-->

10 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI Positif dan Negatif

Ada 10 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Positif dan Negatif dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia.
10 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Positif dan Negatif

Sosiologi Info - Apa saja Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Positif dan Negatif dalam masyarakat sehari-harinya di Indonesia ?

Nah mau tahu jawabannya apa, simak langsung saja penjelasan dan pembahasan berikut ini dengan seksama, yuk baca.

Memahami Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Siapa menyangka peradaban manusia di dunia akan secepat ini mengalami perubahan. Akibat adanya suatu kemajuan Iptek di masyarakat seluruh dunia.

Manusia pun terus melakukan upaya dalam menemukan maupun meneliti hal hal penting di masa depan yang lebih modern lagi.

Baca Juga : Ada 10 Pengaruh Positif dan Negatif IPTEK di dalam Bidang Pertanian

Ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung membawa manusia dalam kehidupannya beralih dari era tradisional mengarah kepada era modern.

lalu apa sih pengertian dan pemahaman dari Iptek ? 

Dikutip Sosiologi Info dari Modul Pembelarajan SMA PPKn Kelas 12, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas Tahun 2020. 

Dalam PDF yang dilansir Sosiologi Info, dimana Iptek merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 

Pengertian dari Ilmu Pengetahuan ialah usaha usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan di dalam alam manusia itu sendiri. 

Kemudian, teknologi adalah keseluruhan dari sarana untuk menyediakan barang barang yang diperlukan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Oleh karena itu, dapat kita artikan bahwa pengertian Iptek adalah merupakan suatu sumber informasi yang mana dapat meningkatkan pengetahuan.

Maupun wawasan dari seseorang atau masyarakat di bidang teknologi yang ada dan telah disediakan tersebut.

Dimana Iptek sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah kemajuan peradaban manusia itu sendiri. 

Memang sangat menjadi penting, nah sehingga kemampuan masyarakat di Indoensia dalam mengembangkan Iptek perlu dilakukan pengenalan, pengembangan, maupun pelatihan dalam menunjang serta meningkatn daya saing. 

Tidak hanya untuk itu, juga dalam menciptakan kemandirian suatu banga untuk dapat mempercepat adanya pencapaian visi dan misi negara.

Serta berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta memperjuangkan kepentingan negara dalam dunia internasional.

Memang tidak akan bisa dihindari, dalam perkembangan atau kemajuan dari Iptek ternyata dapat memberikan suatu pengaruh terhadap negara khususnya bagi NKRI.

Lantas apa saja sih pengaruhnya itu ? Untuk mengetahuinya mari simak penjelasan dan ulasan singkat dibawah ini dengan seksama ya.

Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Positif dan Negatif

Nah ada beberapa pengaruh dengan adanya perkembangan kemajuan yang pesat tentang Iptek terhadap NKRI, baik positif dan negatif.

Dimana pengaruh ini akan meliputi bidang sosial budaya, ekonomi, politik, hukum, ideologi, pendidikan, masyarakat atau manusia, dan sektor lainnya.

Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas beberapa saja yang menjadi bagian penting dalam pengaruh kemajuan Iptek terhadap NKRI, baik positif dan negatif.

Mari kita sama sama menyimak dan membaca pengaruh kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI, yaitu sebagai berikut :

Dampak Positif

Coba kita lihat apa saja dampak baik dari adanya kemajuan atau perkembangan Iptek terhadap NKRI di masyarakat dalam sehari-harinya, yaitu :

1. Memberikan Kebermanfaatan Kepada Masyarakat

Negara atau Indonesia serta masyarakatnya bisa memanfaatkan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 

Misalnya pemanfaatan untuk di kehidupan dan berbagai bidang maupun sektor, sebut saja bidang pendidikan, ekonomi, pariwisata.

Selanjutnya ada untuk pemanfaatan dalam bidang olahraga,  militer, pertahanan, keamanan, dan beberapa lagi sektor penting lainnya.

2. Dapat Memberikan Kemudahan Akses dan Informasi 

Pesatnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau Iptek yang berkembang di masyarakat dunia telah membawa pada perubahan sosial maupun kehidupan masyarakat dengan sendirinya. 

Misalnya dalam hal kemajuan teknologi informasi digital saat ini. Masyarakat Indonesia diseluruh wilayah yang punya jaringan dan smartphone.

Akan mudah mendapatkan akses informasi terbaru. Baik melalui portal berita, media sosial Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, dan lainnya. 

3. Membuat Masyarakat Terus Berinovasi

Dengan majunya suatu peradaban dalam Iptek di kehidupan masyarakat sudah pasti akan dibarengi dengan terus adanya kreatifitas, inovasi, dan semangat mencoba.

Dalam membuat hal baru semakin bermunculan dan dilakukan oleh generasi ke generasi berikutnya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tersebut.

4. Mempercepat Pendistribusian Barang atau Produk 

Dulu sebelum adanya kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat sangat susah dan lama dalam melakukan pengiriman barang.

Nah pada masa ini saat sekarang, pendistribusian produk atau barang bahkan sudah menyentuh di desa desa, pengiriman paket sudah sampai di beberapa desa.

5. Terbukanya Peluang Pasar dan Peningkatan Fasilitas Transportasi 

Semakin pesatnya Iptek tentu akan membuat terbukanya peluang market yang ada di seluruh belahan dunia.

Begitu juga dengan pengembangan moda transportasi yang kian menunjukkan kemajuan dan moda transportasi yang ringan atau hemat bahan bakar dan biaya.

Nah mungkin itu saja dulu ya sobat untuk pengaruh positif dari kemajuan dan perkembangan Iptek terhadap NKRI di masyarakat. 

Dampak Negatif

Coba kita lihat apa saja dampak buruk atau negatif dari adanya kemajuan atau perkembangan Iptek terhadap NKRI di masyarakat dalam sehari-harinya, yaitu :

1. Akan Masuknya Budaya Baru

Pesatnya arus informasi digital dan perkembangan zaman yang serba modern. Tentunya juga akan memberikan kebudayaan baru masuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Tidak menutup kemungkinan, dengan masuknya budaya luar ke dalam budaya lokal, akan menggerus budaya bangsa Indonesia sendiri.

Atau bahkan menghilangkan jati diri bangsa akan kebudayaan nya sendiri, serta membuat budaya lokal makin tak diminati generasi muda. 

2. Membuat Sebagian Orang Malas

Kemudahan dan kecepatan akses maupun keinginan akan yang serba instan, membuat sebagian masyarakat Indonesia, cenderung berperilaku malas.

Tidak bersemangat dan terkadang akan membuatnya larus dalam kemudahan tersebut. Tanpa disadari, ia lupa untuk memperbaharui skill atau kualitas dirinya tersebut.

3. Kejahatan Juga Akan Muncul 

Kemajuan Iptek dalam masyarakat itu juga akan menimbulkan kemunculan adanya kejahatan digital atau kejahatan online.

Sebut saja penipuan online berkedok arisan, investasi bodong, dan kejahatan lainnya yang mengarah kepada pemanfaatan teknologi digital atau informasi.

Sering kita lihat kan dalam kehidupan masyarakat kejahatan dunia digital itu mengintai siapa saja, yang bisa dalam bentuk bullying, dan sejenisnya.

4. Ancaman Keamanan dan Pertahanan Bagi Indonesia

Bukan tidak mungkin, ancaman dalam pertahanan maupun keamanan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia terancam dengan kemajuan Iptek tersebut.

Bisa saja kita diserang oleh negara luar dengan senjata canggih yang kita tidak bisa mengatasinya. Ini tentu membuat kekhawatiran masyarakat semuanya.

Oleh karena itu, negara juga mesti mempunyai persiapan dan perlengkapan yang canggih dalam mengatasi serangan musuh sewaktu waktu bisa saja terjadi.  

5. Kemajuan Internet Banyak Digunakan untuk Senang-Senang

Kita bisa melihat bagaimana kemajuan Iptek itu membuat dampak dengan membuat seseorang menjadi memanfaatkan waktunya hanya untuk kesenangan atau dibuang begitu saja.

Misalnya bermain media sosial seharian tanpa ada batasan, dan tidak mengerjakan hal hal produktif, yang malah merugikan diri seseorang itu sendiri.

Mungkin itu saja dulu ya sobat untuk pengaruh negatif dari kemajuan dan perkembangan Iptek terhadap NKRI di masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan singkat mengenai topik pembahasan tentang 10 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI Positif dan Negatif di masyarakat Indonesia

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !