-->

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 117

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 117, Ayo Berdiskusi, Subtema 2 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 117

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 117, Ayo berdiskusi, subtema 2 pembelajaran 4. 

Seperti dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua.

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Adik adik dalam materi pembelajaran di tema 7 ini terbagi atas tiga subtema, yaitu subtema 1, 2, dan 3. Pembahasan subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan. 

Selanjutnya pembahasan di subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Kemudian bagian subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan.

Itulah beberapa materi pembahasan di dalam Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan untuk siswa/siswi kelas 5 SD MI.

Namun pada kesempatan kali ini adik adik hanya akan memahami materi soal pada subtema 2 pembelajaran 4 saja.

Pembelajaran 4

Setelah peristiwa proklamasi kemerdekaan, ada pekerjaan sangat penting yang harus dikerjakan. Pekerjaan itu adalah pembentukan negara kesatuan Indonesia. 

Banyak peristiwa dalam proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 117, Ayo Berdiskusi, Subtema 2 Pembelajaran 4 

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini. 

Ulasan teks 

Judul teks : Peran Soekarno dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia 

Bagian yang paling menarik : Perjuangan soekarno dalam kemerdekaan Indonesia banyak sekali, hal ini bisa dilihat ketika soekarno mendirikan berbagai organisasi agar bisa membantu Indonesia meraih kemerdekaan. 

Informasi penting : soekarno mendirikan PNI atau partai nasional Indonesia yang berdiri tanggal 4 Juli 1927. 

Tujuan didirikannya PNI adalah menuntut kemerdekaan Indonesia dari penjajah belanda. 

Rasa nasionalisme yang terlalu besar pada partai ini, membuat soekarno ditangkap oleh pemerintah Belanda tanggal 29 Desember 1929. 

Soekarno dipenjara kurang lebih 4 tahun di penjara sukamiskin, provinsi bandung. Tak hanya itu saja, soekarno selepas dari penjara juga diasingkan ke bengkulu pada tahun 1938. 

Nggak habis idenya untuk membentuk pergerakan lagi, soekarno membentuk empat serangkai. 

Empat serangkai ini merupakan pergerakan kelompok nasionalis yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan jepang. 

Empat serangkai ini beranggotakan soekarno, mohammad hatta, ki hajar dewantara, dan KH. Mas mansyur. 

Akan tetapi, empat serangkai ini sangat licik idenya. Mereka rela bekerja sama dengan pemerintah jepang agar mendapatkan dukungan untuk kemerdekaan Indonesia. 

Namun, namanya itikad jelek tentu akan dibalas jelek juga. Hal ini terbukti dengan, jepang malah memanfaatkan balik Indonesia dengan mengambil kekayaan Indonesia dan memperbudak rakyat Indonesia menjadi kerja paksa atau romusha. 

Tak hanya itu saja, soekarno  juga ikut dalam perumusan pancasila. Tidak hanya hadir saja loh, soekarno juga turut menyumbangkan ide tentang sila pancasila pada tanggal 31 mei 1945. 

Akan tetapi, setelah melalui berbagai perundingan, lahirlah pancasila yang gagasannya dimusyawarahkan dan yang terbaik sebagai dasar negara Indonesia. 

Soekarno juga berperan dalam PPKI, hal ini bisa dilihat beliau menjadi ketua PPKI. PPKI merupakan sebuah panitia yang mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan dibentuk pada tanggal 7 agustus 1945. 

Namun, perjuangan soekarno dalam memperjuangkan Indonesia tak hanya sampai itu saja. Soekarno diculik ke rengasdengklok dan dipaksa oleh golongan muda untuk segera memproklamasikan Indonesia. 

Sehingga soekarno membuat teks proklamasi di rumah laksamana maeda, dan menyatakan jika Indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945, jam 10.00 WIB. 

Atas jasa soekarno ini lah bangsa Indonesia bisa merdeka seperti sekarang. 

Pendapat saya tentang teks ini : bagus dan banyak banget perjuangan soekarno, sehingga tidak salah jika beliau mendapatkan gelar sebagai pahlawan kemerdekaan dan bapak proklamator. 

Saya menyarankan teks ini karena menumbuhkan rasa nasionalisme di dalam diri kita, selain itu kita juga mengerti jika negara hendak merdeka butuh banyak perjuangan, sehingga kita bisa lebih semangat mempertahankan kemerdekaan. 

1. Jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebardjo !

Jawaban : Ahmad soebardjo berperan dalam menyongsong kemerdekaan Indonesia, bisa dilihat pada saat golongan tua dan golongan muda bentrok karena ingin merdeka. 

Ahmad soebardjo berperan sebagai penengah, agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan dan memberikan solusi terbaik saat peristiwa rengasdengklok. 

Tak hanya itu saja, Ahmad soebardjo juga menyumbang kalimat pada bagian pertama naskah proklamasi yang berbunyi “kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia” 

2. Kemukakan hal yang dapat kamu pelajari dari kisah peran dan perjuangan Ahmad Soebardjo! 

Jawaban : Apabila teman kita sedang konflik dengan orang lain, walau pendapatnya bagus, tetap saja harus dilerai. Nggak boleh malah ditanggapi oleh didukung. 

Harus dimusyawarahkan yang terbaik dan bermanfaat bagi semuanya, selain itu juga nggak boleh mengambil keputusan secara tergesa-gesa. 

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 117, Ayo berdiskusi , semoga bermanfaat ya adik-adik 

Sebagaimana dilansir dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7, Peristiwa dalam kehidupan

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. Buku ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan edisi revisi tahun 2017

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !