-->

30 Contoh Soal PTS UTS PKN Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Ada 30 Contoh Soal PTS UTS PKN Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 2 dan Kunci Jawabannya
30 Contoh Soal PTS UTS PKN Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Sosiologi Info - Berikut ini kisi kisi kumpulan Contoh Soal PTS UTS PKN Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Belajar Semester 2 dan Kunci Jawabannya terbaru 2023.

Inilah soal soal PTS UTS untuk materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 SMP/MTs.

Adapun kisi kisi soalnya ini dari berbagai referensi dan kumpulan soal PKN yang diolah oleh tim redaksi dengan baik dan cermat serta teliti. 

Bagi sobat pembaca yang sedang mencari referensi bahan belajar untuk memahami soal soal penilaian tengah semester maupun ujian tengah semester.

Dengan memahami soal soal UTS atau PTS yang ada maka adik adik akan dapat memiliki pemahaman tentang topik yang dibahas.

Begitu juga adik adik dapat dengan percaya diri saat menghadapi dan mengerjakan soal PTS UTS yang diberikan oleh bapak ibu guru di sekolah. 

Sebelum sobat menyimak beberapa soal soal PTS UTS nya tersebut, mari simak dulu penjelasan dibawah ini dengan saksama. 

Memahami Kurikulum Merdeka Belajar

Sobat pembaca, sebagian sudah pasti tidak asing lagi dengan pembelajaran kurikulum merdeka. Namun, masih ada sebagian yang belum tahu.

Lantas apa itu kurikulum merdeka ? Dilansir dari laman https://ditpsd.kemdikbud.go.id pada Senin, 06 Maret 2023.

Menuliskan kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam.

Dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

Dimana guru akan memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran.

Dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik di satuan pendidikan atau sekolah masing masing. 

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. 

Sekadar informasi dalam struktur kurikulum merdeka SMP atau MTs yang mana telah diatur oleh SK Mendikburistek No 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 

Dimana SK Menteri tersebut mengatur tentang struktur kurikulum mulai pada jenjang PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah, SLB, dan Kurikulum Kesetaraan (Paket A, B, dan C). 

Nah untuk pembahasan kali ini perihal kisi kisi kumpulan soal UAS untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN jenjang SMP/MTs. 

Yang mana pada jenjang SMP/MTs hanya ada 1 fase yaitu masuk dalam Fase D. 

Namun, struktur kurikulumnya atau beban belajar terbagi menjadi dua bagian struktur yaitu untuk kelas 7 dan 8 serta kelas 9. 

Nah pada kesempatan pembahasan kali ini kita akan mencoba mengumpulkan kumpulan soal soal PTS UTS mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN untuk kelas 7 SMP/MTs.

Ada 30 Contoh Soal PTS UTS PKN Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Berikut ini soal dan pembahasannya dari mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) untuk kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka semester 2 terbaru 2023.

Klik disini, file download pdfnya sekarang materi kumpulan kisi kisi soal PTS UTS Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 SMP/MTs.

Nah itulah beberapa pembahasan penting mengenai kisi kisi kumpulan soal PTS, UTS PKN kelas 7 SMP terbaru kurikulum merdeka untuk dijadikan bahan referensi. 

Demikian penjelasan dan pembahasan tentang Ada 30 Contoh Soal PTS UTS PKN Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 2 dan Kunci Jawabannya.

Itulah tadi kisi kisi kumpulan soal soal PTS atau UTS mata pelajaran PKN kelas 7 SMP kurikulum merdeka untuk semester 2.

Sebagai bahan referensi belajar memahami soal soal PTS, UTS yang ada sebelum sebelumnya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya. 

#Disclaimer :

1. Soal dan kunci jawaban soal PTS, UTS diatas hanyalah sebagai bahan tambahan referensi saja. Tidak menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.2

2. Sobat pembaca silahkan menambah rujukan dan referensi relevan lainnya yang ada di internet maupun di dalam buku ajar yang digunakan.

3. Soal dan jawaban yang disajikan hanya untuk tambahan bahan belajar saja. Disarankan sobat pembaca untuk menambah referensi lainnya yang relevan.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !