Sosiologi InfoKingsliy Davis. Teori perubahan sosial, menurutnya, adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

Ia lahir pada 20 Agustus 1908 di Texsas Amerika. Kingliy Davis dikenal sebagai Sosiologi Amerika dan telah membuat teori-teori sosial, sebut saja teori perubahan sosial.

Menurut Kingsliy Davis (Soerjono, 1990 : 341-342), perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi didalam struktur dan fungsi masyarakat.

Ciri-ciri perubahan sosial adalah sebagai berikut :

-Tidak ada masyarakat yang berhenti untuk berkembang. Tak akan berhenti perkembangannya. Begitu juga perubahan sosial yang terjadi baik secara cepat atau lambat.

-Perubahan sosial terjadi pada lembaga kemasyarakatan atau lembaga sosial lainnya.

-Perubahan sosial yang cepat, biasanya akan mengakibat disorganisasi yang bersifat sementara karena berada dalam proses penyesuaian.

-Perubahan tersebut, tidak dapat dibatasi pada bidang kehendak atau spiritual saja, melainkan mempunyai hubungan timbal balik yang kuat.

Perubahan terhadap struktur dan kehidupan masyarakat tak lepas dari kita manusia yang akan terus mengalami perubahan sosial, termasuk dalam menyikapi gejala sosial masyarakat.

Seperti halnya, Masyarakat, akan mengalami perubahan sosial tersebut, bisa dari bidang ekonomi, politik, budaya, dan perubahan sosial lain.

Perubahan diatas, dapat mempengaruhi sikap, nilai, budaya, dan perubahan sosial lainnya. Problem, Misalnya saja adanya benturan-benturan nilai, terutama nilai luar yang begitu cepat diterima sama masyarakat kita.

Pengaruh itu datang dengan cepat, merongrong nilai/value dan norma yang ada dalam masyarakat tersebut. Menurut, Soerjono Soekanto bahwa, setiap masyarakat selama hidupnya pasti mengalami perubahan.

Perubahan itu pun bermacam-macam, mulai dari perubahan perilaku, tindakan, nilai-nilai sosial, norma sosial, stuktur masyarakat/kelembagaan, interaksi sosial, dan berbagai bentuk perubahan yang kita rasakan.

Proses waktulah yang membuat perubahan sosial akan kita rasakan. Begitupun dampak dari perubahan sosial, pasti aka nada yang positif dan negatife, seperti perubahan dalam sektor pembangunan jalan tol, pasti akan ada dampak positif dan negative.

Parson, berpendapat bahwa teori tindakan sama-sama memperhatikan prasyarat stabilitas dan persayaratan perubahan. Pasti akan ada pengorbaan dan dikorbankan dalam proses perubahan sosial.

Perubahan sosial dalam dekade akhir ini, dapat dikategorikan  pada perubahan sosial yang disengaja dan tidak disengaja.


Ya, memang proses perubahan sosial ini terjadi karena ada pengaruh dari luar, mulai dari perubahan yang disengaja, atau secara spontandikombinasikan oleh pihak-pihak luar dalam masyarakat.