-->

Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Sejak Masa Kemerdekaan hingga Reformasi ?

Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Sejak Masa Kemerdekaan hingga.
Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Sejak Masa Kemerdekaan hingga Reformasi ?

Sosiologi Info - Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Sejak Masa Kemerdekaan hingga Reformasi ? 

Simak dibawah berikut ini pembahasan untuk Kunci Jawaban IPS Esai Halaman 285 Kelas 9 SMP MTs.

Seperti dikutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial edisi revisi 2018 kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI.

Perlu diingat bahwa kunci jawaban alternatif ini sebagai bahan referensi adik adik dalam proses belajar di rumah maupun di sekolah.

Nah adik adik silahkan mengeksplorasi jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan judul atau soal pertanyaan tersebut.

Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Sejak Masa Kemerdekaan hingga Reformasi ? Kunci Jawaban IPS Esai Halaman 285 Kelas 9 SMP

Jawabannya yaitu : 

Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Sejak Masa Kemerdekaan hingga Reformasi, yaitu : 

1. Pada Masa Kemerdekaan

Nah setelah Indonesia merdeka segala bentuk diskriminasi rasial dihapuskan dan semua warga Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang. 

Seperti kita tahu pada masa penjajahan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan terbatas. 

Maka itulah yang menjadi penyebab masyarakat Indonesia buta huruf. 

Namun, setelah Indonesia merdeka maka pemerintah secara bertahap memberikan kesempatan yang sama untuk masyarakat menempuh pendidikan. 

Apalagi dengan ditunjuknya atau diangkatnya Ki Hajar Dewantara sebagai menteri pendidikan, pengajaran dan kebudayaan pada masa itu. 

Kemudian, selanjutnya pada masa Mr Suwandi dibentuk panitia penyelidikan pengajaran terpublik Indonesia.

Yang bertugas untuk meneliti dan merumuskan masalah pengajaran setelah kemerdekaan. Pendidikan pada awal kemerdekaan terbagi atas empat tingkat, yaitu :

1. Pendidikan rendah

2. Pendidikan menengah pertama

3. Pendidikan menengah atas

4. Pendidikan tinggi

2. Masa Demokrasi Parlementer Pada Tahun 1950-1959

Kehidupan sosial masyarakat pada masa ini banyak dipengaruhi oleh gejolak dan permasalahan ekonomi. 

Gejolak politik menyebabkan munculnya berbagai gangguan keamanan di berbagai tempat, dan upaya perbaikan ekonomi yang mana tidak berjalan dengan baik dan lancar.

Sehingga menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran. 

Kemudian, pada tahun 1950 diadakan pengalihan masalah pendidikan dari pemerintah Belanda kepada pemerintah RIS atau Republik Indonesia Serikat). 

Selanjutnya, disusunlah suatu konsepsi pendidikan yang menitikberatkan kepada spesialis karena menurut Menteri Pendidikan pada masa itu, bangsa Indonesia sangat tertinggal dalam pengetahuan teknik yang dibutuhkan oleh dunia modern. 

Pendidikan umum dan pendidikan teknik dilaksanakan dengan perbandingan 3 banding 1. Maksudnya setiap ada sekolah umum maka diadakan 1 sekolah teknik.

3. Masa Demokrasi Terpimpin Pada Tahun 1959 - 1965

Pada masa ini dinamika politik yang terjadi pada masa demokrasi terpimpin berupa adanya persaingan antar kekuatan politik yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat. 

Melalui Nasakom PKI berupaya agar seluruh aspek kehidupan masyarakat termasuk bidang sosial, pendidikan, dan seni berada dibawah dominasi budaya. 

Dimana media komunikasi massa yang menentang PKI dicabut surat izin terbitnya. 

Kemudian surat kabar itu dikuasai oleh surat kabar PKI seperti harian rakyat, bintang timur dan warta bhakti. 

Selanjutnya, untuk pendidikan tahun 1950 an dimana murid sekolah lanjutan tingkat pertama dan sekolah lanjutan tingkat atas jumlahnya banyak sekali dan sebagian besar mengharapkan menjadi mahasiswa. 

Oleh karena itu, untuk memenuhi keinginan umat islam didirikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). 

Kemudian, pada tahun 1962 dimana sistem pendidikan SMP dan SMA mengalami perubahan. 

Untuk kurikulum SMP ditambahkan mata pelajaran Ilmu Administrasi dan Kesejahteraan Masyarakat dan SMA penjurusan dilakukan mulai kelas II dibagi menjadi kelas budaya, kelas sosial dan ilmu alam.  

4. Masa Orde Baru Pada Tahun 1966-1998

Dimana pada masa ini pemerintahan berhasil mewujudkan stabilitas politik dan menciptakan suasana aman bagi masyarakat Indonesia. 

Nah keberhasilan tersebut dapat dilihat dari penurunan angka kemiskinan, penurunan angka kematian bayi, peningkatan partisipasi pendidikan dasar. 

Kemudian adanya program program untuk perbaikan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan pada masa orde baru antara lain, seperti :

1. Transmigrasi

2. Keluarga berencana (KB)

3. Puskesmas dan posyandu

4. Pendidikan dan kebudayaan

5. Masa Reformasi Tahun 1998 sampai sekarang

Pada masa ini lah kehidupan sosial masyarakat diwarnai dengan adanya berbagai konflik sosial yang bersifat etnis di tengah tengah masyarakat. 

Penyebabnya karena kondisi sosial masyarakat Indonesia yang masih kacau akibat lemahnya hukum dan kondisi ekonomi negara yang tidak membaik. 

Maka sering terjadi gesekan gesekan dalam masyarakat itu sendiri. 

Tetapi, pemerintah pada masa reformasi bisa mengatasi berbagai masalah yang tengah dihadapi masyarakatnya yang berangsur angsur pulih dan kondusif. 

Nah pada masa reformasi inilah masyarakat bebas menyuarakan berbagai aspirasi kepada pemerintah atau negara. 

Apalagi dengan didukungnya perkembangan bidang komunikasi,seperti media massa yang banyak bermunculan.

Yang dapat sebagai media menyalurkan aspirasi dan gagasan masyarakat kepada pemerintah. 

Kemudian untuk pendidikan di masa reformasi ditetapkannya UUD NO 22 Tahun 1999 yang mengubah sistem pendidikan Indonesia.

Menjadi sektor pembangunan yang di desentralisasikan dan UU NO 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menggantikan UU No 2 Tahun 1989 yang mendefinisikan ulang pengertian pendidikan.

Nah itulah pembahasan untuk soal pertanyaan esai yang ada dalam mata pelajaran IPS kelas 9 SMP Halaman 285. Semoga bermanfaat. 

Demikian pembahasan tentang Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia dalam Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Sejak Masa Kemerdekaan hingga Reformasi ? 

Simak dibawah berikut ini pembahasan untuk Kunci Jawaban IPS Esai Halaman 285 Kelas 9 SMP MTs.

Seperti dikutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial edisi revisi 2018 kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI.

Perlu diingat bahwa kunci jawaban alternatif ini sebagai bahan referensi adik adik dalam proses belajar di rumah maupun di sekolah.

Nah adik adik silahkan mengeksplorasi jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan judul atau soal pertanyaan tersebut.

Disclaimer :

Jawaban diatas tidak menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. Silahkan adik adik membaca atau menambah referensi lainnya.

Disarankan agar orang tua siswa dapat mendampingi anaknya pada saat proses belajar di rumah dengan menggunakan bahan referensi diatas.  

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !