Sosiologi Info - Program Studi baru (Prodi) Diploma III Teknologi Pulp dan Kertas, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik di Universitas Riau (UNRI) yang pertama di Indonesia. 

Program Studi baru (Prodi) Diploma III Teknologi Pulp dan Kertas, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik di Universitas Riau (UNRI) yang pertama di Indonesia, sudah mulai diinisiasi pada tahun 2017.  Pembangunan gedung Prodi yang ke 94 ini mulai pada Januari 2018. 

Peresmian pemanfaatan gedung prodi dilakukan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir PhD Ak, pada Selasa, (29/01). Berlokasi di Kampus Bina Widya Simpang Baru, Panam, Pekanbaru. 

Kampus negeri terbesar di Provinsi Riau ini menjadi pelopor pertama di Indonesia dalam dunia pendidikan dengan membuka Prodi Pulp dan Kertas. 

"Tanggal 6 Juni 2018, izin pembukaan Prodi Teknologi Pulp dan Kertas diterbitkan berdasarkan SK Menristekdikti Nomor 554/KPT/2018," Kata Prof Dr Ir Aras Mulyadi, DEA selaku Rektor UNRI saat menyampaikan laporannya.

Aras melanjutkan laporannya, menyampaikan Prodi Teknologi Pulp dan Kertas mulai diinisiasi sejak 2017 silam. Selanjutnya, dibagunlah gedung Prodi yang ke-94 di perguruan tinggi negeri terbesar di Riau ini pada Januari 2018.

Anggaran yang dihabiskan dalam pembangunan prodi ini mencapai angka 24,8 M yang bersumber dari Tanoto Foundation dan PT RAPP. "Pada bulan Juli ini (2019) sudah dibuka penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Diploma 3 Teknologi Pulp dan Kertas melalui jalur Ujian Mandiri (UM)," ungkap Aras. 

Saat ini sudah ada sebanyak 243 orang calon mahasiswa yang telah mendaftar, dan yang akan diterima sebanyak 55 mahasiswa baru saja atau 23 % dari pendaftar. 

Apa Kata Menristekdikti ?

Sela-sela peresmian gedung prodi, Mohammad Nasir, mengungkapkan, bahwa ini prodi adalah satu prodi yang tidak sama dengan prodi yang sudah berjalan selama ini. Prodi Teknologi Pulp dan Kertas ini merupakan Prodinya Milenial. 

"Ini Prodi milenial," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir.

Prodi ini sangat bermanfaat kedepannya, sebagai salah satu cara meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang industri. Apalagi di Provinsi Riau yang menjadi penghasil pulp dan kertas terbesar di dunia. 

Menurut Nasir, industri Pulp dan Kertas di Indonesia sangat besar, namun kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk mengisi kebutuhan ini kurang memadai. 

Semoga dengan adanya Prodi baru di Universitas Riau dapat memberikan pilihan baru dalam dunia pendidikan di perguruan tinggi. 

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia," 
Nelson Mandela
Pengacara, Politikus dari tempur Anti-Apartheid dari Afrika Selatan 1918-2013

Bacaan Selengkapnya di Link berikut ini :