-->

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Faktor Penyebab Terjadinya Ketimpangan, Bagaimana Cara Mengatasinya

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 4 Kurikulum Merdeka Faktor Penyebab Terjadinya Ketimpangan, Bagaimana Cara Mengatasinya
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Faktor Penyebab Terjadinya Ketimpangan, Bagaimana Cara Mengatasinya

Sosiologi Info - Berikut pembahasan tentang Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 8 Kurikulum Merdeka. 

Adapun soal pertanyaan dalam siswa aktif dalam mata pelajaran PPKN untuk kelas 8 SMP/MTs sederajat yaitu Faktor Penyebab Terjadinya Ketimpangan.

Kemudian Bagaimana Cara dan Strategi mengurangi dan mengatasinya ? Melansir dari buku pdf online mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Atau disingkat PPKN maupun disingkat PKN untuk siswa SMP Kelas VIII, ditulis oleh Muhammad Sapei, Trezadigjaya, dan Prayoga. 

Dengan penerbit oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama tahun 2021. 

Adik adik pelajar, dalam materi pembelajaran yang akan dibahas dalam pelajaran PPKN ini terbagi menjadi enam bab. 

Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas soal soal pertanyaan yang ada pada bagian BAB I Kedudukan dan Fungsi Pancasila. 

Adapun materi yang akan dipelajari dalam sub bab ini meliputi bagian A. Pancasila sebagai dasar negara, bagian B. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

Bagian C. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, bagian D. Pancasila sebagai kepribadian bangsa, dan bagian E. Pancasila sebagai cita cita dan tujuan bangsa. 

Selanjutnya, ada pembahasan untuk ringkasan materi, refleksi, tautan pengayaan dan uji kompetensi. Tujuan pembelajaran dalam BAB I ini meliputi : 

1. Peserta didik mampu menjelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila

2. Peserta didik mampu menghayati pentingnya kedudukan dan fungsi Pancasila

3. Peserta didik mampu mempraktikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

Nah itulah beberapa penjelasan penting tentang materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang ada pada bagian BAB I Kedudukan dan Fungsi Pancasila. 

Selanjutnya mari kita simak soal pertanyaan yang ada di bagian BAB I dibawah berikut ini. Baca dengan saksama ya adik adik. 

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Faktor Penyebab Terjadinya Ketimpangan, Bagaimana Cara Mengatasinya

Berikut soal dan jawabannya, yaitu : 

Siswa Aktif

Berdasarkan data dari Credit Suisse Global Wealth Databooks, disebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat keempat dunia dalam hal ketimpangan distribusi kekayaan negara.

Di bawah Rusia, India, dan Thailand. Angka statistiknya menyebutkan 1% populasi menguasi 49,3% kekayaan negara. 

Diskusikan bersama kelompokmu, melihat data di atas,  apakah ini merupakan data dan fakta terjadinya penyimpangan nilai sila kelima Pancasila.

Yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehdiupan berbangsa dan bernegara ?

Apakah faktor faktor yang menyebabkan terjadinya ketimpangan tersebut ? Bagaimana cara dan strategi mengurangi dan mengatasinya ? 

Lalu, presentasikan di depan kelas dan lakukan diskusi antar kelompok.

Jawabannya : 

Dengan melihat adanya ketimpangan tersebut membuat sila kelima Pancasila terjadinya penyimpangan dalam pengaplikasiannya di kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Apalagi adanya pengaturan tentang kekayaan negara yang dikelola oleh negara untuk kepentingan masyarakat secara luas tidak terpenuhi dengan baik. 

Itu artinya kekayaan negara yang dikelola oleh negara melalui kepala negara dan kepala pemerintahan maupun para pejabat pemerintahannya. 

Sudah tidak berjalan dengan seimbang, karena penguasaan kekayaan negara hanya dimiliki oleh segilintir orang saja, atau sebagian elite pejabat negara saja. 

Dengan hal ini keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tidak nampak pendistribusiannya secara merata. 

Apakah faktor faktor yang menyebabkan terjadinya ketimpangan tersebut ? 

1. Kondisi pendidikan

2. Kondisi demografi

3. Kondisi kesehatan

4. Kesempatan untuk warga negara tidak ada 

5. Kondisi kemiskinan yang timpang, antara orang kaya dan miskin masih banyak yang miskin

6. Adanya perbedaan status sosial

7. Kurangnya sumber daya manusia yang mumpuni di bidang tertentu yang dibutuhkan dunia kerja dan industri

8. Minimnya lapangan kerja untuk masyarakat

Kemudian bisa juga karena kurangnya sumber daya manusia atau masyarakatnya dalam memanfaatkan sumber daya alam, seperti :

1. Tidak adanya atau kurangnya tenaga ahli di bidang tertentu dalam sumber daya alam di Indonesia

2. Sarana dan prasarana infrastruktur yang tidak mendukung dalam pemanfaatan sumber daya alam

3. Kurangnya kemampuan dalam menguasai teknologi bagi sebagian masyarakat masih rendah

4. Adanya kesenjangan ekonomi

Bagaimana cara dan strategi mengurangi dan mengatasi ketimpangan tersebut ? 

1. Memberikan kesempatan pendidikan yang layak kepada seluruh masyarakat

2. Memberikan layanan dan fasilitas infrastruktur yang mendukung 

3. Memberikan pelatihan dan peningkatan soft skil masyarakat di bidang bidang keahlian tertentu.

4. Membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat dalam negerinya sendiri

5. Memberikan pinjaman modal usaha yang inklusif kepada para umkm, dan cara cara lainnya untuk mengatasi ketimpangan tersebut. 

Nah itulah ulasan singkat tentang soal pertanyaan yang dapat adik adik baca untuk menambah wawasan pengetahuan.

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Faktor Penyebab Terjadinya Ketimpangan, Bagaimana Cara Mengatasinya.

Sebagaimana melansir dari buku pdf online mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Atau disingkat PPKN maupun disingkat PKN untuk siswa SMP Kelas VIII, ditulis oleh Muhammad Sapei, Trezadigjaya, dan Prayoga. 

Dengan penerbit oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama tahun 2021. 

#Disclaimer untuk jawaban di atas

1. Kunci jawaban dari soal pertanyaan yang disajikan di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

2. Kunci jawaban alternatif diatas hanyalah sebagai bahan bacaan dan referensi untuk adik adik gunakan dalam proses belajar.

3. Silahkan adik adik menambah rujukan jawaban dari soal pertanyaan tersebut, serta untuk orang tua dapat mendampingi anaknya jika mengerjakan soal tersebut di rumah.

4. Tim redaksi tidak bertanggungjawab jika ada kesalahan dalam jawaban yang disuguhkan di atas, silahkan adik adik gunakan sebagai bahan bacaan saja ya.  

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !