10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik - Referensi Artikel Sosiologi 10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik

Ada 10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan Iptek di Bidang Politik.

10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan Iptek di Bidang Politik

Sosiologi Info - Mau tahu apa saja ya dampak negatif dan positif dari perkembangan Iptek atau ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di bidang politik ?

Nah simak penjelasan dan pembahasannya berikut ini agar mendapatkan jawabannya terbaru dan komprehensif tentunya, yuk baca. 

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Semua manusia di dunia ini telah menikmati dan merasakan manfaat dari suatu kemajuan dunia digital yang begitu pesat dalam memasuki abad ke 20 an ini.

Sebelum kita jauh membahas topik mengenai dampak negatif dan positif dari kemajuan teknologi informasi, mari kita simak dulu penjelasan singkat dibawah ini.

Apa itu ilmu pengetahuan ? 

Nah ilmu pengetahuan ialah gabungan dari berbagai pengetahuan yang mana disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab serta akibatnya di masyarakat. 

Kemudian, untuk pengertian dari teknologi ialah keseluruhan dari sarana untuk menyediakan barang barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 

Sementara, politik memiliki pengertian yaitu pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan seperti.

Sebut saja tentang sistem pemerintahan suatu negara, dasar pemerintahan suatu negara dan lainnya. 

Oleh karena itu dengan adanya kemajuan dalam teknologi khususnya dalam bidang politik juga akan memberikan manfaat positif.

Namun, perlu juga kita pahami apa saja ya dampak yang akan ditimbulkan dari adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang politik ?

Nah untuk menjawabnya mari simak penjelasan singkat dibawah ini ya sobat, silahkan baca lebih lanjut agar paham.

Dampak Perkembangan Iptek di Bidang Politik

Ada beberapa dampak yang bisa teman teman liha dalam perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat, yaitu :

Dampak Negatif

Adapun dampak negatif dari perkembangan iptek di bidang politik yang ada di masyarakat yaitu sebagai berikut :

1. Akan timbul dan munculnya masyarakat yang melakukan unjuk rasa yang semakin berani serta mengabaikan kepentingan bersama maupun umum.

Dengan kemajuan teknologi semua orang bisa mendapatkan akses untuk informasi dan terkadang, informasi itu bisa saja berujung.

Pada mengajak untuk melakukan hal yang tidak diinginkan, seperti memancing untuk melakukan atau memprovokasi.

Mengajak untuk bertindak brutal dan contoh lainnya. Teman teman bisa lihat secara langsung deh pada kehidupan masyarakat di Indonesia sehari harinya. 

2. Akan semakin meningkat nilai politik individu, serta kelompok maupun oposisi, diktater yang mayoritas atau pun tirani minoritas di kehidupan masyarakat tersebut sehari harinya. 

Ya dewasa ini memang, kepentingan akan muatan politik mengarah kepada kepentingan individu kian terlihat dan terbuka lebar.

Ini bisa kita lihat deh dalam keseharin politik di Indonesia. Begitu juga dalam hal kelompok serta contoh lainnya.

3. Muncul dan timbulnya suatu gelombang terhadap demokratisasi terhadap keinginan akan suatu kebebasan yang berlebihan di dalam menjalankan demokrasi di masyarakat tersebut.

4. Dimana negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang suatu kunci dalam proses pembangunan di dalam kehidupan berbangsa di masyarakat dalam lingkungan sehari harinya.

5. Akan terjadinya dan ada berbagai ancaman yang mana menyebabkan disintegrasi suatu bangsa dan juga.

Dimana negara yang akan menggoyahkan kesatuan dan persatuan serta keutuhan NKRI tersebut.

Dampak Positif

Adapun dampak positif dari perkembangan iptek di bidang politik yang ada di masyarakat yaitu sebagai berikut :

1. Nah dimana dapat tersampainya atau dalam hal menyampaikan informasi serta berita kepada masyarakat mengenai politik kepada individu dan kelompok bisa cepat dilakukan. 

Sebut saja misalnya adanya media online, portal berita, kemudian media sosial dan sejenisnya.

Sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan liputan dan informasi itu secara cepat. 

2. Begitu juga akan adanya peranan besar masyarakat dalam melakukan pengembangan pemerintahan. 

Ya bisa saja ini terjadi, nah teman teman bisa melihatnya bagaimana keikutsertaan masyarakat dalam melakukan pengembangan.

Peningkatan ekonomi melalui pasar ekspor yang juga pasti dilakukan melalui lobi lobi politik, serta contoh lainnya dalam pembangunan maupun pada bidang pendidikan dan lainnya.

3. Dapat memberikan dan memperluas suatu jaringan dan hubungan kerja sama antara dua pihak atau lebih baik antara daerah atau yang lebih luas antara negara dengan negara lainnya. 

4. Nah dapat juga dalam hal meningkatkan hubungan yang dijalin melalui upaya diplomatik antara setiap negara. 

Dalam hal ini untuk memperoleh dukungan, maupun dalam hal kerjasama yang di berbagai bidang yang ada dan dibutuhkan oleh negara bersangkutan tersebut.

5. Dimana dapat juga memberikan dorongan yang begitu besar terhadap suatu konsolidasi demokrasi diberbagai negara yang lebih luas dan banyak lagi.

Nah itulah sekilas pembahasan dan penjelasan mengenai topik artikel tentang 10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan Iptek di Bidang Politik di masyarakat.

Sumber Referensi : 

http://repositori.kemdikbud.go.id

https://brainly.co.id

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik
10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik
Ada 10 Dampak Negatif-Positif Perkembangan Iptek di Bidang Politik.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjJXu3WrWhFDmUw5Nx60y99TboPZeOQRPdna8S09leF6wti5jzQ-Edzk9nZsLv9iP6Xw6yK3NZm5L3t08MKRRfuUR7o1C82CZG-7UhDiAGLY4E4IXLDYULIM2n_n_X9gsiwyuBldCr3ZkUIhq0APmAfoSv8nQBMfZsOMcJMHnWiRGMeB4UpaOWWrewJ=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjJXu3WrWhFDmUw5Nx60y99TboPZeOQRPdna8S09leF6wti5jzQ-Edzk9nZsLv9iP6Xw6yK3NZm5L3t08MKRRfuUR7o1C82CZG-7UhDiAGLY4E4IXLDYULIM2n_n_X9gsiwyuBldCr3ZkUIhq0APmAfoSv8nQBMfZsOMcJMHnWiRGMeB4UpaOWWrewJ=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2022/01/10-dampak-negatif-positif-perkembangan-iptek-di-bidang-politik.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2022/01/10-dampak-negatif-positif-perkembangan-iptek-di-bidang-politik.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy