-->

Tokoh dan Contoh Fakta Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Tokoh dan contoh fakta sosial dalam kehidupan masyarakat.

Tokoh dan Contoh Fakta Sosial dalam Kehidupan Masyarakat
Sosiologi Info – Fakta sosial dalam kehidupan masyarakat akan berubah sesuai dengan perilaku masyarakat tersebut. Hal itu akan mempengaruhi pada tatanan pranata sosial dan struktur sosial. Berikut adalah contoh-contoh fakta sosial dalam kehidupan bermasyarakat.  

Paradigma fakta sosial. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat. Baik itu tindakan, perilaku, dan perubahan-perubahan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu paradigma yang menjadi dasar pemikiran sosiologi, yaitu paradigma fakta sosial.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca Tiga Paradigma dalam Sosiologi dan Dua Fakta Sosial menurut Durkheim.

Menurut Durkheim, fakta sosial ada dua, yaitu fakta sosial yang bersifat material dan yang non-material. Fakta sosial material adalah fakta yang ada dalam masyarakat yang dapat dilihat, diobservasi, disimak, yang mana fakta ini ada di dunia nyata.
Tokoh dan Contoh Fakta Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Contoh fakta sosial yang bersifat material
Salah satu contoh fakta sosial yang material yang dapat disimak, diobservasi, dalam dunia nyata yaitu norma hukum. Misalnya norma-norma hukum dalam suatu negara, seperti halnya norma pendidikan, norma lalu lintas, dan atau norma agama yang ada dalam setiap agama.

Norma-norma itu yang dapat dilakukan oleh masyarakat, secara nyata dapat disimak dan ditangkap atau dapat kita obeservasi.

Dalam norma agama, misalnya aturan sholat, ibadah, sembahyang, akan nampak secara nyata dan dijalankan dengan tertib, teratur oleh masyarakat/umat yang memeluk agama tersebut.

Dalam norma hukum, di lalu lintas, misalnya kita masyarakat akan mentaati aturan berlalu lintas di jalan raya dengan tertib, kalau melanggar maka akan ada sanksi yang kita dapatkan, misalnya saat berkendaraan tidak memiliki sim, kendaraan mati pajak, dan ketidaktaatan lainnya.

Contoh fakta sosial yang bersifat non-material
Memang, dalam fakta sosial yang non-material, juga berbentuk nyata. Namun, fakta sosial non-material bersifat subjektif, yang mana muncul dari kesadaran diri seseorang. Misalnya, egoisme, opini, dan dorongan untuk memberikan pengaruh lainnya.

Contoh yang dapat kita ambil dari fakta sosial non-material, yaitu memberikan dorongan, memberikan saran dan solusi kepada orang yang sedang mengalami masalah, memberikan simpati kepada seseorang, dan lainnya.

Dalam kasus korupsi, misalnya menjadi salah satu contoh fakta sosial yang bersifat non-material karena adanya dorongan seseorang (egoisme) untuk memperkaya diri sendiri dengan cara melakukan korupsi.

Atau contoh lain dari fakta sosial non-material, yaitu ketika kita beropini dengan seseorang itu juga merupakan bagian dari fakta sosial yang non-material.

Tokoh-Tokoh dalam Paradigma Fakta Sosial
Sekilas kita akan mengenal tokoh-tokoh paradigma fakta sosial, yaitu :
Karl Marx, EmileDurkheim, Talcott Parson, dan Robert King Merton. Itulah tokoh-tokoh dalam paradigma fakta sosial.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !