-->

Mahasiswa Sosiologi ? Persiapkan Tiga Hal Penting Sebelum Anda Melamar Kerja !

Berikut ini adalah tiga hal penting yang mesti dipersiapkan mahasiswa sosiologi sebelum memasuki dunia kerja.

Pojokan - Beberapa hari lalu, admin mendapatkan dm dari seorang mahasiswa sosiologi, dan bertanya, tentang apa tanggapan admin tentang mahasiswa yang kuliah di jurusan sosiologi terhadap lapangan pekerjaan di pemerintah ataupun di luar pemerintah, serta pertanyaan tentang membludaknya mahasiswa sosiologi yang lulus tiap tahunnya. Dengan pertanyaan itu, admin jadi pengen nulis tentang beberapa hal penting yang mesti kita persiapkan sebagai lulusan sosiologi. Simak berikut ini ya guys !

Dunia kerja saat ini memang tidak lagi fokus pada dari mana jurusan kita berasal, memang sebagian perusahaan masih membuat gelar dan jurusan kita penting untuk sebagai syarat masuk kerja di perusahaan tersebut.

Tidak semua perusahaan atau instansi yang menerapkan itu, dari beberapa orang yang saya jumpai perihal dunia kerja kedepannya akan seperti apa, dan bagaimana perusahaan mencari tenaga kerja, serta banyak hal yang sering saya denger dan kita diskusi disana.

Sebagai mahasiswa lulusan dari sosiologi, memang tidak banyak dari kita sadar bahwa kompetensi kedepannya dalam dunia kerja sangat penting pada soft skill atau keahlian yang kita miliki. Secara umum, kita sebagai mahasiswa sosiologi sudah memenuhi syarat secara administrasi, jika hendak melamar kerja dimanapun.

Nah, untuk itu juga kita harus ada persiapan yang matang, dan lebih spesifikasi lagi, seperti ahli dalam bidang-bidang tertentu, misal ahli di bidang pengolahan data, ahli dalam penelitian di lapangan, atau ahli dalam dunia desain, dan ahli dibidang-bidang tertentu, yang kita bisa menguasai dan masuk didalamnya.

Dari hasil pengalaman selama beberapa tahun belakangan ini, saya sering mendapatkan jawaban tentang apa saja yang harus kita persiapkan dalam dunia kerja, sekarang atau lima sampai sepuluh tahun mendatang. Berikut ini saya coba rangkum dengan singkat tiga hal penting yang bisa kita persiapkan dari sekarang sebagai lulusan dari mahasiswa sosiologi.

Pertama, tentunya sebagai mahasiswa sosiologi terlebih dulu kita menguasai apa yang menjadi dasar rumah kita, yaitu menguasai ilmu sosiologi secara umum, pasalnya kalau kita berbicara ekonomi, bicara pendidikan, biacara hukum, tak akan jauh dari sudut pandang sosiolog. 

Oleh karena itu, kita mesti dapat menguasai beberapa ilmu dalam sosiologi itu sendiri. Karna sudut pandang dan daya nalar serta ide dari seorang sosiologi sangat diperlukan dalam dunia kerja, baik itu dalam ekonomi, hukum, peneliti, yang mana akan mendapatkan tempat dimanapun sosiologi itu berada.

Kedua, sebagai mahasiswa sosiologi, kita juga mesti mengetahui soft skill yang kita miliki. Dalam artian sosiologi, soft skill yang mana berkaitan dengan keterampilan sosial, kecerdasan emosional, komunikasi, berbahasa, keramahan, sifat kepribadian, optimisme yang dapat mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. 

Dalam dunia kerja, dimanapun kamu melamar pekerjaan yang sering kali ditanyakan itu adalah soft skill anda, apa yang anda bisa tawarkan, keahlian apa yang kamu punya, secara spesifik kita harus mempunyai keahlian tersebut.

Sebagai mahasiswa sosiologi, setiaknya kamu harus punya satu keahlian saja yang bisa kamu tawarkan saat ditanya apa keahlian yang kamu miliki untuk perusahaan yang kamu lamar tersebut. Nah untuk lebih jelasnya kamu bisa cari beberapa keahlian yang mesti kita kuasai, atau kamu bisa baca di halaman berikut ini : (Klik)

Ketiga, membaca peluang. Sebagai mahasiswa sosiologi seharusnya kita lebih cepat dalam membaca peluang, dalam dunia kerja kita juga harus dapat membaca peluang, trend perkembangan untuk bisa menambah profit perusahaan tersebut atau dalam hal membaca peluang usaha/pekerjaan untuk bisa kamu ciptakan untuk dirimu sendiri. 

Kitalah yang menciptakan sebuah peluang. Seperti yang ditanyakan lulusan sosiologi yang semakin banyak sementara lapangan perkerjaan untuk sosiologi terbatas. Nah, cara baiknya ya kita harus dapat membaca peluang dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri kita sendiri. Lapangan pekerjaan itu kita sendiri yang membuatnya dan untuk diri kita sendiri juga atau bisa kedepannya untuk jumlah yang banyak.

Saya kira tidak hanya jurusan sosiologi yang banyak lulus tiap tahunnya, mendapatkan gelar sarjana, banyak juga jurusan lainnya yang wisuda sama sama tiap tahunnya. Oleh karena itu, ada baiknya kita dapat mempersiapkannya dengan matang, dengan setelah lulus kita dapat mengetahui tujuan kita selanjutnya akan berlabuh kemana. 

Dan ingat kita sebagai mahasiswa sosiologi, kuasai ilmu sosiologi kita, tawarkan keahlian yang kita punya, dan baca lah peluang untuk diri kita sendiri, atau untuk orang banyak.

Semoga dengan kita mempersiapkan tiga hal diatas kita dapat diterima di dunia kerja dimanapun kita ingin kerja yah guys ! Tetap semangat dan rendah hati.

Sumber Bacaan :

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !