-->

Sebutkan Upaya Penyelesaian Permasalahan dalam Ekonomi

Sebutkan Upaya Penyelesaian Permasalahan dalam Bidang Ekonomi
Sebutkan Upaya Penyelesaian Permasalahan dalam Bidang Ekonomi

Sosiologi Info - Sebutkan dan jelaskan upaya penyelesaian permasalahan dalam di bidang ekonomi pada masyarakat Indonesia.

Mau tahu jawabannya, mari simak pembahasan dan penjelasan dibawah ini yang ada di dalam kehidupan masyarakat sehari harinya, yuk baca terus.

Mengenal Berbagai Permasalahan di Masyarakat

Aktivitas masyarakat tidak hanya perihal makan dan minum, tidur ataupun senang senang. Prosesnya juga tidak hanya sekadar interaksi dan berkomunikasi.

Dalam prosesnya ada juga aktivitas untuk berkegiatan ekonomi di dalam keberlangsungan hidup manusia. Dimana pun ia berada.

Kegiatan ekonomi tak dapat dipisakan dalam aktivitas sehari-hari masyarakat. Kegiatan ekonomi memang suatu hal tak asing bagi masyarakat.

Menurut KBBI, ekonomi adalah merupakan salah satu cabang dari ilmu yang mempelajari tentang asas asas produksi.

Kemudian, ada distribusi, dan pemakaian barang barang, serta kekayaan, misalnya seperti keuangan, perindustrian, perdagangan maupun investasi.

Nah dalam proses dan perkembangannya, dimana telah mengalami perubahan yang begitu pesat. Aktivitas ekonomi mengalami perubahan seperti adanya penggunaan teknologi.

Dalam pelaksanaan ekonomi seperti penggunaan mesin mesin dalam membantu pekerjaan manusia, dan sistem teknologi yang memudahkan aktifitas produksi maupun pendistribusian.

Oleh karena itu, dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek, cepat atau lambat juga akan membawa dampak, serta pengaruh lainnya.

Misalnya berbagai permasalahan muncul di dalam ekonomi yang ada pada setiap kehidupan manusia sehari harinya.

Lalu apa saja berbagai permasalahan dalam ekonomi yang ada di masyarakat ? 

Berikut beberapa masalah atau permasalahan yang kerap kita saksikan dalam bidang ekonomi di masyarakat sehari-harinya yaitu :

1. Kesenjangan ekonomi, pendapatan atau penghasilan

2. Terbatasnya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak

3. Perubahan zaman yang menggerus pekerjaan manusia

4. Kemiskinan terjadi di masyarakat karena ketidakadilan sebaran kekayaan

5. Pengangguran yang semakin bertambah dan meningkat

6. Terjadinya inflasi 

7. Daya beli stagnan atau bahkan menurun di masyarakat

8. Penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran

9. Masih ada masyarakat yang hidup kelaparan atau kebutuhan hidup tidak terpenuhi

10. Terkendala dalam pendistribusian barang, produk akibat pembangunan yang tidak merata

Nah itulah beberapa daftar permasalahan di dalam bidang ekonomi yang kerap terjadi di kehidupan masyarakat dari suatu negara.

Ada 12 Upaya Penyelesaian Permasalahan dalam Bidang Ekonomi

Berikut dibawah ini beberapa langkah dan upaya dalam melakukan penyelesaian terhadap permasalahan dalam bidang ekonomi di masyarakat yaitu :

1. Menghindari Adanya Pasar yang Monopolistik 

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menyelesaikan masalah di bidang ekonomi yaitu dengan mengembangkan persaingan bisnis dan usaha yang sehat, adil. 

Dimana dapat menghindarkan terjadinya suatu struktur pasar yang monopolistik di masyarakat. Maupun berbagai struktur pasar yang merugikan masyarakat luas. 

2. Mengoptimalkan Peran Pemerintah dan Masyarakat

Lalu bagaimana caranya agar masyarakat tidak dirugikan oleh adanya kecurangan dalam pasar ? 

Nah perlu adanya keterlibatan peran dari pemerintah yang dengan cara melakukan.

Dan mengoptimalkan perannya sebagai mengoreksi ketidaksempurnaan dari pasar tidak sehat tersebut. 

Kemudian, melakukan suatu perbaikan dengan menghilangkan seluruh hambatan yang dapat menganggu mekanisme pasar. 

Melalui berbagai regulasi, layanan publik yang baik, subsidi yang merata, serta insetif yang diberikan secara transparan, dan adanya aturan undang-undang yang memihak masyarakat.

3. Mengembangkan Sistem Dana Jaminan Sosial

Upaya selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ekonomi yaitu dengan memberikan dan mengupayakan kehidupan manusia yang layak. 

Begitu juga atas dasar kemanusian yang adil bagi setiap individu, kelompok. 

Terkhususnya diberikan kepada masyarakat rentan, miskin, dan anak anak yang terlantar di jalananan. 

Sistem yang bisa dilakukan yaitu dengan mengembangkan dana jaminan sosial melalui program pemerintah dan swasta yang ikut juga terlibat.

4. Menumbuhkan Usaha dan Kreativitas Masyarakat

Kemudian ada cara selanjutnya dengan memberikan kesempatan setiap masyarakat untuk mengembangkan dan menumbuhkan usaha, bisnis, kreatifitas, inovasi, dan membuat hal baru. 

Dengan juga dalam kesempatan itu dimana pendistribusiannya bisa dilakukan secara efektif, mudah, efisien serta birokrasi yang tidak ribet dan ada undang undang yang mengatur. 

Jadi ada kekuatan hukum yang mengikatnya. Sehingga tidak sembarang dalam membuat karya dan adanya hak pada setiap karya tersebut.

5. Mengembangkan Kebijakan Industri, Perdagangan dan Investasi

Hal ini perlu dan menjadi penting dilakukan agar dapat meningkatkan daya saing secara global. Serta dilakukannya dengan membuka aksesibilitas yang sama terhadap kesempatan kerja. 

Serta dalam memberi kesempatan untuk masyarakat berusaha yang mana dilakukan melalui suatu keunggulan daerah yang kompeitif. 

Utamanya dalam basis keunggulan sumber daya alam, sumber daya manusia. 

Dengan jalan menghilangkan atau menghapus bentuk perlakuan diskriminatif dan menghilangkan hambatan yang menutup akses tersebut bagi masyarakat.

6. Melakukan Pemerdayaan Pengusaha Kecil, Menengah, dan Koperasi

Upaya selanjutnya yaitu dengan mengembangkan dan melakukan pemerdayaan kepada pelaku usaha kecil, menengah, dan koperasi. 

Ini tujuannya adalah untuk pengefisiensian, meningkatkan produktifitas, serta meningkatkan daya saing dari produk atau barang pelaku usaha tersebut. 

Serta dengan menciptakan suasana yang kondusif, membuka peluang usaha yang lebih luas. 

7. Bantuan Fasilitas dari Negara secara Efektif dan Efisien

Begitu dalam hal memberikan bantuan kepada masyarakat yang mana negara memberikannya secara selektif. 

Utamanya dalam bentuk perlindungan dari upaya persaingan yang tidak sehat. Kemudian, bantuan pendidikan, pelatihan.

Selanjutnya, pengembangan bisnis, strategi bisnis dan teknologi, permodalan, dan memberi rekomendasi lokasi atau tempat usaha kepada masyarakat.

8. Mempercepat dan Mendorong Pembangunan Infrastruktur

Nah selanjutnya yaitu dengan mempercepat dan mendorong dari pembangunan yang dilakukan di masyarakat. Terutamanya pembangunan berbagai kebutuhan infrastruktur pendukung.

Didalam menjalankan perekonomian di berbagai bidang dalam masyarakat, sebut saja misalnya infrastruktur jalan, pelabuhan, bandara, dan lainnya yang penting untuk dipercepat.

9. Memberikan dan Mendorong Kesempatan Masyarakat Menempuh Pendidikan

Tidak mencegah masyarakat dalam melanjutkan pendidikannya, justru seharusnya pemerintah, negera membuka peluang pendidikan kepada semua orang.

Dengan berbagai kerjasama atau beasiswa yang dapat diberikan kepada masyarakat yang berpeluang untuk mendapatkan beasiswa tesebut.

Yang mana dilakukan secara seleksi terbuka dan semua orang bisa ikut pendaftaran beasiswa pendidikan dengan transparan.

10. Pengembangan Sumber Daya Manusia sesuai Keterampilan

Perkembangan zaman yang pesat membuaat manusia hidup dalam kebiasaan dan adaptasi dengan menyesuaikan lingkungannya.

Pesatnya kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek, membuat manusia harus dapat mengoptimalkan dirinya sendiri.

Oleh karena itu pengembangan SDM dengan sesuai pada keterampilan atau skill menjadi perlu, dalam merespon kebutuhan pasar atau industri saat ini.

11. Menciptakan dan Membuka Peluang di Sektor Pariwisata

Selanjutnya dengan menciptakan dan membuka peluang baru dalam sektor pariwisata. Ternyata dapat juga mengatasi berbagai masalah ekonomi di masyarakat.

Dengan membaca peluang pariwisata di setiap daerah akan membuka lapangan kerja, dan peningkatan perekonomian di daerah pariwisata tersebut.

12. Mengembangkan Berbagai Potensi Daerah

Masalah ekonomi tidak hanya terjadi di perkotaan bahkan di tingkat desa, dan diberbagai daerah terjadi permasalahan tersebut. 

Oleh karena itu, penting untuk membuat suatu peluang dan menggali potensi daerah masing masing. Dengan cara ini dapat mengatasi masalah ekonomi di daerah tersebut. 

Demikianlah pembahasan dan penjelasan serta ulasan mengenai topik Sebutkan dan Jelaskan Upaya Penyelesaian Permasalahan dalam Bidang Ekonomi.

Sumber Referensi Sosiologi.info : 

Buku PDF Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Edisi Revisi 2018, untuk kelas IX SMP/MTs | Penulis : Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra, Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !