-->

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 19 Tugas Mandiri 1.3

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 19 Tugas Mandiri 1.3

Berikut ini Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 19 Tugas Mandiri 1.3 tentang Perilaku Perwujudan Nilai Dasar Pancasila

Apalagi cocok untuk teman teman yang sedang mencari bahan bacaan tambahan dalam proses belajar mengenai jawaban alternatif soal tersebut.

Sebelum membaca jawaban alternatif di bawah ini, sebaiknya menyimak dulu apa saja materi pembelajaran di buku PPKN kelas 9 ini.

Sosiologi Info – Adapun artikel kali ini memuat materi pembelajaran di bagian BAB 1 buku pelajaran PPKN kelas 9 kurikulum 2013.

Lebih lanjut artikel ini merujuk pada buku PPKN kurikulum 2013 bagi Kelas IX jenjang SMP sederajat, cetakan kedua edisi revisi 2018.

Lebih lanjut buku tersebut merupakan karya tulisan Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra yang di terbitkan Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Sedangkan untuk mudah memahami soal pada tugas mandiri 1.1, sebaiknya pahami dahulu isi materi pembelajaran di Bab 1, berikut ini.

Materi Pembelajaran Bab 1

Adapun materi pembelajaran Bab 1 memuat tiga sub-bab yaitu: Pertama, sub-bab (A) membahas Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa.

Selanjutnya sub-bab (B) mengenai Dinamika Nilai-Nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman, dan sub-bab (C) Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.

Serta terdapat juga Refleksi, Rangkuman materi, Penilaian Sikap, Proyek Kewarganegaraan, dan Uji Kompetensi pada Bab ini.

Sedangkan pada artikel ini hanya akan membahas soal pada sub-bab (B) Halaman 19 Tugas Mandiri 1.3 tentang Perilaku Perwujudan Nilai Dasar Pancasila .

Namun sebelum membaca alternatif jawaban berikut, ingat bahwa sebaiknya teman teman terlebih dahulu menjawab pertanyaan tersebut dengan kemampuan sendiri.

Kemudian barulah teman teman dapat menyandingkan jawaban teman teman dan jawaban di bawah ini sebagai pembanding.

Oke teman teman langsung saja simak alternatif jawaban untuk soal PPKN Kelas 9 Halaman 19 Tugas Mandiri 1.3, Sebagaimana yang sudah kami sediakan berikut ini sebagai referensi. Yuk, lihat dan baca dengan seksama ya!

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 19 Tugas Mandiri 1.3

Selanjutnya inilah soal dan jawabannya di bawah ini, yaitu :

Berilah contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar Pancasila!

1. Nilai Ketuhanan

Jawaban:

Seperti melaksanakan ibadah dan kewajiban agama yang di yakini secara rutin dan konsisten dengan penuh kesadaran dan rasa takwa.

Kemudian memeluk suatu agama resmi negara dan meyakini keberadaan Tuhan Yang Maha Esa serta senantiasa mensyukuri nikmat Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Serta menjalankan nilai nilai yang di perintahkan dan menjauhi larangan yang ada dalam agama masing masing.

Selanjutya hidup rukun, tidak menista agama lain, dan saling menghormati orang lain yang berebeda keyakinan atau agama dengan kita.

Maupun menjaga keamanan dan ketertiban antar umat beragama dan tidak mengganggu aktivitas keagamaan suatu agama ketika sedang merayakan hari besarnya.

2. Nilai kemanusiaan

Jawaban:

Seperti gemar menjadi relawan dalam kegiatan kemanusiaan contohmya bakti sosial untuk membantu sesama manusia yang membutuhkan dukungan finansial maupun tenaga.

Kemudian mengutamakan sikap tenggang rasa dan mengakui persamaan derajat, hak, serta kewajiban antar sesama manusia.

Juga menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia dan melawan diskriminasi, intimindasi serta perlakuan tidak manusiawi pada orang lain.

3. Nilai persatuan

Jawaban:

Seperti membangun tali persaudaraan tanpa memandang unsur SARA serta mengedepankan persatuan, kesatuan, dan kepentingan bangsa dari kepentingan pribadi atau golongan.

Juga meghormati segala jenis perbedaan SARA yang ada di sekitar dan menjadikan keberagaman tersebut sebagai faktor kekuatan dalam persatuan negara.

Kemudian menegakkan rasa cinta tanah air dan tolong menolong dalam kehidupan ber negara serta berkerjasama menjaga kedaulatan bangsa.

4. Nilai kerakyatan

Jawaban:

Seperti menghormati pendapat orang lain dan tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain, serta mengutamakan kepentingan bersama.

Selanjutnya melaksanakan kegiatan musyawarah dalam menyelesaikan masalah bersama dan menjalankan hasil keputusan musyawarah tersebut dengan ikhlas dan bertanggung jawab.

Atau menghadiri dan ikut serta meramaikan dan menggunakan hak pilih dalam kegiatan pemilihan umum, pilpres dan pilkada.

5. Nilai keadilan

Jawaban:

Adapun melawan tindakan KKN yang merugikan masyarakat serta membela masyarakat yang tidak memiliki akses kuat dalam kehidupan sosial dan ekonomi.

Kemudian menghargai hak dan kewajiban orang lain karena semua memiliki kedudukan yang sama di mata hukum serta tidak bertindak seenaknya.

Serta mengutamakan melaksanakan kewajiban terlebih dahulu untuk mendapatkan hak dan tidak melakukan tindakan yang merugikan pihak umum.

Maupun memberikan keputusan terhadap sesama dengan tepat dan adil tanpa memihak satu pihak saja dan mendengarkan gagasan dari pihak lainya.

Jadi itulah teman teman Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 19 Tugas Mandiri 1.3  Kurikulum 2013. Semoga bisa membantu ya.

Lebih lanjut artikel ini merujuk pada buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk murid jenjang SMP sederajat Kelas IX.

Serta merupakan buku cetakan kedua 2018 (Edisi Revisi) karya Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra yang di terbitkan Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Namun perlu teman teman ingat lagi, bahwasanya jawaban alternatif di atas bukanlah kunci jawaban pertanyaan yang benar sempurna 100%.

Jadi kami harapkan untuk teman teman menambahkan kembali referensi lain yang relevan juga ya!.

Penulis Kontributor Magang : Wila 

#Disclaimer atas kunci jawaban alternatif di atas:

  1. Kunci jawaban alternatif untuk pertanyaan yang penulis tawarkan di atas tidak terdapat jaminan benar mutlak secara 100%.
  2. Selanjutnya, Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam jawaban yang diberikan di atas.
  3. Maka dari itu, silahkan teman teman gunakan hanya sebagai bahan bacaan dan referensi selama proses pembelajaran.
  4. Terakhir, tambahkan referensi jawaban lain dari soal soal tersebut dan mintalah orang tua teman teman untuk ikut mendampingi saat mengerjakannya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !