Hai, Apa Kabar Skripsi Kita ? - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Hai, Apa Kabar Skripsi Kita ? | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

[Artikel Sosiologi]_$type=grid$m=0$rdm=0$show=home$cat=hide$d=hide$count=5$t=hide$s=0

Hai, Apa Kabar Skripsi Kita ?

Sekarang saya ingin berbagai informasi yang sangat penting yaitu tentang 3 hal yang harus kamu lakukan agar seminar proposal/skripsi kita dapat selesai dengan selamat dan aman.

Tips - Sekarang saya ingin berbagai informasi yang sangat penting yaitu tentang 3 hal yang harus kamu lakukan agar seminar proposal/skripsi kita dapat selesai dengan selamat dan aman. 

Sudah memulai agenda apa kita hari ini ? Menjadi seorang mahasiswa tentunya akan ada banyak agenda yang penting dan menjadi prioritas kita, misalnya aktif sebagai aktivis, aktif mengejar target akademik (lomba), dan kesibukan lainnya. 

Sibuk sih boleh, aktif juga boleh, malah paka bangetz. Terutama untuk kamu yang menjadi mahasiswa baru, atau mahasiswa semester kecil, inilah waktunya untuk kamu aktif mengejar target dan agenda yang penting buat karir kamu.

Tapi, ya tetep menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa, yaitu masuk kuliah, mengerjakan tugas, dan diskusi bersama dosen atau teman sekelas kita. 

Jangan, sementang aktif organisasi dan atau kegiatan di luar kampus, kita melupakan kewajiban kita sebagai mahasiswa. Dan pada akhir perjuangan sebagai mahasiswa, ya tetep harus menyelesaikan tugas kita yaitu menyelesaikan skripsi, dan akhirnya memakai toga kebanggaan mahasiswa.

Berbagi pengalaman, mungkin itulah yang akan saya tulis dalam artikel singkat ini, yaitu mengenai perjuangan kita menyelsaikan skripsi di universitas kita masing-masing. 

Pengalaman saya, selama hampir empat tahun di universitas negeri di Provinsi Riau, yaitu Universitas Riau atau biasa dikenal dengan singkatan UNRI. 

Selama kurun waktu empat tahun itu, saya berjumpa dengan orang-orang hebat menurut dan versi saya, mulai dari abang yang aktif sebagai desain grafis, pegiat media sosial, dan pegiat lingkungan, atau seorang abang yang saya jumpai dengan kesuksesan mereka masing-masing.

Pengalaman mereka membawa saya pada pencaharian jati diri. Saya pun mulai mengenal editing, desain, dan lika-liku politik pada saat itu. Mereka semua sudah sukses saat ini. Bahkan ada yang harus merelakan gelar sarjananya, hanya untuk belajar mandiri dengan fashion mereka, ya seperti saya bilang tadi, ada mereka di desain, pegiat media sosial, dan lainnya.

Mereka sudah awal sukses. Tapi, mereka baik, dan tidak menginginkan saya terjebak dalam pusaran itu. Apa yang dimaksud sama mereka ?

Yapz, benar, mereka tidak menyelasikan gelar sarjananya, mereka sibuk dengan aktifitas panggung mereka. dan memang terbukti mereka berhasil dan sukses tanpa gelar mereka. Begitulah mereka, baik, dan selalu mengingatkan saya untuk segera menyelasaikan tangung jawab sebagai mahasiswa, yaitu menyelesaikan skripsi.

Dan pada titik inilah akhirnya saya memutuskan untuk mengambil komitmen, yaitu mengerjakan skripsi. Sebagian orang yang saya jumpai, selalu mengingatkan, kapan selesai, dan sudah sampai mana skripsi ? 

Tidak hanya abang dan kakak, yang saya jumpai, bahwa orang tua dekat saya (yang tinggal di Pekanbaru) pun selalu menanyakan dan memberikan saya motivasi untuk segera menyelesaikan tugas akhir sebagai mahasiswa.

Begitu sayangnya orang disekitar kita, agar kita segara mengambil dan mengerjakan skripsi. Bersyukur dan selalu berterimakasih kepada orang-orang tersebut, telah menjadi kawan, sahabat, dan menjadi tempat saya untuk bercerita. 

Akhirnya, beberapa hari lalu, kurang lebih sekitar satu minggu lalu, saya mendapatkan peringatan dan motivasi untuk mengerjakan skirpsi ini. 

Percakapan singkat :

Gimana yan udah kamu kerjakan ? tanyanya kepada saya.

Belum bang.

Lah kenapa ? Ada masalah sama dosen ? atau ada kendala apa ?

Saya gak ada kendala kok bang, dosen aman, judul juga suda acc. Dan untuk bahan skripsi saya udah turun lapangan, teori juga sudah.

Terus kenapa belum dikerjakan ? Itulah kamu terlalu asyik dengan aktivitas sekarang, jangan malas deh, nanti kamu nyesel kayak saya, saya gak pengen kamu sama kayak saya.

Iya bang, mulai besok saya ansur untuk buat.

Begitulah percakapan singkat saya dengan abang dan kakak tersebut (namanya gak disebutkan yah) hehehe

Dari situlah saya mulai menggarap skripsi. 

Hingga saat ini, saya sudah hampir selesai. Tapi ini tahap awal yaitu untuk seminar proposal. 

Lantas, dari semua pengalaman diatas, saya mendapatkan kesimpulan bahwa kita harus segera menyelasaikan tugas akhir ini. Selepas itu silahkan kejar target dan tujuan kita. 

Nah, itu tadi sedikit curhatan saya ya guys !

Sekarang saya ingin berbagai informasi yang sangat penting yaitu tentang 3 hal yang harus kamu lakukan agar seminar proposal/skripsi kita dapat selesai dengan selamat dan aman. 

Oke, guys ! Kita mulai tips yang pertama. Ini yang sering saya lakukan, hingga pada akhirnya saya tidak memulai mengerjakan seminar. Apa itu ?

Pertama, jangan menunda waktu. Ini kebanyakan dari kita selalu mendunda waktu, misalnya udahlah besok saja saya jumpa PA (penasehat akademik), udahlah besok saja saya kerjakan, dan udahlah besokkkk.......dan besok....ya wajar saja tidak selesai. 

Menunda adalah hal yang harus kamu hindarkan. Ini bisa berakibat buruk terhadap kita, karena menunda waktu, semuanya tidak terkerjakan, dan pada waktu akhirnya nanti kamu terburu-buru, dan atau bisa kamu di DO....amit-amit jangan sampai ya guys !

Sebuah peringatan, yang harus kamu tinggalkan, mulailah dengan niat dan motivasi diri untuk memulai mengerjakan ini semua.

Kedua, fokus pada topik apa yang mau kamu tulis. Dan jangan lupa konsultasikan dulu sama PA kamu. Itulah jangan menunda waktu, jumpai langsung PA dan ceritakan fenomena yang mau kita buat. Dan yakinkan PA kamu bahwa kamu serius untuk menulis topik tersebut.

Kebanyakan dari kita selalu terbelit dengan judul dan topik apa yang akan kita tulis. Jangan terlalu mengulur waktu karna tidak mendapatkan judul atau topiknya apa. Mulailah dengan mencari refrensi yang relevan terhadap judul penelitian kita. Dan selanjutnya, pahami teori dan bacalah dengan seksama.

Agar PA kamu percaya terhadap fenomena yang akan kita tulis. Kebanyakan dari kita tidak memahami fenomena yang hendak kita tulis. Hati hati gusy ! Pelajari sebelum maju ke medan perang.

Ketiga, ajak kawan untuk menemankan kamu atau setidaknya ajak kawan yang mau mengerjakan skripsi nya. Jangan malah kita pas nongkrong tidak berdiskusi atau tidak mau mengerjakan seminar kita.

Setidaknya, judul atau topik fenomena bisa kamu dapatkan. Dengan demikian kamu tidak nihil untuk memulai langkah-langkah kecil tersebut.

Saran terkahir dari saya, carilah lokasi dan tempat yang nyaman untuk memulai nulis itu skripsi. Kalau saya sih ada tempatnya tersendiri yah. Hehehe

Nah itu tadi sedikit tips dan pengalaman yang bisa saya share. Terimakasih Guys !

COMMENTS

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Hai, Apa Kabar Skripsi Kita ?
Hai, Apa Kabar Skripsi Kita ?
Sekarang saya ingin berbagai informasi yang sangat penting yaitu tentang 3 hal yang harus kamu lakukan agar seminar proposal/skripsi kita dapat selesai dengan selamat dan aman.
https://4.bp.blogspot.com/-1N0NOVRy6Y0/W_VperQmqCI/AAAAAAAAA2c/RsfTyAFTZ2sgve-F-XmXN7W361r0qlElwCK4BGAYYCw/s1600/apa-kabar-skripsi-kita.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-1N0NOVRy6Y0/W_VperQmqCI/AAAAAAAAA2c/RsfTyAFTZ2sgve-F-XmXN7W361r0qlElwCK4BGAYYCw/s72-c/apa-kabar-skripsi-kita.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2018/11/hai-apa-kabar-skripsi-kita.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2018/11/hai-apa-kabar-skripsi-kita.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy