-->

Mau Lulus SBMPTN 2020 ? Ini 11 Tips Sukses untuk Kamu

Bagaimana ya caranya agar lulus di Perguruan Tinggi Negeri, melalui jalur SBMPTN 2020 ? Mau tau tipsnya, yuk baca.
Mau Lulus SBMPTN 2020 ? Ini 11 Tips Sukses untuk Kamu

Sosiologi Info - Bagaimana ya caranya agar lulus di Perguruan Tinggi Negeri, melalui jalur SBMPTN 2020 ? Mau tau tipsnya, yuk baca.

Sukses Lulus di PTN. Ada banyak jalan menuju kesuksesan. Salah satunya yang ingin sukses kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Favorit. 

Untuk masuk di PTN ada banyak cara yang bisa kamu lewati, diantaranya ada Jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, atau Penelusuran Bibit Unggul Daerah. 

Masing-masing kampus mempunyai jalurnya, yang disesuaikan dengan kapasitas penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.


Nah, untuk kamu yang sudah tahu pengumuman SNMPTN 2020 dan dinyatakan tidak lulus, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti SBMPTN 2020.

Bagaimana caranya, dan tips agar bisa lulus pada jalur SBMPTN 2020 untuk semua jurusan yang hendak kamu pilih. Simak informasi selanjutnya yah.
Jalur SBMPTN 2020. Memang, ada berbeda pada jalur SBMPTN 2020, saya dulu juga pernah mengikuti proses SBMPTN itu di tahun 2015. Apa perbedaaannya ? 

Tahap yang akan kamu lewati untuk mengikuti SBMPTN 2020 memang akan sulit dan membutuhkan persiapan dan mental yang kuat.

Ada dua tahap yang akan kamu lewati dalam berkompetisi untuk dapat lulus di PTN dengan menggunakan jalur SBMPTN 2020, yaitu kamu akan mengerjakan dua tipe jenis soal.

Pertama, tes potensi skolastik (TPS). Soal ini berisikan soal-soal yang untuk mengetes kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum.

Kedua, tes kompetensi akademik (TKA). Tipe soal ini lebih jelas akan membahas materi-materi yang ada di sekolah.

Hasil ini (UTBK) SBMPTN akan digunakan untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri yang hendak kamu tuju. Adapun, nilai yang kamu peroleh itu sangat menentukan sekali, terhadap jurusan yang kamu ambil di PTN tersebut. 

Nah, terus gimana dong kak caranya ? Biar bisa lulus dengan mudah di SBMPTN 2020 tahun ini. Biar bisa kuliah di kampus favorit dan impian kamu, berikut ini rangkuman singkatnya tips yang bisa kamu terapkan pada SBMPTN 2020 ini yah.
Mau Lulus SBMPTN 2020 ? Ini 11 Tips Sukses untuk Kamu
Mau Lulus SBMPTN 2020 ? Ini 11 Tips Sukses untuk Kamu :

Pertama, Pahami Soal dan Konsep Cara Menjawabnya. Tahun 2015 memang menjadi tahun yang membuat saya sedikit galau, karena hasil SNMPTN saya tidak lulus.

Dan waktu itu saya putuskan untuk ikut Bimbel. Dari hasil ikut Bimbel saya diajarkan menjawab soal dengan tips dan trick.

Tidak hanya itu, kita juga banyak membahas soal-soal yang akan diujikan pada saat SBMPTN. Dengan cara itulah kita dapat memahami soal, bagaimana konsep cepat mengerjakan, dan menjawabnya.

Dan terbukti, ketika saya ikut SBMPTN waktu itu ada sekitar 3-5 soal sama persih dengan soal latihan yang saya kerjakan, jadi saya tidak perlu mencari jawabannya lagi, karena sudah tahu jawbannya.

Beruntung kan kita membahas banyak soal dan memahaminya, lumayan sudah mendapatkan poin yang pasti bener jawabannya.

Dan perlu kawan-kawan ketahui, soal-soal yang diujikan tersebut mempunyai kesamaan yang hampir sama dengan soal-soal yang kita bahas.

Oleh karena itu, pentingnya kita memahami konsep soal dan cara menjawabnya.

Kedua, Lihat Daya Tampung dan Peminat Tahun Lalu (2019). Saya pada waktu itu memang ada keinginan untuk kuliah, dan atas anjuran mentor, serta kakak tingkat.

Saya melihat daya tampung dan peminat jurusan yang saya pilih. Bayangkan kita berkompetisi denga 1000 orang lebih hanya untuk mendapatkan 1 kursi saja, sedangkan daya tampungnya mungkin hanya 15, 55, 100, atau bahkan 200 an daya tampung.

Itu tergantung kebijakan universitas masing-masing. Nah, kawan-kawan perlu juga melihat daya tampung dan peminatnya, biar bisa mengukur peluang kita masuk di jurusan yang kita pilih.

Ketiga, Sering Mengikuti Try Out (TO).
Dengan sering mengikuti TO kita akan mengetahui pelung lolos tidaknya kita, karena adanya score.

Apakah sesuai kemampuan kita, karena nilai yang diberikan pada setiap jurusan itu beda-beda, semuanya di sesuaikan passing gradenya.

Cara ini memang sedikit membuka wawasan kita, bagaimana peluang kita bisa lolos. Saya ingat betul sampai berkali-kali saya ikut TO, pada saat itu saya masih dibawah passing grade yang ditentukan pihak Bimbel.

Dari hasil belajar memahami soal, dan konsep menjawabnya, saya terus mengalami kenaikan score pada waktu itu. Dan memang terbukti, score yang ada di Bimbel memang dibuat jauh lebih tinggi dari passing grade sebenarnya.

Keempat. Perbanyak Informasi Seputar UTBK dan SBMPTN 2020. Nah, memang di tahun 2015 dan tahun 2020 agak ada perbedaan dalam penyeleksiannya.

Namun, tidak menutup kemungkinan soal-soalnya pasti hampir sama dengan yang kita bahas sehari-hari.

Untuk itulah, kalian perlu mencari sedetail mungkin tentang seleksai SBMPTN tahun 2020 ini secara jelas. Agar tidak ada kesalahan informasi yang kamu dapatkan, nanti bisa berdampak pada hasil ujian kamu.

Kelima, Strategi Memilih Prodi/Jurusan Sesuai dengan Kemampuan dan Passion/Minat. Cara ini juga mesti kamu perhatikan, memilih jurusan sesuai urutan dan passing gradenya, jadi letakan secara urut, begitu juga kampus yang hendak kita pilih.

Mungkin disesuaikan dengan akreditasnya. Kalau saya dulu sih gitu ya teman-teman, tapi gak tau juga sekarang, mungkin saja caranya sama.

Dan memilih jurusan juga sesuaikan dengan passion atau minat kamu, jangan sampai bilang saya salah jurusan ketika keterima di jurusan pilihan kamu.

Keenam, Jaga Selalu Kesehatan Kamu Yah. Ini ya teman-teman perlu perhatikan dengan baik. Selalu minum air mineral yang banyak, minum vitamin, atur pola tidur dan makan yang baik, biar tak sakit.

Takutnya kan pas mau tes besok eh..malah sakit, jadi nya gak bisa ikut tes deh, kan sayang jadinya, ya teman-teman perhatikan betul kesehatan teman-teman.

Ketujuh, Membuat Kelompok Belajar. Nah, cara ini saya kira efektif untuk kamu coba, saya dulu juga membuat kelompok belajar, saya dulu coba buat di sekolah jadi sama-sama teman saling memberikan cara-cara untuk menjawab soalnya.

Kedelapan, Mengikuti Bimbel/Les. Seperti yang saya katakan tadi, mungkin Bimbel dapat membantu kamu untuk membimbing dan membantu memahami konsep-konsep soal dan cara menjawabnya. Dan cara ini boleh banget kamu coba ya teman-teman.

Kesembilan, Belajar Mandiri Via Youtube atau Melalui Media Lainnya.
Sekarang, kamu cukup terbantu dengan adanya percepatan ilmu pengetahuan di internet. Salah satunya di Youtube atau Google.

Kamu juga bisa belajar mandiri via internet, jangan banyak alasan yang akan membuat kamu membuang waktu, tenaga, dan pikiran kamu.

Ayo segera persiapkan ujian SBMPTN kamu di tahun 2020 ini, supaya bisa sukses masuk di perguruan tinggi negeri impian kamu.

Kesepuluh, Mengatur Jadwal Belajar Agar Efektif. Ini saya lakukan secara mandiri dulu, membahas soal di kos, dan di tempat-tempat sejuk, sunyi heheh karena disini kita bisa menambah ilmu lagi.

Bahkan saya membeli tambahan untuk membahas soal-soal yang ada, tidak hanya mengandalkan dari Bimbel.

Karena buku itu ada bahasan soal dan kunci jawabannya, tapi kan kita mengerjakannya dulu sesuai kemampuan. Nah nanti baru lihat di kunci jawaban, disana juga ada cara dan tips mengerjakannya.

Kesebelas, Jangan Lupa Berdoa. Ini yang terkadang kita lupakan. Doa. Kita perlu juga memintak doa kepada kedua orang tua kita.

Kita yakin bahwa restu orang tua menjadi awal perjuangan kita pada setiap langkah yang hendak kita capai.

Tanpa ada restu dari orang tua niscaya kita akan sedikit mengalami hambatan dalam proses yang kita ingin lalui.

Jadi, mulailah dari sekarang menyampaikan tujuan kamu kepada orang tua, sampaikan keinginan kamu dalam waktu dekat ini, yaitu ingin lulus di perguruan tinggi negeri melalu jalur SBMPTN.
Mau Lulus SBMPTN 2020 ? Ini 11 Tips Sukses untuk Kamu
Percayalah dengan kemampuan kamu dan minat (passion) yang kamu punya saat ini. Dan perlu diingat, bahwa ada banyak jalan untuk lulus di perguruan tinggi negeri, kamu bisa coba melalui jalur ujian mandiri pada tahap selanjutnya.

Nah itulah, 11 tips sukses lulus SBMPTN 2020 yang bisa kamu terapkan ya. Selamat mencoba teman-teman semuanya, semoga hasilnya maksimal sesuai dengan persiapan kamu.

Sumber Bacaan Lainnya :
https://blog.ruangguru.com/tips-memperbesar-peluang-lolos-sbmptn-2020
https://rencanamu.id/post/persiapan-kuliah/lulus-sbmptn-2020-ini-7-tip-suksesnya

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !