-->

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105 Subtema 2 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105 Subtema 2 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105 Subtema 2 Pembelajaran 3

Sosiologi Info - Berikut pembahasan tentang Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105 Subtema 2 bagian pembelajaran 3.

Materi pembelajaran kali ini yang akan kita bahas dalam kesempatan ini yaitu Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar. 

Seperti dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 buku siswa SD/MI kelas VI, cetakan ke 2 tahun 2018.

Buku siswa ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Dengan penulis oleh Diana Karitas, Ari Subekti, Heni Kusumawati, Fransisca Susilowati. 

Adik adik dalam materi pembelajaran tema 9 ini dibagi menjadi tiga subtema pembelajaran. Dimana untuk materi pembelajaran Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan.

Selanjutnya, Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya, serta Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa, dan bagian akhir Aku Cinta Membaca.

Kemudian dalam setiap subtema tersebut dibagi lagi menjadi beberapa bagian pembelajaran mulai dari pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6. 

Nah pada kesempatan pembahasan proses materi pembelajaran kali ini kita hanya akan membahas soal soal yang ada di subtema 2. 

Mulai dari bagian pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6. Perlu diingat ya adik adik pembahasan dan jawaban alternatif yang diberikan.

Tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen. Disarankan agar adik adik dapat menjawab sendiri dulu dengan kemampuan yang dipunya.

Setelah menjawab dengan kemampuan sendiri, maka adik adik dapat menyandingkan jawaban tersebut dengan jawaban alternatif dibawah ini ya.

Mari simak pembahasan dan penjelasan materi pembelajaran yang ada pada subtema 2 kali ini dengan saksama ya adik adik. 

Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya

Pembelajaran 3

Saat ini manusia telah mampu mengamati luar angkasa dengan lebih detail dan cepat. Ini merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang cepat dan canggih. 

Sejak manusia meluncurkan teleskop bernama Hubble, informasi yang didapatkan tentang keadaan di luar angkasa semakin jelas dan cepat.

Nah setelah adik adik memahami penjelasan diatas, mari simak pembahasan soal pertanyaannya dibawah ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105 Subtema 2 Pembelajaran 3

Berikut ini soal dan jawabannya, yaitu : 

Ayo Berdiskusi

Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Berdasarkan artel diatas, bersama teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahun dengan saksama peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Jelaskan juga bagaimana peristiwa peristiwa itu berhubungan dengan sila sila dalam Pancasila. 

Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Jawabannya : 

> Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila pertama adalah saling menghormati antar pemeluk agama

> Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kedua adalah tidak membeda bedakan teman berdasarkan suku, agama, ras dan lainnya

> Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila tiga adalah memilih menggunakan produk dalam negeri daripada produk impor

> Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila keempat adalah tidak memaksakan pendapat sendiri kepada orang lain

> Contoh peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang berhubungan dengan sila kelima adalah ikut memberikan sumbangan bagi korban bencana alam

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompok carilah artikel artikel di majalah atau surat kabar yang menjelaskan tentang peristiwa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat kita. 

Lakukan penelaahan terhadap peristiwa tersebut dan hubungkan dengan sila sila dalam Pancasila yang berhubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Presentasikanlah hasil pekerjaan mu di depan kelas

Jawabannya : 

Laz Harfa Berangkatkan Relawan Bantu Korban Gempa Majene

Sumber : republika.co.id

"Bantuan awal yang diberikan untuk tanggap bencana ini berupa dapur umum, makanan cepat saji, pakaian, selimut dan kebutuhan lain yang memang sangat dibutuhkan saat ini," ungkap Indah.

Indah juga mengatakan bahwa dalam jangka Panjang Laz Harfa akan mendampingi para penyintas secara berkelanjutan. 

"Untuk selanjutnya, LAZ Harfa akan melakukan proses pemberdayaan menggerakkan ekonomi warga yang terdampak bencana," pungkas Indah. 

Sampai saat ini LAZ Harfa juga terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu membantu para korban bencana Gempa di Majene, Sulawesi Barat yang saat ini sangat membutuhkan bantuan. 

Selain itu, LAZ Harfa juga turut merespons bencana lainnya yang terjadi di Indonesia di mulai dari Longsor Sumedang. 

Meletusnya Gunung Semeru hingga banjir di Kalimantan Selatan. 

LAZ Harfa kuatkan Indonesia dengan kepedulian kepedulian dari para donatur, muzzaki, komunitas, masjid, sekolah sekolah dan semua elemen masyarakat lainnya baik.

Telaah : 

Kegiatan yang dilakukan LAZ Harfa sesuai dengan sila kedua Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. 

Mereka menunjukkan nilai kemanusiaan yang menekankan pada rasa kasih sayang yang beradab. 

Kegiatan yang mereka lakukan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Itulah pembahasan dan penjelasan untuk soal pertanyaan yang ada pada materi pembelajaran 3 subtema 2 tema 9 kelas 6 SD MI. Semoga bermanfaat ya adik adik.

Demikianlah ulasan untuk soal pertanyaan dan Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105 Subtema 2 bagian pembelajaran 3.

Seperti dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 buku siswa SD/MI kelas VI, cetakan ke 2 tahun 2018.

Buku siswa ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Dengan penulis oleh Diana Karitas, Ari Subekti, Heni Kusumawati, Fransisca Susilowati. 

#Disclaimer : 

1. Kunci jawaban alternatif yang disajikan diatas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

2. Adik adik perlu mengeksplorasi dan menambah referensi lain yang relevan dengan soal pertanyaan tersebut diatas.

3. Jawaban diatas hanya sebagai tambahan referensi dalam proses memahami materi belajar yang akan dipelajari. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !