5 Tips Menjadi Guru Sosiologi : Supaya Belajar Lebih Efektif - YUK BACA 5 Tips Menjadi Guru Sosiologi : Supaya Belajar Lebih Efektif | YUK BACA

$hide=home

$type=sticky$count=4$show=home$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

5 Tips Menjadi Guru Sosiologi : Supaya Belajar Lebih Efektif

Cara belajar yang efektif. Nah berikut, tips menjadi guru sosiologi

Sosiologi Info - Cara belajar yang efektif. Semua guru punya solusinya. Nah berikut, tips menjadi guru sosiologi, yuk simak narasinya dibawah ini.

Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke DM Instagram (Follow IG Sosiologi Info), yang salah satunya bertanya tentang tips menjadi guru sosiologi yang baik dan benar.

Alhasil, saya mengontak beberapa temen yang saya kenal berprofesi sebagai guru di sekolah. Angga sapaan akrabnya, percapakan saya singkat melalui pesan WA. "Angga masih ngajar kan di sekolah," tanya saya.

"Masih kok angga ngajarnya," jawabnya, "Kenapa ya," tanya Angga.

"Boleh ya tanya-tanya, seputar mengajar, mau tak tulis Angga, boleh ya," jawab saya.

"Iya boleh aja kok, apa yang bisa Angga bantu," balasnya lagi.

Nah, sesuai request ini hasil wawancara eksklusif bersama salah satu guru sosiologi yang baru saja mengajar selama kurang lebih 4 bulan di salah satu sekolah.

Yuk simak ulasannya dibawah ini dengan seksama ya gais.

Profesi guru untuk Indonesia yang Visioner. Memasukan era digital. Berbagai media belajar mulai bermunculan dengan pesat, seperti belajar online, bimbibingan belajar online, dan platform lainnya yang menawarkan pembelajaran serba digital.

Perkembangan ini memang sebagian untuk memudahkan peserta didik dalam belajar ilmu pengetahuan. Namun, sebagian juga ada dampak yang ditimbulkan dari pengaruh pesatnya informasi digital sekarang ini.

Nah, oleh karena itu, penting bagi seorang guru memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik dalam mengakses dunia digital tersebut.

Dengan tujuan, informasi yang mereka dapat tidak secara mentah-mentah diadopsi, peranan guru juga penting dalam menunjang belajar di ruang kelas.

Dengan demikian, peserta didik mempunyai kesempatan untuk belajar mengembangkan daya pikir dan bersosialisasi dengan baik sesama mereka.

Sebelumnya, mari kita ketahui apa itu profesi guru yang menjadi harapan mencerdaskan kehidupan masyarakat kita.

Apa itu profesi ? Dilansir dari Asikbelajar.com, pengertian secara luas, profesi merupakan kegiatan apa saja, dan siapa saja untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keahlian tertentu.

Kamu bisa baca disini lebih lengkapnya ya : https://www.asikbelajar.com/profesi-guru/

Dalam arti sempit, profesi merupakan kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu, dan sekaligus dituntut daripadanya untuk pelaksanaan norma sosial dengan baik.

Dikutip dari Wikipedia.org, guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Kamu bisa baca disini lebih lengkapnya ya : https://id.wikipedia.org/wiki/Guru

Dalam artian dan definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap sebagai seorang guru.

Cara belajar yang efektif untuk peserta didik. Ada banyak cara yang bisa kita terapkan agar kelas berjalan dengan kondusif dan efektif.

Pada saat awal belajar, apalagi yang baru menjadi guru, terkhususnya untuk guru sosiologi, kita akan menjumpai anak murid diawal kita mengajar.

Nah, lalu bagaimana cara kita agar belajar lebih efektif saat mengajar bersama peserta didik di sekolah ? 

Yuk simak cara-cara yang dibagi oleh Angga sapaan akrabnya, jangan sampai terlewatkan yah. Kamu juga bisa berbagai pengalaman mengajar di kolom komentar.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita terapkan, dari salah satu Alumni Mahasiswa Jurusan Sosiologi di Universitas Riau, yaitu Angga Rizky A AH, S.Sos | Yuk Saksikan Rekaman Video dibawah ini.
Pertama, Perkenalkan Identitas Kita. Memperkenakan diri kita kepada siswa/siswi pada saat awal hendak mengajar. Barulah nanti masuk ke materi pembelajaran.

Kedua, Membuat Metode Belajar. Sistem belajarnya kita membuat kelompok diskusi, seperti misalnya satu kelompok 5 orang, dan mereka akan menjelaskan materi diskusi.

Ketiga, Membiasakan Siswa/Siswi untuk Aktif dalam Pembelajaran. Belajar agar tidak menoton bisa menjadi pilihan agar siswa tidak bosan selama belajar.

Keempat, Belajar Mandiri seperti Saat Kuliahan. Agar pembelajaran lebih efektif, dan murid akan mempersiapkan diri untuk membaca dan belajar berani berbicara.

Kelima, Memberikan Kuis Pembelajaran untuk Siswa/Siswi. Kuis bisa menjadi pilihan agar siswa dapat mempersipakan dan membaca materi materi yang akan diajarkan saat hendak mulai pembelajaran.

Nah itulah sekilas, bagaimana agar mengajar lebih efektif bersama siswa/siswi. Maaf ya, agak lama saya tulis, sesuai permintaan. Ini udah lama saya wawancara rekan saya yang mengajar saat ini.  Kalau ada tambahan silahkan berbagi di kolom komentar ya gais. Terimakasih

COMMENTS

GOOGLE+: 1
Loading...
https://www.sosiologi.info/2020/07/jasa-content-placement-dan-sponsored.html

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
YUK BACA: 5 Tips Menjadi Guru Sosiologi : Supaya Belajar Lebih Efektif
5 Tips Menjadi Guru Sosiologi : Supaya Belajar Lebih Efektif
Cara belajar yang efektif. Nah berikut, tips menjadi guru sosiologi
https://1.bp.blogspot.com/-nojyChJEg50/XuxbAjDvdiI/AAAAAAAAD9Y/VEfbt-12w8sOE9N9V5LQQw0nL0G_i7skwCLcBGAsYHQ/s1600/5%2BTips%2BMenjadi%2BGuru%2BSosiologi%2BSupaya%2BBelajar%2BLebih%2BEfektif.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-nojyChJEg50/XuxbAjDvdiI/AAAAAAAAD9Y/VEfbt-12w8sOE9N9V5LQQw0nL0G_i7skwCLcBGAsYHQ/s72-c/5%2BTips%2BMenjadi%2BGuru%2BSosiologi%2BSupaya%2BBelajar%2BLebih%2BEfektif.JPG
YUK BACA
https://www.sosiologi.info/2020/06/tips-menjadi-guru-sosiologi-belajar-lebih-efektif.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/06/tips-menjadi-guru-sosiologi-belajar-lebih-efektif.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy