Nastar adalah salah satu kue kering yang keberadaannya selalu dicari saat lebaran. Kue kering ini berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan mengkilap di permukaan atasnya.Yang istimewa dari nastar adalah teksturnya yang lembut lumer di mulut dengan isian selai nanas asam, manis dan legit di dalamnya.
Selain nastar, Kastengel merupakan salah satu kue kering yang paling populer saat lebaran. Kue kering berbentuk lonjong ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan juga parutan keju. Kue ini yang berasal dari negeri belanda dan diperkenalkan di Indonesia saat masa penjajahan dulu. Kastangel berasal dari kata “Kaas” yang artinya adalah “Keju” dan “Stengels” artinya adalah “batang”.
-->
<--
Kue kering manis yang umumnya dicetak berbentuk bulan sabit ini dinamakan putri salju karena kue yang telah matang akan dibubuhi gula halus yang seolah mirip salju. Gula halus yang dingin seketika akan pecah di mulut, berpadu dengan kuenya yang renyah.
-->
Lidah kucing. Bentuk kue ini sangat sederhana yaitu pipih dan lonjong seperti lidah Bentuknya yang super tipis membuat kue ini sangat renyah.
Kue kacang terbuat dari tepung, kacang tanah, dan margarin. Camilan bercitarasa gurih renyah ini punya bervariasi bentuk mulai dari bulat, bulan sabit, hati bahkan kotak. Kue ini biasanya punya ukuran lebih besar dan tebal dibanding kue kering lainnya.

Kue Sagu. Berbeda dari kue kering lainnya yang memakai bahan dasar tepung terigu, kue ini memakai bahan dasar tepung sagu. Varian kue sagu ini bermacam-macam, ada kue sagu polos, sagu keju, atau sagu coklat. Penggunaan tepung ini akan membuat rasa, tekstur, dan aromanya sangat khas. Teksturnya renyah ketika digigit namun seketika lumer di mulut.


Kue Semprit. Bentuk dari kue semprit ini sangat cantik, seperti bunga yang merekah. Di bagian tengahnya biasanya ada butiran choco chip atau sejumput selai berbagai warna sebagai putik. (sumber : https://fakta.news)

prev next