-->

Mengapa Hal Tersebut Menjadi Polemik Atau Kontroversi di Lingkungan Masyarakat ? Jelaskan !

Mengapa hal tersebut menjadi polemik atau kontroversi di lingkungan masyarakat ? Jelaskan ! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 175
Mengapa Hal Tersebut Menjadi Polemik Atau Kontroversi di Lingkungan Masyarakat ? Jelaskan !

Sosiologi Info - Berikut pembahasan soal Mengapa hal tersebut menjadi polemik atau kontroversi di lingkungan masyarakat ? Jelaskan ! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 175 Kurikulum Merdeka.

Melansir dari buku pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 SMA/SMK, cetakan pertama 2021. 

Dengan penulis buku oleh Fadillah Tri Aulia, Sefi Indra Gumilar. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Adik adik dalam pembahasan materi pembelajaran kali ini di BAB 6 Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi. 

Ada beberapa pembahasan yang dibagi menjadi beberapa sub bagian, mulai dari bagian A. Memahami Diksi dalam Teks Puisi yang Dibacakan.

Selanjutnya, bagian B. Memahami Teks Diskusi dan Menilai Efektivitas Diksi, Rima dan Tipografi dalam Teks Puisi.

Kemudian, bagian C. Mengidentifikasi tema dan suasana dalam teks puisi, bagian D. Menyajikan musikalisasi puisi secara kreatif.

Selanjutnya, bagian E. Menulis tanggapan terhadap antalogi puisi secara logis dan kritis, bagian F. Menyajikan pembacaan puisi dengan ekspresif dan kreatif.

Terakhir materi pembelajaran di bagian G. Jurnal membaca, dan bagian H. Refleksi. Nah itulah beberapa materi pembelajaran yang akan adik adik pelajari.

Untuk pembahasan materi pembelajaran dalam kesempatan ini ada di Bagian B. Memahami Teks Diskusi dan Menilai Efektivitas Diksi, Rima, dan Tipografi dalam Teks Puisi. 

Pada bab ini lah adik adik mempelajari secara mendalam teks puisi melalui berbagai aktivitas pembelajaran. 

Setelah melalui berbagai aktivitas pembelajaran tersebut, adik adik diharapkan mampu memahami, menganalisis, menilai, menanggapi dan membacakan puisi dengan baik. 

Sekilas Memahami Tentang Jenis Puisi

Puisi memiliki berbagai macam jenis. Berdasarkan kurun waktunya, dikenal puisi lama (mantra, karmina, gurindam, pantun, puisi, gurindam, syair, talibun, dan lainnya). 

Sementara puisi baru yang bentuknya tidak lagi terikat seperti puisi lama (balada, elegi, epigram, himne, ode, satire, dan lain lainnya. 

Berdasarkan isi puisinya dikenal pula jenis puisi naratif, puisi deskriptif, puisi lirik, dan lainnya.

Bahkan belum lama ini muncul jenis puisi esai yang mengundang kontroversi di kalangan penyair dan pengamat sastra. 

Beberapa ada yang mendukung / pro adanya puisi esai, tetapi tidak sedikit pula yang menentang / kontra. 

Untuk lebih memahami informasi puisi esai dan pro kontra tentangnya, adik adik dapat mencermati teks diskusi di bawah ini, tentang Pro dan Kontra Puisi Esai. 

Mari simak Kunci Jawaban Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 175, Kegiatan 1, Kurikulum Merdeka.

Berikut soal dan jawabannya. Setelah membaca dengan saksama teks di atas, bentuklah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa. Kemudian, lakukan diskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini !

Mengapa hal tersebut menjadi polemik atau kontroversi di lingkungan masyarakat ? Jelaskan ! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 175 Kurikulum Merdeka

Jawabannya : 

Dimana puisi esai menjadi polemik karena menghadirkan karya yang sangat berbeda dari puisi sebelumnya yang sudah ada, serta keluar dari pakem yang ada dalam puisi selama ini disepakati bersama.

Nah itulah tadi pembahasan dan penjelasan mengenai soal pertanyaan yang ada di materi pembelajaran BAB 6, semoga dapat bermanfaat ya.

Demikian ulasan tentang Mengapa hal tersebut menjadi polemik atau kontroversi di lingkungan masyarakat ? Jelaskan ! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 175 Kurikulum Merdeka.

Melansir dari buku pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 SMA/SMK, cetakan pertama 2021. 

Dengan penulis buku oleh Fadillah Tri Aulia, Sefi Indra Gumilar. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Perlu diingat bahwa jawaban yang disajikan oleh tim redaksi tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Disarankan adik adik juga menambah bacaan dan mengeksplorasi jawaban relevan lainnya, agar mendapatkan pemahaman yang komprehensif juga.

#Disclaimer :

1. Kunci jawaban diatas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen

2. Silahkan adik adik mencari jawaban relevan lainnya

3. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan referensi saja.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !