-->

Tindakan Sosial Max Weber

Max Weber tokoh yang mempopulerkan teori tindakan sosial, ia membedakan dengan perilaku yang murni reaktif. Dalam teori tindakannya, tujuan Weber tak lain adalah memfokuskan perhatian pada individu, pola regulitas tindakan, dan bukan pada kolektivitasnya.
Max Weber tokoh yang mempopulerkan teori tindakan sosial, ia membedakan dengan perilaku yang murni reaktif. Dalam teori tindakannya, tujuan Weber tak lain adalah memfokuskan perhatian pada individu, pola regulitas tindakan, dan bukan pada kolektivitasnya. Berikut adalah tipologi tindakan sosial menurut Weber. 
  • Tindakan yang ditentukan oleh harapan terhadap perlikau objek dalam lingkungan dan perilaku manusia, itu disebut tindakan rasionalitas instrumen/sarana-tujuan.
  • Tindakan yang ditentukan oleh keyakinan penuh kesadaran akan nilai perilaku etis, estetis, religius atau bentuk perilaku lain, yang terlepas dari dari prospek keberhasilan. Itu disebu dengan tindakan rasionalitas nilai.
  • Tindakan yang ditentukan oleh emosi aktor. Ini disebut dengan tindakan afektif/afektual.
  • Tindakan yang ditentukan oleh cara bertindak aktor yang biasa dan yang telah lazim dilakukan. Ini disebut dengan tindakan rasionalitas tradisional.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !