-->

Tipe Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt dan Contohnya

Tipe Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt dan Contohnya
Tipe Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt dan Contohnya

Sosiologi Info - Ada berapa pembagian dari tipe kelompok sosial menurut Robert Bierstedt yang muncul di masyarakat ?

Mau tahu simak pemahaman dan penjelasan dibawah ini beserta dengan contohnya yang ada di masyarakat tersebut, yuk baca.

Memahami Kelompok Sosial di Masyarakat

Setiap individu yang melakukan aktivitas baik menjalankan proses dan hubungan sosialnya sudah pasti akan berdampingan dengan orang lain.

Baik itu dalam individu antara individu maupun individu antara kelompok, dan kelompok antara kelompok, pasti akan saling berhubungan. 

Oleh karena itu individu tidak akan bisa dipisahkan dalam lingkung kelompok sosialnya di masyarakat. 

Menurut Mayor Polak kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur di masyarakat tersebut. 

Beberapa tipe atau jenis dalam kelompok sosial juga menjadi bagian penting untuk kamu pahami sebagai tambahan referensi memahami topik kelompok sosial. 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas sekilas tentang tipe kelompok sosial menurut Robert Bierstedr. 

Tipe atau Jenis Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt

Menurut Robert, ia mengklasifikasikan ada beberapa tipe dalam kelompok sosial, yaitu setidaknya ada empat. 

Lanjutnya, kelompok sosial memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya suatu organisasi, hubungan sosial antara kelompok, dan kesadarannya.

Dia membagi keempat kelompok sosial itu menjadi berbagai tipe, yaitu sebagai berikut :

1. Kelompok Statistik

Dimana pada tipe atau jenis kelompok yang ada di masyarakat ini yang buka merupakan organisasi, ia tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis diantaranya. 

Misalnya contoh kelompok penduduk pada usia 10-15 tahun yang ada di sebuah desa, kecamatan, kabupaten maupun tingkat provinsi di suatu negara.

2. Kelompok kemasyarakatan

Dimana pada tipe kelompok jenis ini mempunyai persamaan namun tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial diantara anggota masyarakatnya tersebut.

3. Kelompok sosial

Dimana pada tipe atau bentuk kelompok sosial ini yakni kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan hubungan satu dengan yang lainnya. 

Namun, tidak memiliki ikatan atau tidak terikat dalam ikatan organisasi. Misalnya contoh kelompok persahabatan, kerabat, dan lainnya.

4. Kelompok asosiasi

Dimana pada kelompok bentuk atau macam ini yakni kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan persamaan akan kepentingan pribadi maupun bersama.

Nah dalam tipe ini para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak serta melakukan komunikasi serta memiliki ikatan organisasi yang resmi.

Misalnya contoh kelompok partai politik, kelompok organisasi pengusaha, dan banyak lagi contohnya bisa kamu lihat sendiri ya di masyarakat. 

Nah itulah sekilas mater penjelasan mengenai topik pembahasan tentang Tipe Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt dan Contohnya.

Sumber Referensi :  

Buku Sosiologi untuk kelas 10 SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial yang ditulis oleh penulis Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !