-->

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 102, 103, Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 102, 103, Ayo Berlatih
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 102, 103, Ayo Berlatih

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 102,103, Ayo berlatih, subtema 2 pembelajaran 3.

Sebagaimana dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Edisi Revisi 2017 untuk Kelas V SD MI. 

Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI. Penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti.

Adapun daftar materi pembelajaran yang ada di tema 7 kelas 5 SD MI meliputi tiga subtema. Mulai dari subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

Kemudian, subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan, dan subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan.

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas soal soal pembelajaran pada subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan.

Namun perlu diingat ya adik adik dalam proses pembelajaran kali ini, jawaban alternatif yang disajikan tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Silahkan adik adik menjawab soal pertanyaan yang ada dengan kemampuan sendiri, sehingga dapat mengetahui kemampuan adik adik. 

Pembelajaran 3 

Seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita Proklamasi Kemerdekaan. Peristiwa peristiwa heroik pun terjadi di berbagai daerah. 

Pembacaan teks proklamasi memicu semangat pejuang pejuang bangsa mengusir penjajah. Dalam peristiwa pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Ada dua tokoh penting yang mewakili seluruh rakyat Indonesia, yaitu Ir Soekarno dan Drs Moh Hatta. Kedua tokoh tersebut dikenal sebagai Proklamator. 

Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 102,103, Ayo Berlatih, Subtema 2 Pembelajaran 3 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Bagaimanakah reaksi rakyat Indonesia menyambut proklamasi kemerdekaan? 

Jawaban : Masyarakat Indonesia sangat senang sekali, hal ini dikarenakan jika merdeka sudah tidak ada lagi penjajahan. 

Masyarakat merasa apabila saat dijajah mereka kelaparan, busung lapar dimana-mana dan penuh tekanan serta paksaan. 

Perjuangan yang dilakukan untuk mengusir penjajah ternyata nggak sia-sia. Semangat berjuang dan pantang menyerah juga membuahkan hasil. Persatuan dan kesatuan harus terjaga. 

2. Apa yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya pada tanggal 19 September 1945? 

Jawaban : Yang terjadi di hotel yamato surabaya tanggal 19 september 1945 adalah orang belanda mengibarkan bendera merah putih biru di atap hotel. 

Hotel yamato berada di kawasan tunjungan surabaya. Akibat bendera belanda yang berkibar membuat arek-arek surabaya tergerak hatinya untuk menyobek warna biru pada bendera. 

Arek-arek surabaya menyerbu hotel dan menurunkan bendera tersebut. Setelah bendera di robek, yang tersisa hanya warna merah dan putih. Setelah itu, bendera dikibarkan kembali 

3. Peristiwa apa yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Muda di Semarang? 

Jawaban : Peristiwa yang menjadi latar belakang berdirinya tugu muda di semarang adalah tewasnya ribuan pemuda dan orang-orang jepang pada tanggal 15 oktober 1945. 

Pada tanggal tersebut, semarang terjadi penyerangan oleh pasukan jepang terhadap kota semarang. 

TKR dan laskar pejuang turut membendung agar pasukan jepang tidak memasuki kota semarang dan memporak porandakan kota tersebut. 

Akan tetapi, perjuangan tidak mudah. Dibutuhkan waktu 5 hari agar jepang benar-benar hilang dari kota semarang. 

Sehingga untuk menghargai dan menghormati perjuangan rakyat tersebut dibuatlah tugu muda. 

4. Mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang? 

Jawaban : Hal ini disebabkan karena jepang menghambat pemuda bali untuk menegakkan kedaulatan RI. 

Ada 2 organisasi yang dibentuk oleh pemuda bali yaitu angkatan muda Indonesia atau AMI dan pemuda republik Indonesia atau PRI. 

Sehingga pada tanggal 13 desember 1945, pemuda merebut kekuasaan Jepang secara serentak, akan tetapi, masih belum berhasil sebab persenjataan jepang masih kuat. 

5. Apa yang dilakukan oleh rakyat Kalimantan dalam menyambut Proklamasi Kemerdekaan ? 

Jawaban : Yang dilakukan oleh rakyat Kalimantan adalah mengibarkan bendera merah putih, memakai lencana merah putih dan mengadakan rapat. 

Akan tetapi, ada pasukan sekutu yang melarang kegiatan-kegiatan itu dilakukan oleh masyarakat Kalimantan. Akan tetapi, rakyat tidak menghiraukan larangan tersebut. 

Mereka tetap bersikeras menyambut proklamasi kemerdekaan dengan berkumpul di Balikpapan pada tanggal 14 november 1945 dengan membawa bendera merah putih

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 102,103, Ayo berlatih, semoga bermanfaat ya adik-adik.

Sebagaimana dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Edisi Revisi 2017 untuk Kelas V SD MI. 

Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI. Penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti.

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !