-->

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 10 Tugas Mandiri 1.1

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 10 Tugas Mandiri 1.1

Inilah Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 10 Tugas Mandiri 1.1 tentang Kelebihan dan Kelemahan Pancasila Masa Orde Baru.

Sebelum adik adik membaca jawaban alternatif di bawah ini, ada baiknya untuk menyimak dulu apa saja materi pembelajaran di buku PPKN kelas 9 ini.

Sosiologi Info – Lebih lanjut artikel kali ini adalah  materi pembelajaran di bagian BAB 1 buku pelajaran PPKN kelas 9.

Namun, sebelum adik adik membaca jawaban alternatif dari soal pertanyaan pada bagian tugas mandiri 1.1.

Sebaiknya pahami dulu materi pembelajaran yang akan di sajikan. Artikel ini merujuk pada buku PPKN kurikulum 2013 bagi Kelas IX jenjang SMP sederajat, edisi revisi 2018.

Lebih lanjutnya buku tersebut adalah cetakan kedua tahun 2018 (edisi revisi) yang merupakan karya tulisan dari Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra.

Selain itu, buku ini juga di terbitkan oleh Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud. Lantas materi pembelajaran pada Bab 1 ini apa saja?

Materi Pembelajaran BAB 1

Adik adik materi pembelajaran Bab 1 terbagi menjadi tiga sub-bab yaitu: Pertama, sub-bab (A) membahas Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa,

Selanjutnya, sub-bab (B) mengenai Dinamika Nilai-Nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman, dan sub-bab (C) Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.

Serta, terdapat juga Refleksi, Rangkuman materi, Penilaian Sikap, Proyek Kewarganegaraan, dan Uji Kompetensi pada Bab ini.

Sementara, pembahasan artikel kali ini hanya akan membahas soal pada sub-bab (A) Halaman 10 Tugas Mandiri 1.1 tentang Kelebihan dan Kelemahan Pancasila Masa Orde Baru.

Akan tetapi, sebelum membaca alternatif jawaban berikut, ingat bahwa sebaiknya sobat terlebih dahulu menjawab pertanyaan tersebut dengan kemampuan sobat sendiri.

Barulah kemudian, sobat dapat menyandingkan jawaban sobat dan jawaban di bawah ini sebagai pembanding.

Selanjutnya, mari adik adik langsung saja simak alternatif jawaban untuk soal PPKN Kelas 9 Halaman 10 Tugas Mandiri 1.1

Sebagaimana yang sudah kami sediakan berikut ini sebagai referensi. Yuk, lihat dan baca dengan seksama ya!

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 10 Tugas Mandiri 1.1   Kelebihan dan Kelemahan Pancasila Masa Orde Baru

Lebih lanjut inilah soal dan jawabannya di bawah ini, yaitu :

Tugas Mandiri 1.1

Carilah kelebihan dan kelemahan penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa pada masa orde baru melalaui berbagai sumber belajar.

Seperti dari surat kabar, media elektronik, atau buku sumber lainnya. Tulislah hasil pencarian kalian dalam tabel di bawah ini.

Jawaban:

Masa Orde Baru merupakan masa pemerintahan yang berlangsung dari tahun 1966 sampai 1998 di bawah pimpinan Soeharto sebagai pengganti soekarno.

Namun, pada masa ini penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara mengalami pasang surut dan membawa kelebihan serta kelemahan.

Kelebihan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Masa Orde Baru

Pertama, suksesnya berbagai program pembangunan masyarakat di berbagai bidang, seperti transmigrasi, gerakan nasional orang tua asuh dan sebagainya.

Kedua, berhasilnya gerakan wajib belajar yang mampu meningkatkan rasa nasionalisme  dan kesadaran pentingnya pendidikan dalam diri masyarakat.

Ketiga, tercipta dan tercapainya Rencana Pembangunan Lima Tahun atau REPELITA dalam Garis Besar Haluan Negara atau GBHN.

Keempat, naiknya GDP Per kapita indonesia pada 1996 lebih dari 1.565 dolar AS dari hanya 70 dolar AS pada 1968.

Alhasil, membawa pesatnya pertumbuhan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan serta terpenuhinya kebutuhan pangan hingga mencapai tingkat swasembada.

Dan terakhir, keberhasilan presiden soeharto menumpas komunis di indonesia yang ketika itu merupakan musuh utama negara

Tak hanya itu, Presiden Soeharto juga mampu mengembalikan stabilitas keamanan negara pasca pemberontakan PKI dalam waktu yang relatif singkat.

Kelemahan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Masa Orde Baru

Pertama, Tidak terlaksananya demokrasi dengan baik, karena presiden soeharto hanya mengizinkan 3 partai politik di Indonesia yaitu Golkar, PDI dan PPP.

Itupun, hanyalah Golkar yang mendominasi dan dianggap kuat serta diakui kekuasaanya, sementara kedua partai lainnya hanya menjadi pendamping.

Kedua, Timbulnya sikap diskriminatif pada masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia dan pemerintah cenderung bersifat otoriter.

Sebagaimana, saat itu presiden mempunyai kekuasaan yang sangat besar dalam mengatur jalannya pemerintahan. sehingga rakyat harus mematuhi apa yang diutarakan.

Ketiga, Munculnya beberapa peristiwa pelanggaran hak asasi manusia pada penyuara aspirasi, seperti kasus Tanjung Priok, kasus Marsinah, dan lain-lain

Keempat, Terbatasnya kebebasan pers dan berpendapat, dengan banyaknya kasus pembredelan dan pencabutan surat izin penerbitan beberapa surat kabar mapun majalah.

Selanjutnya, pembredelan dan pencabutan alasannya karena dianggap telah memberitakan peristiwa yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah.

Kelima, Pembangunan dan pertumbuhan dalam perekonomian belum sepenuhnya merata yang meiliki imbas pada kesenjangan sosial antar masyarakat. Dan terakhir, Timbulnya praktik korupsi, kolusi, hingga nepotisme di jajaran pemerintahan.

Itulah sobat Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 10 Tugas Mandiri 1.1 Kurikulum 2013. Semoga bisa membantu ya.

Lebih lanjut, Artikel ini merujuk pada buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk murid jenjang SMP sederajat Kelas IX.

Nah, Buku tersebut merupakan cetakan kedua 2018 (Edisi Revisi) karya Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra yang di terbitkan Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Namun, Perlu sobat ingat lagi, bahwasanya jawaban alternatif di atas bukanlah kunci jawaban pertanyaan yang sempurna dan benar secara 100%.

Jadi, kami harapkan untuk sobat menambahkan kembali referensi lain yang relevan juga ya!.

Penulis Kontributor Magang : Wila

#Disclaimer atas kunci jawaban alternatif di atas:

  1. Kunci jawaban alternatif untuk pertanyaan yang penulis tawarkan di atas tidak terdapat jaminan benar mutlak secara 100%.
  2. Selanjutnya, Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam jawaban yang diberikan di atas.
  3. Oleh karena itu, silahkan sobat gunakan hanya sebagai bahan bacaan dan referensi selama proses pembelajaran.
  4. Terakhir, tambahkan referensi jawaban lain dari soal soal tersebut dan mintalah orang tua sobat untuk ikut mendampingi saat mengerjakannya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !