Pengertian Interaksi Sosial dari 7+ Tokoh/Ahli, Memahami 3+ Ciri-Ciri, dan Contohnya - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Pengertian Interaksi Sosial dari 7+ Tokoh/Ahli, Memahami 3+ Ciri-Ciri, dan Contohnya | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

[Artikel Sosiologi]_$type=grid$m=0$rdm=0$show=home$cat=hide$d=hide$count=5$t=hide$s=0

Pengertian Interaksi Sosial dari 7+ Tokoh/Ahli, Memahami 3+ Ciri-Ciri, dan Contohnya

Lalu, apa sih pengertian interaksi sosial, berikut menurut tokoh dan ahli, ciri-cirinya dan beserta contohnya.

Pengertian Interaksi Sosial dari 7+ Tokoh/Ahli, Memahami 3+ Ciri-Ciri, dan Contohnya
Sosiologi Info - Sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk memudahkan individu dalam berinteraksi sesama individu dan atau kelompok masyarakat. 

Setelah sosialisasi dilakukan, maka interaksi sosial dalam masyarakat itu akan dilakukan. Lalu, apa sih pengertian interaksi sosial, berikut menurut tokoh dan ahli, ciri-cirinya dan beserta contohnya. Yukbaca !

Sekilas Memahami Sosialisasi. Sebelum kita memahami pengertian interaksi sosial yang terjadi dilingkungan dan kehidupan sosial kemasyarakatan.

Ada baiknya kita ketahui lebih awal, apa itu sosialisasi ? Nah, secara sederhana sosialisasi adalah tahap awal seseorang melakukan, mengenal, dan mengetahui proses sosial, seperti adanya norma, aturan, maupun untuk memudahkan partisipasi masyarakat.

Menurut Berger, sosialisasi adalah proses dimana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat. 

Sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk memudahkan individu dalam berinteraksi sesama individu dan atau kelompok masyarakat. 

Menurut David A Goslin, sosialisasi adalah proses belajar, yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan norma. Agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota dalam suatu kelompok masyarakat.

Nah, itulah sekilas sebagai awalan untuk mulai memahami interaksi sosial yang terjadi di masyarakat, tidak terlepas karena adanya sosialisasi. Yuk baca, lebih lanjut pengertian interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial. Interaksi sosial adalah suatu hubungan antar dua atau lebih individu, dimana perilaku individu yang satu mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki perilaku individu yang lain atau sebaliknya. 

Menurut Gillin, agar interaksi sosial akan terjadi apabila memenuhi dua syarat, yaitu :
1. Adanya kontak sosial, dan 
2. Adanya komunikasi. 

Ada beberapa tokoh yang mempunyai pengertian sendiri tentang interaksi sosial, yaitu sebagai berikut :

-Menurut Soerjono Soekanto, interaksi sosial adalah sebuah proses sosial yang mempunyai hubungan dengan berbagai cara berhubungan, baik sesama individu maupun kelompok tertentu, yang bertujuan untuk membangun sistem dalam sebuah hubungan sosial.

-Menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin dalam Cultural Sociology, a Revision of An Introduction to Sociology (1954), interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia. 

-Menurut Gillin dan Gillin (dalam Soerjono Soekanto), interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara perorangan dengan kelompok manusia.

-Menurut Macionis menyampaikan bahwa interaksi sosial adalah proses dimana orang-orang beraksi dan bereaksi satu sama lain dalam suatu hubungan atau relasi.

-Menurut Walgito (2007) mengemukakan interaksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu lain, individu satu dapat mempengaruhi individu yang lain atau sebaliknya, sehingga terdapat hubungan yang saling timbal balik. Hubungan tersebut dapat terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. 

-Menurut Basrowi (20015) mengemukakan interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompok manusia. Bentuknya tidak hanya bersifat kerjasama, tetapi juga berbentuk tindakan, persaingan, pertikaian dan sejenisnya.

-Menurut Partowisastro (2003) menurutnya interaksi sosial ialah relasi sosial yang berfungsi menjalin berbagai jenis relasi sosial yang dinamis, baik relasi itu berbentuk antar individu, kelompok dengan kelompok, atau individu dengan kelompok. 

-Menurut Sarwono dan Meinarno (2009) interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok lain. 

-Menurut Douglas Oliver, mengatakan Interaksi terjadi apabila hubungan penyesuaian tingkah laku antar pihak, suatu kelompok atau masyarakat tidak akan dapat mempertahankan interaksi tanpa adanya penyesuaian. 

Setelah kita membaca pengertian interaksi sosial dari tokoh-tokoh dan ahli diatas, secara sederhana bisa kita pahami, bahwa interaksi sosial adalah hubungan sosial yang terjalin oleh dua orang, maupun lebih, baik itu antar kelompok sosial, serta adanya relasi sosial yang menyepakati adanya kerjasama, dan timbal balik.


Ciri-Ciri Interaksi Sosial. Setelah dua syarat diatas yang menurut Gillin yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi sosial. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat sebagai terjadinya interaksi sosial yaitu sebagai berikut :

1. Jumlah yang berinteraksi lebih dari satu orang atau ada dua orang sudah bisa kita katakan sebagai ciri interaksi sosial. 

Jika, lebih dari satu orang atau dua orang saja, maka akan ada tindakan dan adanya respon dari proses interaksi sosial yang sedang berlangsung.

2. Interaksi sosial adanya dimensi waktu. Dimensi waktu ini meliputi waktu masa lalu, masa kini/sekarang, dan masa mendatang/masa depan. 

Interaksi sosial yang kita lakukan di masyarakat,baik antar individu, maupun kelompok sosial adanya dimensi waktu yang memberikan penentu batasan dari interaksi sosial yang kita lakukan.

3. Adanya simbol yang digunakan dalam berkomunikasi. Simbol-simbol komunikasi ini merupakan bahasa yang digunakan sebagai langkah awal dalam memulai interaksi sosial.

Dengan adanya simbol-simbol ini dapat mempermudah, memperlancar dan adanya timbal balik atau respon yang diberikan oleh lawan interaksi tersebut.

4. Tujuan dari adanya interaksi sosial. Kedua belah pihak, maupun antar individu, antar kelompok sosial masing-masing mempunyai tujuan dari proses interaksi sosial yang dilakukan. 

Tujuan ini bisa membuahkan kerjasama, kesepakatan, harapan, dan memungkinkan adanya konflik atau pertentangan. Bisa saja terjadi, jika interaksi sosial yang dibangun tidak sesuai dengan tujuan awal.


Contoh-Contoh Interaksi Sosial yang Terjadi dalam Kehidupan Bermasyarakat. Ada beberapa contoh yang bisa kita lihat dari awal kita memahami interaksi sosial diatas, sampai pada ciri-ciri interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Nah, beberapa contoh dibawah ini yang bisa kita lihat, yaitu sebagai berikut :

-Interaksi sosial bisa kita lihat pada kelompok belajar baik di sekolah, kampus, dan ditempat les, dari sini interaksi sosial sudah terbentuk, yaitu lebih dari dua orang, adanya tujuan yang ingin dicapai yaitu belajar bersama, adanya simbol bahasa, dan adanya dimensi waktu.

Dulu semasa masih SMP atau SMA, dan bahkan saat kuliah kita pasti ada membuat kelompok belajar bersama, itu artinya kita sudah menerapkan proses interaksi sosial itu.

-Interaksi sosial bisa kita lihat pada saat debat. Nah, mungkin disini ada yang pernah ikut debat, pastinya kita membuat tim debat yang terdiri dari tiga orang. 

Interaksi sosial lebih dari satu orang sudah kita penuhi, adanya tujuan dalam tim debat tersebut, yaitu tujuannya untuk meraih prestasi dan pengalaman, serta menemukan teman baru, karena lomba debat kan banyak biasanya. 

Lalu, simbol bahasa yang kita gunakan, serta adanya dimensi waktu yang hanya kita lakukan pada saat itu saja. Nah, disini adanya kerjasama didalam tim debat, serta adanya adu argumen jika kita lomba. 

Bisa saja dalam artian interaksi sosial yang dibangun menimbulkan konflik atau pertentangan karena adanya tim pro dan kontra dalam berdebat. Tapi, ini masih dijalur yang membangun pengetahuan dan kekuatan tim dalam memenangkan lomba tersebut.

Nah, itu saja ya contoh-contohnya yang bisa saya berikan, temen-temen silahkan mencari contoh lainnya.

Sumber referensi :
1. Dany Haryanto, S.S & G Edwi Nugrohadi, S.S., M.A. 2011. Pengantar Sosiologi Dasar. Jakarta : Prestasi Pustaka
2. Klik
3. Klik
4. Klik

Sumber foto : dok.pribadi

COMMENTS

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Pengertian Interaksi Sosial dari 7+ Tokoh/Ahli, Memahami 3+ Ciri-Ciri, dan Contohnya
Pengertian Interaksi Sosial dari 7+ Tokoh/Ahli, Memahami 3+ Ciri-Ciri, dan Contohnya
Lalu, apa sih pengertian interaksi sosial, berikut menurut tokoh dan ahli, ciri-cirinya dan beserta contohnya.
https://1.bp.blogspot.com/-ReMfhaqDdx0/X7oZXE4IsFI/AAAAAAAAEQw/RvZLDtgZPHADG-5srlnwVRMa-VWVAEskgCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BInteraksi%2BSosial%2Bdari%2BTokoh%2BAhli%2BMemahami%2BCiri%2BCiri%2Bdan%2BContohnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ReMfhaqDdx0/X7oZXE4IsFI/AAAAAAAAEQw/RvZLDtgZPHADG-5srlnwVRMa-VWVAEskgCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BInteraksi%2BSosial%2Bdari%2BTokoh%2BAhli%2BMemahami%2BCiri%2BCiri%2Bdan%2BContohnya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2020/11/pengertian-interaksi-sosial-ciri-ciri-dan-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/11/pengertian-interaksi-sosial-ciri-ciri-dan-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy