mengkehendaki adanya konsensus maupun kesepakatan dan ketertiban tujuan bersama. 

Nah hingga saat ini makin banyak berkembang sub disiplin ilmu sosiologi yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk memecahkan masalah sosialnya.

Sebut saja ada sosiologi hukum, sosiologi kesehatan, sosiologi agama, sosiologi keluarga, sosiologi kependudukan, sosiologi industri, dan sosiologi pendidikan, serta masih banyak lagi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengenal sekilas pengertian sosiologi pendidikan menurut para ahli yang ada. Simak dibawah ini ya.

Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Ada beberapa para tokoh atau ahli memberikan pandangannya mengenai sosiologi pendidikan, apa saja menurut versi mereka pengertiannya ? Simak dibawah ini ya.

1. Menurut F G Robbins

Sosiologi pendidikan ialah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. 

Dimana struktur ini maksudnya pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian, dan hubungannya pada semua tata sosial masyarakat. 

Sementara untuk dinamika, yaitu proses sosial dan kultural yang mana proses perkembangan kepribadian dan hubungannya pada smeua proses pendidikan yang ada. 

2. Menurut H P Fairchild 

Sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah masalah pada pendidikan, yang fundamental. 

3. Menurut Prof DR S Nasution, M.A

Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara cara mengendalikan proses pendidikan, dimana untuk mengembangkan kepribadian individu yang lebih baik lagi.

4. F G Robbins dan Brown

Mereka mengatakan sosiologi pendidikan adalah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan.

Serta mengorganisasi pengalaman. Tidak hanya itu, sosiologi pendidikan juga mempelajari kelakuan sosial serta prinsip prinsip untuk mengontrolnya. 

5. Menurut E G Payne

Sosiologi Pendidikan adalah studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.

6. Menurut Drs Ary H Gunawan

Sosiologi Pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologisnya. 

Nah itulah sekilas pemahaman pengertian dari Sosiologi Pendidika menurut para ahli. Dapat simpulkan bahwa sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan.

Selanjutnya baik itu pada struktur, dinamika, masalah masalah pada pendidikan, maupun aspek aspek lain yang secara mendalam melalui analisis pada pendekatan sosiologis.

Sumber Referensi : 

Buku Pengantar Sosiologi Dasar oleh Dany Haryanto, S.S dan G Edwi Nugrohadi, S.S., M.A

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli
Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli
Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli
https://1.bp.blogspot.com/-NXI4NiWDinE/Ya3aShpPd_I/AAAAAAAAGkQ/r2bcHoB1e60ZotgaMsqR321oh66wee3hwCNcBGAsYHQ/s16000/Sosiologi%2BPendidikan%2BMenurut%2BPara%2BAhli.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NXI4NiWDinE/Ya3aShpPd_I/AAAAAAAAGkQ/r2bcHoB1e60ZotgaMsqR321oh66wee3hwCNcBGAsYHQ/s72-c/Sosiologi%2BPendidikan%2BMenurut%2BPara%2BAhli.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/sosiologi-pendidikan-menurut-para-ahli.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/sosiologi-pendidikan-menurut-para-ahli.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy