-->

Berikan Masing-Masing Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Politik dan Ekonomi

Berikan Masing-Masing 3 Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Politik dan Ekonomi
Berikan Masing-Masing Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Politik dan Ekonomi

Sosiologi Info - Berikan Masing-Masing 3 Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Politik dan Ekonomi di dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Nah untuk mengetahui jawabannya, mari simak pembahasan dan penjelasan dibawah ini agar dapat memahami topik diatas ya sobat. 

Mengenal Perwujudan Bela Negara

Sobat pernah kah ikut dalam bela negara ? Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai warga negara Indonesia dalam keterlibatan bela negara.

Memang, setiap warga negara Indonesia mempunyai tanggungjawab dan kewajiban yang harus dilaksanakan, dan menjadi pengabdian bersama.

Misalnya dalam hal melakukan bela negara. Perwujudan ini dapat dilakukan diberbagai aspek kehidupan bermasyarakat dalam keseharian di lingkungan masyarakat sekitarnya. 

Perwujudan bela negara ini didasarkan atas dorongan dan rasa memiliki serta rasa cinta seseorang warga Indonesia kepada tanah air, tempat ia dibesarkan. 

Bahkan dalam melakukan bela negara ini, seseorang dapat bersikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. 

Maupun untuk menempatkan persatuan dan kesatuan antar sesama. Apalagi Indonesia masyarakatnya yang majemuk atau beragam. 

Ini juga bagian dari menjaga keutuhan bangsa dan negara serta sebagai langkah langkah menjaga keselamatan bangsa.

Negara diatas kepentingan pribadi maupun golongan, yang utama tetaplah kepentingan umum atau masyarakat luas. 

Oleh karena itu, partisipasi masyarakat semua elemen tanpa terkecuali mestinya dapat ikut melakukan upaya dalam pembelaan terhadap negara. 

Yang mana bela negara ini dapat dilakukan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Mulai dari bidang atau aspek ideologi, politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya, serta pertahanan keamanan. 

Lalu apa saja contoh dari perwujudan bela negara yang dapat dilakukan oleh setiap individu di dalam masyarakat ? 

Mari simak dibawah ini, khususnya contoh perwujudan bela negara dalam bidang politik dan ekonomi di kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Politik 

Ada beberapa langkah dan contoh dari perwujudan bela negara di dalam bidang politik pada setiap masyarakat di Indonesia, yaitu sebagai berikut :

1. Ikut Terlibat Mewujudkan Stabilitas Politik Nasional

Ikut serta dan terlibat dalam menciptakan dan mewujudkan stabilitas politik nasional yang aman, damai, tentram untuk keberlangsungan kehidupan antar masyarakat.

Oleh karena itu jangan sampai ada perselisihan yang menimbulkan konflik yang justru membuat kondusifitas negara tidak terjadi.

Yang mana akan membuat dan merugikan Indonesia sendiri karena dapat merusak citra di masyarakat dunia.

2. Ikut Menyukseskan Pemilihan Umum, Tidak Golput

Begitu juga ikut dalam menyukseskan berbagai pemilihan umum, mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Kemudian ada juga, pemilihan anggota DPR RI dan DPRD, serta berbagai pemilihan terbuka lainnya yang ada di masyarakat

3. Aktif dalam Kegiatan Organisasi Kemasyarakatan

Ikut terlibat dalam organisasi di masyarakat, serta ikut dalam menentukan suara pemilihan ketua organisasi dan pembuatan visi misi organisasi tersebut

4. Sopan dan Bijaksana dalam Menyampaikan Aspirasi Masyarakat

Menyampaikan aspirasi yang dilakukan secara damai oleh masyarakat baik itu yang sifatnya terbuka, lisan dan tertulis.

Yaitu dengan sopan santun dan sikap yang menjunjung tinggi kebersamaan dan kekeluargaan yang telah menjadi konsensus bersama.

Agar perwujudan bela negara dapat dilakukan oleh setiap warga Indonesia yang melangsungkan aktivitasnya sehari hari di masyarkaat. 

5. Bersikap dan Bertindak Kritis 

Selalu dapat bersikap dan bertindak kritis terhadap berbagai permasalahan yang ada di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari

6. Tidak Melakukan Kecurangan atau Penipuan

Tidak berbuat curang pada saat pelaksaan pemilihan umum, pemilihan pilkada, pemilihan legislatif, dan pesat demokrasi lainnya di masyarakat. 

Yaitu dengan tidak melakukan tindakan politik uang atau tidak ada memberikan uang kepada pemilih atau masyarakat yang ada tersebut.

7. Menyampaikan Saran dan Usulan yang Kondusif

Menyampaikan saran dan usulan kepada pihak berwajib secara baik, sopan, dan tertip, tanpa menganggu ketertiban umum di masyarakat.

8. Patuh dan Mentaati Kebijakan Pemerintah

Ikut dalam menerapkan berbagai keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah atau oleh negara untuk diterapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Misalnya seperti kebijakan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang virus sedang melanda dunia dan Indonesia pada khususnya. 

9. Tidak Melakukan Tindakan Korupsi 

Pejabat yang dipercayai oleh masyarakat dalam memimpin roda dan jalannya pemerintahan harus dapat menjaga nama baik dan marwahnya

Oleh karena itu, jangan terjebak pada tindakan korupsi yang membuat malu diri sendiri dan keluarga besar, serta menghilangkan kepercayaan publik.

Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Ekonomi 

Ada beberapa langkah dan contoh dari perwujudan bela negara di dalam bidang ekonomi pada setiap masyarakat di Indonesia, yaitu sebagai berikut :

1. Melakukan Upaya Peningkatan Taraf Hidup

Setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya masing masing menuju yang lebih baik. 

Disinilah upaya yang harus dapat dilakukan oleh setiap warga untuk memenuhi kebutuhan ekonominya sehari-hari. 

2. Selalu Semangat dalam Bekerja untuk Menafkahi Keluarga

Setiap orang mestinya dapat terus mendapatkan penghasilan dan mencari nafkah dalam menghidupi keluarga, maupun dirinya sendiri.

Inilah juga bagian penting dari contoh perwujudan bela negara dalam bidang ekonomi yang dapat diterapkan seluruh masyarakat Indonesia. 

3. Setiap Warga Mendukung dan Melakukan Transaksi Jual Beli

Setiap warga dengan kesadaran melakukan transaksi jual beli yang dilaksanakan berdasarkan keputusan dan kesepakatan bersama.

Serta adanya ketentuan dan syarat yang berlaku sehingga dapat untuk saling menguntungkan satu sama lainnya. 

4. Setiap Warga dapat Mengembangkan, Melakukan Inovasi dalam Bisnis atau Usaha

Setiap warga dapat melakukan pengembangan terhadap usaha kecil, menengah, maupun dalam bentuk koperasi yang ada di masyarakat. 

Dengan cara yang lebih efisien, produktif, dan dapat berdaya saing tinggi dengan negara lain. 

Disinilah dapat membantu perekonomian masyarakat itu sendiri dan meningkatkan pemasukan kepada negara atau dalam hal ini meningkatkan devisa bagi Indonesia.

Nah itulah tadi sekilas mengenai penjelasan diatas tentang Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Ekonomi di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai topik Berikan Masing-Masing Contoh Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Politik dan Ekonomi pada masyarakat Indonesia.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

Buku PDF, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, penulis oleh Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra, Penerbitan oleh Pusat Kurukulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud | Edisi Revisi 2018

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !