-->

Tipe Kelompok Sosial Menurut W G Sumner : In-Out Group, Contohnya

Tipe Kelompok Sosial Menurut W G Sumner : In-Out Group, Contohnya
Tipe Kelompok Sosial Menurut W G Sumner : In-Out Group, Contohnya

Sosiologi Info - Apa saja jenis atau tipe kelompok sosial menurut ahli W G Sumner di masyarakat ? Setidaknya ada dua tipe kelompok tersebut.

Mau tahu jawabannya, simak penjelasan dan ulasan singkat beserta dengan contohnya di masyarakat, yuk baca.

Sekilas Mengenal Kelompok Sosial

Manusia yang tinggal dalam lingkungan masyarakat sudah pasti akan membentuk suatu kelompok sosial yang terdiri dari orang orang yang mereka kenal.

Melalui proses dan hubungan sosial yang berinteraksi serta bertindak, seseorang akan menemukan kelompok.

Sesuai dengan minat, hobi, maupun faktor kesamaan etnis, suku, agama, dan faktor lainnya yang membuat mereka akhirnya membentuk suatu perkumpulan atau himpunan. 

Kelompok sosial menjadi tempat yang saling berhubungan dan berinteraksi antara individu sesama individu maupun antar kelompok lainnya di masyarakat. 

Berbagai interaksi pun terjalin dalam suatu kelompok sosial di masyarakat, bahkan seseorang akan mulai untuk mendekatkan diri pada suatu perhimpunan.

Tujuannya adalah untuk menjalin kebersamaan maupun tujuan bersama dalam mencapai suatu visi dan misi dari kelompok sosial yang dibentuk tersebut.

Menurut ahli Robert K Merton menjelaskan kelompok sosial ialah sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola pola yang ada dan telah matang di masyarakat.

Itulah sekilas pengertian kelompok sosial dari ahli, untuk lebih lanjutnya mengentahui pengertian kelompok sosial dari para ahli baca disini : 

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Dalam kelompok sosial juga ada beberapa jenis atau tipe yang perlu kamu ketahui, nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan mengulas.

Tipe atau jenis kelompok sosial menurut W G Sumner : In-Out Group beserta dengan contohnya yang ada di masyarakat. 

Dua Tipe atau Jenis Kelompok Sosial Menurut Sumner

Menurut W G Sumner membedakan tipe atau jenis dari kelompok sosial itu ada dua yaitu in group dan out group.

Ia mengungkapkan tentang konsep in group dalam sebuah karyanya berjudul Folkways. Dimana konsep ini menjadi penting dalam kaitannya dengan proses sosialisasi kelompok.

Selanjutnya, untuk konsep out group menjadi konsep yang diletakan berlawan dari in group. Dua istilah ini memang menjadi hal yang lazim dan umum dalam sosiologi.

Penjelasan in group adalah suatu kelompok sosial dimana individunya mengidentifikasikan diri, itulah dikenal dengan in group.

Sementara untuk out group memiliki pengertian yang dipandang sebagai lawan dari in group. 

Dimana in group merupakan kelompok sosial yang dijadikan tempat oleh individu, untuk mengidentifikasikan dirinya.

Kemudian, untuk out group merupakan kelompok sosial yang oleh individunya diartikan sebagai lawan in group. 

Jelasnya bahwa kelompok sosial di luar anggotanya disebut dengan out group. 

Dalam pemahaman lainnya, yaitu :

> In Group 

Dilihat dari sikapnya, dimana dalam kelompok sosial In Group umumnya didasarkan pada faktor simpati, perasaan yang dekat dengan anggota kelompok. 

Pada kelompok sosial ini sering dijumpai adanya suatu persahabatan, kerjasama, keteraturan, dan kedamaian. 

Contohnya ketika seorang mahasiswa yang ikut lomba di luar maka ia akan dengan bangga mengatakan asal kampusnya tersebut kepada orang lain. 

Maupun contoh pada siswa yang sekolah di sekolahnya akan mempunya ikatan batin dan tentu membanggakan sekolah nya itu kepada siswa lain di luar sekolahnya saat bertemu.

> Out Group

Dimana pada anggota kelompok sosial ini akan cenderung ditanai dengan rasa kebencian maupun permusuhan yang terjadi antara kelompok tersebut. 

Ditandainya dengan suatu kelainan yang berwujud antagonis atau antipati. 

Hubungan yang terjadi antara kelompok sosial yang berada di luarnya selalu dengan rasa munculnya kebencian, permusuhan, perang bahkan perampokan.

Contohnya konflik antara kelompok sosial di desa a dan b yang saling serang karena adanya perselisihan maupun konflik lainnya. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik pembahasan tentang Tipe Kelompok Sosial Menurut W G Sumner : In-Out Group, Contohnya.

Sumber Referensi :  

Buku Sosiologi kelas X SMA dan MA kelompok peminatan ilmu-ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

http://blog.unnes.ac.id/arifponco79/2015/12/12/materi-sosiologi-kelas-xi-pembentukan-kelompok-sosial

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !