-->

10 Pengaruh Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertanian

Ada 10 Pengaruh Positif dan Negatif kemajuan IPTEK di dalam Bidang Pertanian

10 Pengaruh Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertanian

Sosiologi Info - Apa saja pengaruh positif dan negatif IPTEK di dalam bidang pertanian yang ada di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya ?

Mari simak pembahasan dan ulasan singkat dibawah ini berkaitan dengan dampak positif dan negatif dari adanya kemajuan IPTEK di bidang pertanian. Yuk baca.

Sekilas Memahami Kemajuan IPTEK

Perkembangan suatu peradaban dalam kehidupan manusia atau masyarakat sehari-harinya kian cepat, dan serba memberikan kemudahan.

Terutamanya pada saat kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek masuk di dalam bidang kehidupan manusia.

Seperti halnya dalam bidang pertanian. Berbagai kemudahan dan pembaharuan untuk peningkatan hasil hasil pertanian dilakukan.

Disinilah peran penting kemajuan Iptek untuk masyarakat di dalam bidang pertanian. Mulai dari untuk peningkatan produktivitas pertanian.

Dengan menggunakan pupuk kimia, pestisida, mesin, dan berbagai perlengkapan serta peralatan canggih untuk penunjang pertanian.

Namun, dalam proses perkembangan dan kemajuan Iptek di bidang pertanian ternyata memberikan pengaruh serta dampak,baik itu positif dan negatif.

Lantas apa saja pengaruh positif dan negatif dari kemajuan Iptek di bidang pertanian yang ada dalam kehidupan masyarakat sehari hari di Indonesia ?

Mari simak pembahasan dan ulasan singkatnya dibawah ini agar dapat memahami materi diatas tentang pengaruh kemajuan Iptek di bidang pertanian.

Ada 10 Pengaruh Positif dan Negatif IPTEK di dalam Bidang Pertanian

Berikut ada beberapa pengaruh atau dampak positif dan negatif kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK di dalam bidang pertanian, yaitu :

Pengaruh Positif IPTEK di Bidang Pertanian

1. Mempermudah Kerja Petani

Pengaruh yang positif dalam perkembangan dan kemajuan pesatnya Iptek di dalam bidang pertanian, yaitu bisa kita lihat berbagai peralatan dan perlengkapan pertanian muncul. 

Dengan demikian hal itu dapat memberikan kemudahan bagi petani yang melakukan pekerjaannya. 

Misalnya contoh seperti dalam membajak sawah ada mesin traktor, pengairan ada sistem irigasi, serta kemudahan lainnya akibat pengaruh kemajuan Iptek.

2. Berbagai Aplikasi Penjualan Online Produk untuk Petani Muncul

Kemudahan dalam akses informasi akibat adanya bantuan Teknologi atau Iptek telah membuat hasil pertanian dapat mudah dipasarkan melalui aplikasi belanja online. 

Dengan demikian petani dapat dimudahkan untuk menjual hasil taninya kepada masyarakat dengan bantuan aplikasi marketplace tersebut. 

Sehingga petani tak perlu lagi ke pasar, dimana jualan hasil pertanian bisa langsung dari rumah. 

Tidak hanya itu, untuk saat ini berbagai platform media sosial hadir untuk memberikan kemudahan dalam melakukan promosi digital hasil pertanian.

Sehingga market atau jangkauan konsumen akan lebih luas dan banyak. Serta dapat juga mempromosikan hasil pertanian kepada warga net.

3. Berbagai Riset Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Pertanian

Kemajuan Iptek telah membuat berbagai produk dan proses dalam pengembangan mulai dari metode pembibitan, penanaman, dan hasil hasil riset lainnya. 

Dengan demikian, produk dari hasil pertanian akan meningkatkan kualitas hasil pertanian. Hingga pada proses pendidikan yang diberikan kepada petani. 

Sehingga dapat membuat dan menciptakan hasil riset, seperti pembuatan pupuk, obat-obatan atau pestisida yang berkualitas untuk pertumbuhan tanaman yang ditanam petani.

4. Produktivitas Hasil Pertanian akan Meningkat

Akibat perkembangan yang pesat dengan adanya kemajuan Iptek telah memberikan hasil yang melimpah bagi pertanian.

Karena hasil riset, pengembangan metode, penggunaan pupuk, serta adanya bantuan mesin membuat berbagai kemudahan untuk dapat meningkatkan produktivitas hasil panen terjadi.

Misalnya saja contoh dari penggunaan pupuk dan pestisida yang mempercepat pertumbuhan tanaman yang di tanam petani.

Dengan demikian, dapat meningkatkan kualitas dan lebih cepat dalam pertumbuhan sehingga memungkinkan untuk peningkatan produktivitas terjadi dalam bidang pertanian tersebut.

5. Dapat Menemukan Bibit yang Berkualitas

Dengan kemajuan Iptek khususnya di bidang pertanian telah dapat membuat temuan untuk pencarian bibit unggul.

Karena hasil percobaan yang dilakukan melalui penelitian serta perkawinan antar tumbuhan membuat penemuan pembibitan yang unggul di masyarakat.

Pengaruh Negatif IPTEK di Bidang Pertanian

1. Akan Berkurangnya Jumlah Tenaga Petani yang Bekerja

Salah satu dampak negatif yang muncul akibat penggunaan mesin untuk percepatan proses pertanian adalah berkurang atau semakin sedikitnya keterlibatan tenaga petani untuk bekerja. 

Akibat tergeser dari penggunaan peralatan dan perlengkapan canggih.

Seperti mesin pembajak sawah, mesin untuk panen padi, mesin untuk menanam padi, dan berbagai jenis penggunaan mesin di bidang pertanian lainnya.

2. Penggunaan Pupuk Kimia dan Obat-obatan Membunuh Makhluk Hidup

Dari hasil riset dan penelitian yang dilakukan sehingga menghasilkan dan membuat pupuk kimia untuk keseburuan tanaman di bidang pertanian. 

Begitu juga dengan penggunaan pestisida kepada tanaman yang meningkatkan kualitas tanaman. 

Ternyata ada pengaruh negatif yaitu dapat membubuh mahkluk hidup yang ada dalam ekosistem disekitar tanaman tersebut. 

3. Akan Hilangnya Generasi Petani

Akibat kemajuan Iptek justru membuat pekerjaan di bidang pertanian sudah dianggap sebelah mata dan kuno oleh sebagian generasi muda.

Oleh karena nya seiring perkembangan Iptek maka pekerjaan atau profesi pertanian akan berkurang dan mungking saja tidak ada penerusnya lagi.

4. Akan Membuat Petani Mengalami Ketergantungan 

Dengan kemajuan Iptek telah membuat ketergantungan yang cukup tinggi bagi petani. 

Kecanduan menggunakan teknologi serta kemudahan dalam menginginkan pertumbuhan tanaman secara cepat.

Dengan menggunakan pupuk kimia dan pestisida membawa dampak negatif bagi petani itu sendiri. 

Itulah akan menjadi ketergantungan dengan adanya kemajuan Iptek di bidang pertanian.

5. Banyak Lahan Petani Dijual untuk Bangun Pabrik

Berbagai kebutuhan industri akibat pesatnya perkembangan Iptek telah membuat lahan petani berkurang, karena justru petani tertarik untuk menjual lahannya.

Yang mana lahan itu akan dibangun pabrik ataupun gudang untuk penunjang dalam infrastruktur di perindustrian atau perdagangan di masyarakat.

Demikian pembahasan dan penjelasan mengenai topik 10 Pengaruh Positif dan Negatif IPTEK di dalam Bidang Pertanian di dalam masyarakat.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !