20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi - Referensi Artikel Sosiologi 20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi

Ada 20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi.

20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi

Sosiologi Info - Apa saja kira kira Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi dalam kehidupan masyarakat sehari harinya.

Nah untuk menjawab pertanyaan diatas, mari simak ulasan, pembahasan dan penjelasan singkat mengenai topik modernisasi diatas, yuk baca.

Sekilas Memahami Modernisasi

Pernah dan sering mendengar kata modernisasi di dalam masyarakat ? Nah kalau belum, mari kita sama sama memahami pengertiannya.

Dimana modernisasi berasal dari kata Modern yang memiliki arti terbaru, mutakhir atau sikap dan cara berpikir yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

Selanjutnya, untuk modernisasi mempunyai arti sebagai proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai suatu warga untuk dapat hidup sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. 

Kemudian, menurut Nurcholish Madjid mengatakan pengertian modernisasi hampir identik dengan pengertian rasionalisasi.

Yakni suatu proses perombakan pola berpikir dan tata kerja lama yang tidak rasional dan menggantinya dengan pola pikir dam kerja baru yang rasional. 

Hal inilah dilakukan dengan menggunakan penemuan mutakhir manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini.

Nah itulah sekilas pembahasan dan ulasan singkat dalam memahami pengertian dari modernisasi yang ada di kehidupan masyarakat sehari harinya.

Lalu dengan adanya modernisasi juga dapat menimbulkan dampak yang muncul akibat pengaruh modernisasi tersebut di masyarakat.

Lantas apa saja dampaknya ? Berikut dibawah ini penjelasan dampak positif dan negatif dari modernisasi khususnya di bidang ekonomi.

Dampak Modernisasi Bidang Ekonomi di Masyarakat

Ada beberapa dampak yang bisa kita lihat dengan adanya suatu modernisasi di kehidupan manusia dalam kesehariannya.

Mulai dari dampak positif hingga dampak negatif yang sering kita jumpai dalam lingkungan masyarakat di sekitar kita. Berikut dampaknya tersebut.

Dampak Positif

Beberapa pengaruh contoh dari akibat modernisasi di kehidupan sosial masyarakat sehari harinya yaitu sebagai berikut :

1. Modernisasi dapat memberikan kemudahan dalam kegiatan ekonomi 

Dengan adanya bantuan internet dan teknologi yang canggih membuat kegiatan ekonomi masyarakat jadi lebih mudah, cepat, aman, fleksibel dan manfaat lainnya. 

Misalnya dalam hal promosi dan pemasaran suatu produk akan lebih mudah dengan adanya bantuan dan fasilitas pemasangan iklan di internet.

Seperti di FB Ads, Google Ads, dan Instagram serta platform aplikasi media sosial lainnya. 

Selanjutnya, untuk kegiatan dalam pemasaran barang dengan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, serta semakin mudah dan tidak ada dibatasi oleh waktu dan tempat. 

Kamu bisa kapan pun, dimana pun melakukan pemasaran barang yang kamu punya di internet.

2. Dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat

Modernisasi secara tidak langsung memberikan kehidupan manusia dari waktu ke waktu mengalami peningkatan dibarengi dengan kemajuan teknologi. 

Misalnya contoh pesatnya perkembangan industri yang akan membuka lapangan kerja. 

Kemudian meningkatnya pendapatan atau pemasukan, yang akhirnya akan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.

3. Akan mempermudah dan meningkatkan produktivias di bidang ekonomi

Modernisasi ditandai memang dengan adanya industrialisasi, dimana perusahaan sudah mengurangi penggunaan tenaga manusia yang dialihkan.

Dengan menggunakan robot atau mesin dalam pengerjaan di industri tersebut. Misalnya saja dulu kita masih menggunakan cangkul atau hewan kerbau dalam membajak sawah. 

Namun era sekarang modernisasi itu terjadi dengan menggunakan mesin untuk membajak sawah, dan contoh lainnya. 

4. Adanya berbagai peluang bisnis dan usaha tidak hanya lokal, melainkan internasional atau pasar global kita bisa masuk.

Dengan bantuan aplikasi jual beli online dan berbagai perusahaan yang menyediakan aplikasi untuk menawarkan barang ke luar negeri. 

5. Keuntungan dan dalam hal ini untuk mendapatkan barang akan lebih mudah di dapat dan diakses secara online dengan bantuan digitalisasi.

Hampir semua produk saat ini mengalami perubahan dalam pemasaran mengarah kepada digitalisasi, dan bantuan aplikasi jual beli. 

6. Dapat mendatangkan wistawan asing dengan kita warga lokal menyebarkan tempat tujuan wisata di media sosial dan internet.

Sehingga warga luar negeri yang melihat akan tertarik untuk berkunjung dan inilah dapat meningkatkan peluang usaha, membuka pekerjaan dan manfaat lainnya.

7. Pusat pusat perbelanjaan modern kian bermunculan dengan berbagai konsep yang memberikan pelayanan kepada konsumen atau masyarakat.

Misalnya saja saat ini pusat belanja di satu padukan dengan wahanan bermain, hotel atau penginapan dan fasilitas lainnya yang terintegrasi.

8. Persaingan di pasar lokal atau domestik pun akan diikuti dengan masuknya produk atau barang dari luar karena pasar atau market sudah terbuka untuk umum.

Atau pasar global yang produknya menyangi pasar domestik. 

Dampak Negatif

Beberapa pengaruh contoh dari akibat modernisasi di kehidupan sosial masyarakat sehari harinya yaitu sebagai berikut :

1. Akan terjadinya pengangguran di masyarakat karena sebagian masyarakat tidak memiliki skill atau kualifikasi. 

Yang sesuai dengan kebutuhan industri pada saat ini di era modernisasi yang berubah secara cepat. 

2. Adanya pengurangan tenaga kerja akibat menggunakan teknologi atau mesin buatan dalam menggantikan tenaga kerja manusia.

Yang lebih modern dengan bantuan teknologi. Sehingga membuat manusia tersingkirkan dalam pekerjaannya tersebut.

3. Akan terjadinya suatu kesenjangan di dalam masyarakat tersebut. 

Dimana ada warga yang mempunyai pendapatan tinggi atau berpenghasilan besar dan ada warga dengan berpenghasilan atau berpendapatan kecil dibawah standar. 

4. Dimana dalam proses jual beli atau pemasaran produk di aplikasi belum tentu terjamin, keamanannya, bisa saja terjadi penipuan online.

5. Biaya yang akan dikeluarkan dalam aktivitas produksi barang, distribusi barang, biasanya akan bertambah karena adanya beban yang banyak dikeluarkan. 

6. Dimana produk dalam negeri akan sulit dan kalah bersaing dengan produk import, sehingga banyak pengusaha lokal akan gulung tikar, bangkrut. 

7. Akan meningkatkan ketergantungan kepada industri yang tinggi dimiliki oleh perusahaan multinasional.

8. Akan membuat hilangnya kecintaan akan produk lokal bangsa sendiri, serta kemungkinan untuk 
melupakan dan menghilangkan serta tidak menggunakan produk lokal kian terjadi. 

9. Gaya masyarakat akan cenderung meniru budaya barat yang dianggap lebih keren, bagus dan kekinian.

10. Dimana akan membuat kapitalisasi atau kapitalisme pasar di Indonesia dipegang oleh pihak atau pemodal besar yang punya kekuatan finansial lebih banyak.

Sehingga dengan modal yang banyak dipunya akan sangat mungkin menyingkirkan para pengusaha kecil, yang ada di daerah tersebut. 

11. Masyarakat akan cenderung lebih melirik produk luar negeri dari pada produk dalam negeri yang dibuat sendiri. 

Mungkin saja karena faktor harga, kualitas dan bentuk yang lebih bagus punya luar negeri, karena punya daya tariknya tersendiri. 

12. Bisa saja akan membuat sektor di bidang keuangan akan tidak stabil karena akibat adanya banyak dana yang mengalir ke luar negeri dari pada di dalam negeri. 

13. Bisa saja dan tidak menutup kemungkinan akan dapat memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi nasional.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan tentang topik 20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi terbaru di masyarakat dalam sehari hari.

Sumber Referensi Sosiologi Info : 

http://digilib.uinsby.ac.id/

https://emodul.kemdikbud.go.id/

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi
20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi
Ada 20+ Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Ekonomi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi8Y-g4ZnhMSHaBHNW_W2xHV2pC0XyGGigRNi03Zn7keU8Oa4IxvhBl2Fa4sX-72cfik39W46goH0-UgUy36j5Ue-1x_YUtzO7yBjpSwFK9cvzhar2MXmrzWq268-aj6SArVhoalXc85FQHRbYeqWaygbNobTf1W7m4gGHHLiJHkKU-7XHKRyzOWXta=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi8Y-g4ZnhMSHaBHNW_W2xHV2pC0XyGGigRNi03Zn7keU8Oa4IxvhBl2Fa4sX-72cfik39W46goH0-UgUy36j5Ue-1x_YUtzO7yBjpSwFK9cvzhar2MXmrzWq268-aj6SArVhoalXc85FQHRbYeqWaygbNobTf1W7m4gGHHLiJHkKU-7XHKRyzOWXta=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2022/01/20-dampak-positif-dan-negatif-modernisasi-di-bidang-ekonomi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2022/01/20-dampak-positif-dan-negatif-modernisasi-di-bidang-ekonomi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy