10 Contoh Integrasi Sosial dalam Keluarga

Sosiologi Info - Lagi cari contoh integrasi sosial dalam keluarga ? Ini sering kok kita lakukan dan lihat dalam kehidupan sehari hari masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Apa saja contohnya ? Simak pembahasan singkat mengenai pengertian dari integrasi sosial tersebut, yuk baca sobat.

Memahami Sekilas Integrasi Sosial

Setiap individu dimana pun ia berada, akan selalu melakukan dan menjalankan proses dan hubungan sosial antara sesamanya.

Baik antara individu dengan individu maupun individu dengan kelompok, begitu juga kelompok antara kelompok.

Yang terus melakukan interaksi, komunikasi, bertindak sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan lingkungan sekitarnya. 

Hal ini menjadi penting dalam keikutsertaan setiap orang untuk mewujudkan suatu persatuan dan kesatuan yang lebih dikenal sebagai integrasi sosial. 

Suatu proses panjang yang tidak disadari oleh sebagian orang bahwa integrasi menjadi bagian terpenting dalam mewujudkan persatuan.

Meskipun ia dalam lingkungan yang kecil sekali pun atau pada lingkungan yang lebih luas juga bisa dilakukan.

Bahkan kita semua pasti pernah menerapkan dan melaksanakan suatu proses interaksi, dan hubungan timbal balik antara sesama. 

Disinilah dalam proses yang panjang juga dapat memberikan pengaruh dalam menciptakan suatu integrasi sosial.

Lalu apa integrasi itu ? Nah menurut Banton menjelaskan bahwa integrasi adalah sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat tersebut. 

Namun, dalam proses ini tidak memberikan suatu makna penting pada perbedaan-perbedaan ras yang ada di lingkungan masyarakat itu. 

Integrasi sosial diartikan sebagai proses dalam penyesuaian di antara unsur unsur yang saling berbeda-beda satu sama lainnya. 

Yang ia saling menjalin hubungan meski pun berbeda, dalam kehidupan masyarakat, yang mana menghasilkan suatu pola pola yang memiliki keserasian fungsi di dalamnya. 

Lalu apa saja contoh dari integrasi sosial itu ? Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas di dalam lingkungan keluarga. Yuk simak dibawah ini.

Integrasi Sosial di dalam Keluarga

Ada beberapa contoh yang bisa teman teman perhatikan untuk melihat terjadinya suatu integrasi sosial di dalam lingkungan keluarga.

Kegiatan ini mungkin sering kita jumpai pada kehidupan sehari hari di lingkungan keluarga, baik dalam cakupan kecil maupun yang lebih luas.

Apa saja contohnya ? Berikut ini penjelasan dan pembahasannya, yaitu sebagai berikut :

1. Memberikan kesempatan pada setiap anggota keluarga untuk menyampaikan pendapat serta menghargai atau menghormati setiap pandangan dari masing masing anggota keluarga.

2. Sama sama mengutamakan kepentingan bersama di dalam keluarga dari pada kepentingan individual atau kepentingan pribadi sendiri saja. 

3. Dapat memaklumi adanya suatu perbedaan dalam hobi, minat, maupun selera yang dimiliki setiap anggota keluarga tersebut.

4. Dapat sama sama mendahulukan kewajiban yang ada dari pada kepentingan pemenuhan hak yang tidak diperlukan.

Dalam keluarga tentu kita akan melakukan dan menunaikan kewajiban masing masing terdahulu, yang menjadi prioritas bersama.

Ini bertujuan agar tidak membuat anggota keluarga mengalami perselisihan atau konflik yang mengakibatkan tidak terjadinya integrasi sosial tersebut.

5. Dapat menjalin kerjsama diantara anggota keluarga yang bersangkutan. Misalnya di dalam keluarga besar ada hajatan atau acara penting.

Maka kebersamaan untuk melakukan kerjasama dengan gotong royong, kerja bakti itu perlu dan menjadi bagian penting untuk mewujudkan integrasi sosial. 

6. Sama sama terbuka dalam berbagai hal yang dirasa sesama anggota keluarga perlu untuk mengetahuinya, tanpa ada menutup-nutupi.

7. Selalu mengedepankan diskusi atau musyawarah ketika ada suatu hal penting dan yang mendesak, dan tidak mengambil keputusan secara sepihak di dalam keluarga tersebut. 

Untuk selalu menjaga keharmonisan keluarga memang penting dalam melaksanakan atau mengambil keputusan dilakukan dengan diskusi.

Karena dengan cara inilah setiap orang akan mendapatkan kesempatan dalam menyampaikan pendapata dan pandangannya tersebut. 

8. Anak yang melakukan bakti nya atau berbakti kepada orang tua yang telah membesarkan dan mendidik hingga menjadi dewasa.

Sebagai seorang anak yang tumbuh dan besar serta berkembang menjadi dewasa karena adanya kasih sayang orang tua.

Oleh karena itu, ketika besar juga menjadi keseharusan dan kewajiban seseorang anak untuk membaktikan diri kepada orang tua.

Ini juga bisa sebagai jalan dalam mewujudkan suatu integrasi sosial di dalam kehidupan keluarganya tersebut. 

9. Melakukan aktifitas ibadah secara bersama sama dan menjalin kekompakan bersama antara anggota keluarga juga bagian penting integrasi sosial. 

Rutin dalam mengajak serta mengajarkan ibadah kepada seitap anggota keluarga, serta melakukannya dengan bersama sama dalam setiap waktu persembahyangan.

Juga awal yang baik dalam menciptakan integrasi di dalam keluarga, guna meningkatkan kesehatan rohani dan menjalankan ibadah sesuai dengan aturannya.

10. Membantu dalam melakukan pekerjaan di rumah juga menjadi bagian penting terwujudnya suatu integrasi sosial di dalam keluarga tersebut.

Sering ikut dalam hal meringankan pekerjaan yang ada dirumah juga bisa dilakukan oleh setiap anggota individu dalam keluarga.

Sebagai upaya dan cara dalam memulai suatu interaksi dan komunikasi untuk mewujudkan integrasi yang mengarah kepada persatuan dan kesatuan utuh di keluarga. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan serta ulasan singkat mengenai topik tentang 10 Contoh Integrasi Sosial dalam Keluarga. 

Sumber Referensi : Buku pelajaran Sosiologi untuk kelas 11 kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono