-->

23 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Ada 23 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi dalam Masyarakat Indonesia Sehari-hari.

23 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari di lingkungan sekitar ?

Sebutkan pengaruh atau Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi yang terjadi di Indonesia, yuk baca pembahasannya dibawah ini.

Sekilas Mengenal Pengertian Globalisasi

Peradaban manusia dalam setiap zaman terus mengalami perubahan, seiring dengan pesatnya kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek.

Globalisasi bahkan masuk ke semua sendi kehidupan di dalam masyarkaat Indonesia. Seakan dunia ini sudah tak ada batasannya.

Karena semua orang dapat mengakses secara cepat, informasi yang berkembang dan mengetahuinya dari media sosial dan kemajuan teknologi digitalisasi dalam masyarakat. 

Lalu apa sih pengertian dari globalisasi itu sendiri dalam lingkungan masyarakat ? 

Menurut Ahli Waters mengatakan pengertian globalisasi adalah merupakan suatu proses sosial, dimana batas geografis tidak lagi penting terhadap kondisi sosial budaya. 

Yang mana akhirnya menjelma ke dalam kesadaran seseorang. Kemudian, menurut ahli dan tokoh,

Anthony Giddens bahwa pengertian globalisasi adalah suatu adanya saling ketergantungan antara satu bangsa dengan bangsa negara lainnya. 

Begitu juga antara manusia dengan manusia lainnya melalui perdagangan, perjalanan, budaya, pariwisata, informasi dan interaksi yang luas. 

Disinilah sehingga membuat batas batas negara menjadi semakin sempit. 

Dengan demikian, secara mudah, umum dan sederhana kita memberikan pengertian globalisasi adalah suatu proses dimana individu, kelompok, masyarakat.

Dan negara yang saling berinteraksi, saling tergantung, dan keterkaitan serta saling mempengaruhi satu sama lain, yang melintasi batas negara antar negara di dunia.

Nah itulah sekilas pengertian dari globalisasi di dalam kehidupan masyarakat. Lantas apa saja pengaruh atau dampak positif dan negatif globalisasi di dalam bidang ekonomi bagi masyarakat ?

Simak pembahasan dan penjelasan dibawah ini agar dapat memahami pegnarub dan dampak globalisasi bagi masyarakat di Indonesia. Yuk baca terus.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Beberapa pengaruh positif dan negatif adanya globalisasi di dalam masyarakat terkhususnya di bidang ekonomi. Berikut dibawah ini penjelasannya :

Ada 11 Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Beberapa pengaruh positif globalisasi di bidang ekonomi dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya di Indonesia, yaitu sebagai berikut :

1. Pasar Internasional Terbuka Luas dan Bebas

Pertama dampak positif globalisasi di bidang ekonomi yang ada pada masyarakat Indonesia yaitu terbukanya pasar internasional secara bebas dan luas.

Sehingga produk dan barang yang dipunya Indonesia dapat diperjual belikan di pasar internasional dan diseluruh negara yang mana masyarakatnya membutuhkan.

Produk dan barang dari Indonesia tersebut. Misalnya dalam hal kebutuhan untuk pemenuhan rempah rempah yang ada di Indonesia.

Bisa digunakan oleh masyarakat luar negeri sebagai obat, dan berbagai kebutuhan penting dalam dunia kesehatan.

2. Kegiatan untuk Ekspor dan Impor Meningkat di Antara Negara

Dengan kebutuhan pasar yang terus akan mengalami permintaan maka bisa saja kegiatan ekspor dan impor bertambah antara suatu negara.

Bisa terjadi antar dua negara melalui kerjasama bilateral ataupun melalui banyak negara dengan kerjasama multilateral yang saling menguntungkan.

3. Tumbubnya Investasi dengan Banyak Masuk Perusahaan Luar Negeri 

Investasi juga akan mengalami penambahan dalam hal pendapatan bagi negara dan masyarakat sekitarnya.

Karena perusahaan luar negeri berani dalam menginvestasikan modal untuk mendirikan suatu perusahaan atau pabrik yang untuk membuat produksi barang dan produknya di Indonesia.

4. Berkembangnya Bisnis UMKM 

Kebutuhan dalam permodalan di bidang UMKM masyarakat juga terjadi, bahkan suntikan modal dari perusahaan atau para investor dari luar negeri.

Diberikan kepada para pegiat atau pebinis atau star-up yang ada di Indonesia, sehingga dapat tumbuh dan terus berkembang di pasar global maupun nasional dan lokal di Indonesia.

5. Tumbuh dan Berkembangnya Platform Digital untuk Jual Beli

Akan ada banyak berbagai pilihan untuk akses jual beli yang ditawarkan oleh perusahaan atau pun para pegiat pebisnis untuk jual beli produk dan barang.

Dengan menggunakan platform digital atau aplikasi e-commerce, seperti Lazada, Shopee, JD.id, dan banyak lagi pilihan platform jual beli online di Indonesia.

6. Peningkatan dan Penambahan Devisa Negara 

Dengan pengaruh positif globalisasi di Indonesia sendiri dapat memberikan pengingkatan pendapatan dan penambahan devisa negara.

Baik dalam pasar bebas, perdagangan barang dan jasa atau produk, serta banyak tenaga kerja di Indonesia yang dapat bekerja di luar negeri.

Juga sebagai penyumbang pendapatan negara dari pajak yang diberikan para pekerja luar negeri dari Indonesia tersebut atau TKI.

7. Akan Membuka Lapangan Pekerjaan yang Baru dan Banyak

Dengan banyaknya investor yang masuk ke Indonesia dan berinvestasi dalam berbagai bidang kebutuhan industri.

Maka itulah pengaruh positif dari globalisasi yaitu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang ada di daerah tersebut.

8. Meningkat dan Tumbuhnya Pusat Perbelanjaan Modern di Masyarkat

Ketika para investor masuk ke Indonesia, maka berbagai pusat perbelanjaan pun tumbuh dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan manusia di Indonesia.

Itu terlihat bagaimana pusat perbelanjaan terus hadir dan berkembang. Disinilah juga bagus untuk dapat menyerap tenaga kerja lokal yang ada di daerah tersebut.

9. Masuknya Berbagai Produk dan Barang Kebutuhan antar Negara

Dengan pasar bebas yang mana ekspor dan impor terjadi maka berbagai produk untuk kebutuhan sehari hari akan masuk dengan leluasan.

Disinilah pengaruh positif akan terjadi akibat adanya globalisasi di dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian kebutuhan masyarakat antar negara akan terpenuhi dan saling membantu.

10. Bermunculan Pabrik Baru untuk Produksi Barang dan Produk di Indonesia

Akan banyak industri atau pabrik bermunculan di Indonesia sebagai keterbukaan pasar untuk investor luar negeri di dalam negeri.

Pabrik pabrik industri bermunculan untuk dapat melakukan produksi barang dan atau produk di Indonesia. Sehingga dapat memberikan dan membuka lapangan pekerjaan baru.

11. Sektor Pariwisata akan Diuntungkan

Berbagai kunjungan wisatawan dari mancanegara atau luar negeri pun membawa dampak positif bagi adanya globalisasi di masyarakat. 

Misalnya hotel, penginapan, tempat wisata jadi ramai dan berkembang serta berbagai pendapatan dari kedatangan tamu pun terjadi.

Sebagai untuk menambah pendapatan atau ekonomi masyarakat di dalam kepariwisataan yang ada di setiap daerah kunjungan dari wisatawan mancanegara.

Ada 10 Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Ada beberapa pengaruh negatif globalisasi di bidang ekonomi dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya di Indonesia, yaitu sebagai berikut :

1. Akan Memunculkan Kesenjangan Sosial di dalam Masyarakat

Tanpa disadari, globalisasi memberikan pengaruh negatif bagi munculnya kesenjangan sosial di dalam kehidupan antara masyarakat. 

Karena tidak meratanya penyebaran atau pendistribusian kekayaan dan sumber daya alam yang ada di negara Indonesia.

Tak bisa dipungkiri, jurang antara yang kaya dan miskin bertambah dan tumbuh secara mencolok akibat dampak negatif globalisasi.

2. Kapitalisme Baru Tumbuh dan Berkembang di Indonesia

Disinilah pengaruh negatif dari globalisasi yaitu dampaknya akan muncul dan tumbuhnya kapitalisme di dalam perekonomian masyarakat.

Dimana akan ada penguasaan atau dikuasainya ekonomi hanya oleh para pebinis yang punya modal besar.

Sehingga warga dengan modal kecil akan kalah bersaing karena kurangnya modal yang dimiliki untuk ikut berkompetisi di dalam perekonomian suatu negara, khususnya di Indonesia.

3. Produk dan Barang Impor Lebih Disukai Masyarakat Indonesia

Masyarakat Cenderung akan Menggunakan Produk dan Barang Impor ketimbang produk dalam negeri.

Mungkin karena kualitas dan harga yang jauh lebih bagus dan murah produk luar negeri dibandingkan di dalam negeri.

4. Berdampak pada Ketidakstabilan Keuangan Negara

Akan Terjadinya suatu potensi dimana ketidakstabilan keuangan yang makin besar dan membengkak, karena dana ke luar negeri yang lebih besar dan tinggi

5. Produk Lokal Tersingkirkan Akibat Impor

Impor yang dilakukan secara besar-besaran dan berlebihan akan membuat produk lokal tersingkirkan atau bahkan tidak diminati masyarakat lokal

6. Pertumbuhan Dalam Negeri akan Terganggu

Bisa saja menganggu suatu pertumbuhan perekonomian dalam negeri, jika tidak ada perencanaan yang baik dari negara atau pemerintah.

7. Persaingan Industri di Dalam Negeri

Persaingan Kian Sengit dalam Perkembangan Bidang Industri di dalam negeri

8. Pertumbuhan dan Perkembangan Industri Lokal Bisa Terhambat

Bisa saja akan menghambat suatu pertumbuhan dari produk dan barang industri lokal yang terhambat.

Karena banyaknya masuk investor luar negeri yang juga membangun serta mendirikan industrinya di Indonesia.

9. Akan Terjadinya Perubahan Gaya Hidup

Dalam bidang fashion atau ekonomi akan terjadi suatu perubahan gaya hidup yang justru akan meniru budaya kebarat-baratan atau pun budaya korea, jepang, dan sejenisnya.

Perubahan akan gaya hidup ini juga menjadi pengaruh di bidang ekonomi dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

10. Kegiatan Impor akan Lebih Banyak dari pada Ekspor

Kebutuhan yang tanpa disadari oleh masyarakat yang akan berujung pada kegiatan impor lah yang cenderung banyak dari pada kegitan ekspor.

Sehingga ini bisa saja menjadi pengaruh negatif bagi keberlangsungan perekonomian suatu negara Indonesia.

11. Perilaku Seseorang akan Cenderung Individualistik

Dalam sektor ekonomi, seseorang akan bekerja cenderung mementingkan dirinya sendiri agar tetap aman di posisi yang tertinggi.

Maka perilakunya akan cenderung individualisme, dan tak ingin bekerja secara kelompok atau bersama-sama.

12. Tumbuh dan Berkembangnya Sifat Konsumtif di Masyarakat

Kemudahan dalam akses jual beli membuat seseorang cenderung akan mempunyai sifat untuk membeli barang atau produk yang berlebihan.

Tanpa mengetahui kegunaan dan manfaat dari produk yang dibeli tersebut. Disinilah pengaruh negatif globalisasi di bidang ekonomi masyarakat Indonesia. 

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai topik materi tentang Ada 23 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi di dalam masyarakat Indonesia.

Sumber Rujukan Sosiologi.info :

http://repository.radenintan.ac.id/1356/15/13._AZHAR_BAB_II_edit_new.pdf, diakses pada Selasa, 15 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !