-->

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 202, Kerja Sama dengan Orang Tua

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 202, Kerja Sama dengan Orang Tua
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 202, Kerja Sama dengan Orang Tua

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 202, Kerja Sama dengan Orang Tua, subtema 3 pembelajaran 6.

Sebagaimana dilansir dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7, Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua. 

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Adik – adik perlu dipahami bahwa dalam materi pembelajaran di tema 7 ini terbagi atas tiga subtema, yaitu subtema 1,2, dan 3. 

Untuk subtema 1 membahas tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan. Sedangkan subtema 2 membahas tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. 

Untuk subtema yang terakhir yaitu subtema 3 membahas tentang peristiwa mengisi kemerdekaan. Selain itu juga, ada karyaku prestasiku (literasi dan kegiatan proyek). 

Itulah beberapa materi pembahasan di dalam tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan untuk siswa/siswi kelas 5 SD MI.  

Namun, pada kesempatan kali ini adik-adik hanya akan memahami materi soal pada subtema 4 pembelajaran 1 saja. 

Perlu diingat ya adik-adik, bahwa kunci jawaban alternatif yang disajikan dibawah ini hanyalah sebagai bahan tambahan dalam belajar. 

Tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen, silahkan adik-adik menambah referensi bacaan lainnya yang relevan. 

Disarankan adik-adik juga menjawab dulu semampunya pertanyaan dari soal yang diberikan, sehingga dapat mengetahui kadar kemampuan diri sendiri. 

Terhadap soal pertanyaan latihan yang diberikan tersebut. Setelah menjawab semampunya barulah sandingkan atau bandingkan jawaban tersebut dengan jawaban alternatif di bawah ini. 

Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 202, Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah cerita tentang pengorbanan orang tua terhadapmu sebagai perwujudan sikap rela berkorban!

Jawaban : 

Orang tua ku rela berkorban demi aku, hal ini bisa dilihat ketika mama aku mengandung aku selama 9 bulan. 

Beliau rela berkorban, makan tidak enak bawaannya ingin mual, tidur juga tidak enak. Apalagi mama kerja, tentu juga harus memikirkan pekerjaan. 

Belum lagi kalau ada masalah di kantor dan aku lagi rewel di perut. Mengonsumsi obat dan banyak pantangan merupakan sikap rela berkorban yang dilakukan oleh mama saat mengandungku. 

Setelah aku lahir, tentu membutuhkan biaya yang banyak untuk membayar rumah sakit dan mencukupi kebutuhanku. 

Orang tua ku dua-dua nya pekerja keras, dari pagi hingga petang, sehingga aku sering dititipkan ke orang lain. 

Ketika aku sudah menginjak umur 3 tahun, aku masuk sekolah full day dari senin hingga sabtu. Banyak biaya yang dikeluarkan oleh orang tuaku agar aku sekolah. 

Aku sekolah agar aku mengerti tentang pendidikan sejak kecil dan agar aku mandiri. Apalagi di sekolahku juga diperkenalkan mengaji, bercocok tanam, membaca, dan berbagi dengan sesama. 

Ketika hujan, aku tetap dijemput oleh orang tua ku. Sampai aku rela memakai kantong plastik agar kepala ku tidak terkena air hujan karena saat itu orang tua ku belum memiliki uang untuk beli jas hujan. 

Aku juga aktif mengikuti lomba di sekolah, orang tua ku menyempatkan waktu untuk datang ke lomba ku. Apalagi kalau aku memang, aku senang dan bangga karena bisa membawa piala pulang ke rumah. 

Ketika karnaval, orang tua aku juga hadir. Semua pakaian adat dari berbagai daerah sudah aku pakai. Hingga akhirnya aku masuk SD, orang tua aku juga berjuang. 

Membangunkan ku lebih awal, mencarikan aku bangku saat duduk di kelas satu, menunggu aku di luar kelas, takut kalau aku menangis. 

Ketika ada acara pembagian raport, orang tua aku selalu datang walau sedang masuk kerja. Hal ini dikarenakan orang tua aku ingin mengerti bagaimana perkembangan anaknya di sekolah. 

Orang tua aku juga mengajariku tentang pelajaran atau tugas yang diberikan oleh guru. Ketika aku nggak bisa atau nggak paham, aku akan diajari hingga paham. 

Tugas-tugas yang diberikan oleh ibu guru juga terkadang dibantu oleh orang tua. Orang tua selalu memberikan aku uang jajan, agar aku semangat sekolah. 

Aku juga les, karena aku ingin masuk di SMP negeri dan mendapatkan nilai terbaik saat ujian. 

Nah itulah penjelasan dari soal soal pertanyaan yang ada dalam materi pembelajaran kelas 5 SD MI tema 7 semoga dapat membantu.

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 202, Kerja Sama dengan Orang Tua, semoga bermanfaat ya adik-adik 

Sebagaimana dilansir dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7, Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua. 

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !