-->

15 Contoh Modernisasi di Bidang Pertanian, Perdagangan

Ada 15 Contoh Modernisasi di Bidang Pertanian, Perdagangan di dalam masyarakat kehidupan sehari-harinya.
15 Contoh Modernisasi di Bidang Pertanian, Perdagangan

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Modernisasi di Bidang Pertanian, Perdagangan, sebutkan dan tuliskan penjelasannya yang ada di dalam masyarakat.

Mau tahu bentuk contoh modernisasi di bdang pertanian dan perdagangan mari simak pembahasannya dibawah ini ya.

Sekilas Pengertian Modernisasi

Kehidupan manusia pada saat ini tak terlepas dari adanya pengaruh dalam modernisasi. Sehingga peradaban manusia semakin berkembang dengan pesat.

Akibat adanya suatu kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di setiap bidang atau aspek di kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Berbagai contoh dari adanya modernisasi dapat kita lihat seperti dalam bidang pertanian dan perdagangan yang ada di suatu negara.

Namun, untuk lebih lanjut membahas contoh diatas, ada baiknya mari kita pahami dulu sekilas pengertian dari modernisasi di dalam masyarakat tersebut.

Dimana modernisasi ditinjau dari terminologis, yaitu dari kata Modernisasi atau diartikan sebagai pembaharuan. 

Itulah arti yang sudah dipergunakan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan baik sains, teknologi, dan berbagai segi kehidupan manusia di bumi. 

Menurut Koentjaraningrat menjelaskan bahwa modernisasi adalah merupakan suatu usaha sadar yang mana dilakukan oleh suatu bangsa pada kurun waktu tertentu dimana suatu bangsa itu hidup.

Oleh karena itu, modernisasi diberikan artian bahwa suatu perubahan yang ada di masyarakat akan terus bergerak dari keadaan yang tradisional atau masyarakat pra modern menuju arah kepada masyarakat yang modern. 

Menurut Widjojo Nitisastro, pengertian modernisasi adalah suatu transformasi total dari yang tradisional atau pra modern disini dalam arti teknologi, sosial, menuju kearah pada pola pola ekonomis dan politis. 

Sementara menurut ahli dan tokoh Soerjono Soekanto memberikan pengertian modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan yang ada di masyarakat.

Terarah dan yang didasarkan pada suatu perencanaan, dimana yang biasanya dinamakan sebagai social planning. Nah itulah sekilas pengertian dari modernisasi yang ada di dalam masyarakat.

Lalu apa saja nih contoh modernisasi di dalam kehidupan masyarakat yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ?

Sebenarnya ada banyak bidang, namun pada kesempatan pembahasan dan penjelasan dibawah ini hanya berfokus pada contoh modernisasi di bidang pertanian, dan perdagangan.

Ada 8 Contoh Modernisasi di Bidang Pertanian

Beberapa contoh modernisasi di dalam bidang pertanian di kehidupan masyarakat sehari-harinya di lingkungan sekitar yaitu sebagai berikut :

1. Bajak Sawah Tidak Lagi Pakai Sapi/Kerbau, Tapi Paki Mesin Traktor

Dalam bidang pertanian kemudahan dan kecepatan dalam proses kegiatan bertani juga terjadi karena adanya modernisasi.

Misalnya bajak sawah yang dilakukan petani tidak lagi menggunakan sapi atau kerbau. Melainkan menggunakan mesin canggih yang cepat dan akurat.

Memang sih sebagian masyarakat masih ada menggunakan sapi dan kerbau untuk membajak sawah. Contoh modernisasi di bidang pertanian yaitu munculnya mesin dan alat canggih.

Seperti traktor yang dapat membantu petani dalam bersawah serta berbagai mesin dan alat canggih lainnya di masyarakat.

2. Berbagai Pupuk Pestisida dan Pupuk Kimia Percepat Pertumbuhan Tanaman

Pemenuhan dalam upaya meningkatkan produksi dan kesuburan pertanian juga dilakukan dengan munculnya berbagai pupuk untuk kebutuhan pertanian.

3. Sekarang Panen Padi Bisa Hanya 3 Bulan yang Dulunya 6 Bulan

Nah berbagai percepatan dalam pertumbuhan dan panen di bidang pertanian pun bisa dilakukan karena adanya sistem dan bantuan pupuk yang memberikan nutrisi dan kesuburan tanaman.

Dengan demikian dapat cepat tumbuh dan berkembang sehingga panen pun bisa lebih cepat dilakukan oleh petani modern saat ini.

4. Berbagai Bibit Unggul untuk Pertanian yang Bagus dan Tumbuh dengan Baik

Kemajuan dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibuat oleh manusia dapat memberikan pengaruh positif bagi pembuatan bibit tanaman.

Untuk di bidang pertanian. Yang mana bisa ditanam dan tumbuh secara bagus, baik di dalam proses pertanian tersebut.

Nah itulah contoh modernisasi di dalam bidang pertanian yang sering kita jumpai pada petani di Indonesia pada era modern sekarang.

5. Panen Padi Sudah Menggunakan Mesin Canggih

Begitu juga dalam melakukan panen padi di bidang pertanian dengan menggunakan mesin atau alat canggih sehingga tidak lagi dilakukan secara manual.

Cukup dengan bantuan mesin mesin canggih maka panen padi dilakukan dengan mudah, cepat, dan singkat karena sudah dikerjakan oleh mesin di era modern.

6. Menanam Juga Menggunakan Mesin Cangguh yang Cepat

Nah dalam contoh modernisasi di bidang pertanian telah membuat suatu alat canggih dalam melakukan penanaman di beberapa tanaman pertanian yang ada.

Itulah yang membuat kemudahan dan cepat selesai pekerjaan petani dalam melakukan penanaman tumbuhan yang ada dan dulunya dilakukan secara manual dengan tenaga manusia.

7. Pengunaan Sistem yang Baru untuk di Bidang Pertanian

Berbagai sistem yang baru ditemukan dalam bidang pertanian makin diminati para petani untuk menunjang kegiatan pertanian yang dilakukan.

Oleh karena itu, dengan bantuan sistem baru misalnya dalam hal perawatan dapat mempercepat dan mempermudah melakukan perawatan untuk menjaga kondisi tanaman tersebut.

8. Metode Baru dalam Pembititan, Pemeliharaan, Penanaman di Pertanian

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek telah membuat seseorang untuk berinovasi dan menemukan cara cara baru.

Dalam hal misalnya metode pembibitan, pemeliharaan dan penanaman modern untuk di bidang pertanian yang bisa dicoba masyarakat.

Ada 7 Contoh Modernisasi di Bidang Perdagangan

Ada beberapa contoh modernisasi di dalam bidang perdagangan di kehidupan masyarakat sehari-harinya di lingkungan sekitar yaitu sebagai berikut :

1. Kemudahan dalam Jual Beli

Berbagai pengaruh positif adanya modernisasi yakni kemudahan dalam bertransaksi jual beli melalui berbagai platform digital yang ada di masyarakat.

Kemudahan jual beli ini dirasakan manfaatnya bagi sebagian masyarakat untuk bertransaksi dengan mudah.

Baik yang berjualan di media sosial dengan berbagai tawaran produk dan promosi dilakukan agar menarik para pembeli.

2. Bermunculan Aplikasi Jual Beli

Akan ada banyak pilihan platform atau aplikasi jual beli yang memudahkan masyarakat untuk melakukan jualan secara online.

Hingga menjangkau pasar global, tak hanya pasar lokal dan nasional. Tapi lebih luas lagi pasar itu ditemukan dalam kehadiran aplikasi online jual beli tersebut.

3. Pasar Internasional Terbuka Luas dan Bebas 

Terbuknya perdagangan global yang menyeluruh antar berbagai negara baik secara bilateral maupun multilateral di lakukan.

Asal dengan sama sama memberikan keuntungan akan pemenuhan pasar dan kebutuhan masyarakat di negara tersebut.

Dengan demikian, berbagai produk dan barang masuk secara bebas dan luas. Tetapi juga tetap memperhatiakn ketentuan yang berlaku.

4. Berbagai Produk Bebas Masuk

Akan ada banyak produk dan barang masuk di negara tersebut, misalnya di Indonesia. Sehingga masyarakat bebas dalam menentukan pilihan dan membeli produk tersebut. 

5. Berbagai Perusahaan Luar Negeri Membangun Pabrik dan Usaha di Indonesia

Contoh modernisasi dalam bidang perdagangan selanjutnya yaitu ada banyak perusahaan luar negeri yang menanamkan modalnya di Indonesia.

Dengan mendirikan pabrik industri ataupun perusahaan yang bergerak di berbagai bidang kebutuhan dan industri yang dibutuhkan masyarakat. 

6. Bermunculan Usaha Kuliner yang Bernuansa Luar Negeri

Modernisasi tak bisa dihindarikan oleh setiap manusia dalam kehidupannya. Semua sektor pasti akan mengalami modernsasi, seperti kuliner.

Berbagai usaha kuliner sekarang di Indonesia yang mengusung konsep serba ke luar negerian, sehingga perdagangan antar negara sangat bebas.

7. Ekspor dan Impor Terbuka Luas Antar Negara

Salah satu pengaruh dari modernisasi adalah terbukanya perdagangan ekspor dan impor yang luas antar dua negara maupun lebih untuk saling bekerjasama.

Misalnya dalam perdagangan untuk kebutuhan beras, bawang, dan berbagai kebutuhan lainnya. Yang kerap dua negara melakukan impor dan ekspor kebutuhan tersebut.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai topik tentang Ada 15 Contoh Modernisasi di Bidang Pertanian, Perdagangan di dalam masyarakat Indonesia.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

http://eprints.stainkudus.ac.id/680/5/5Bab2.pdf, diakses pada Selasa, 15 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !