Tokoh Sosiologi Peter M Blau : Empat Langkah Berurutan Pertukaran Hingga Perubahan Sosial - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Tokoh Sosiologi Peter M Blau : Empat Langkah Berurutan Pertukaran Hingga Perubahan Sosial | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

[Artikel Sosiologi]_$type=grid$m=0$rdm=0$show=home$cat=hide$d=hide$count=5$t=hide$s=0

Tokoh Sosiologi Peter M Blau : Empat Langkah Berurutan Pertukaran Hingga Perubahan Sosial

Tujuan Blau adalah untuk memahami struktur sosial berdasarkan analisis proses sosial yang mempengaruhi hubungan antara individu dan kelompok.

Tokoh Sosiologi Peter M Blau : Empat Langkah Berurutan Pertukaran Hingga Perubahan Sosial

Sosiologi Info - Tujuan Blau adalah untuk memahami struktur sosial berdasarkan analisis proses sosial yang mempengaruhi hubungan antara individu dan kelompok. 

Blau memusatkan perhatian pada proses pertukaran yang menurutnya mengatur kebanyakan perilaku manusia dan melandasi hubungan antarindividu maupun antarkelompok. Yuk baca !

Tokoh Sosiologi Peter Michael Blau. Sapaan akrabnya Blau. Ia lahir di Wina, Austria pada 7 Febuari 1918. Pada tahun 1939, Blau bermigrasi ke AS, dan menjadi warga negara AS pada tahun 1943.

Pada tahun 1942, Blau menerima gelar BA dari Elmhrst College di Elmhrst, Illonois. Pendidikannya terganggu oleh adanya perang dunia II. Blau bergabung dalam AD dan menerima penghargaan the Browze Star.

Setelah perang, Blau kembali ke sekolah dan menyelesaikan pendidikannya, menerima Ph.D dari Universitas Columbia tahun 1952.

Blau menerima pendidikan Sosiologi di Universitas Columbia. Ia memperoleh kedudukan akademis di Universitas Cornell dan Universitas Chicago.

Dan akhirnya kembali ke Universitas Columbia. Sebagian besar dari sumbangannya terhadap Sosiologi adalah dalam bidang organisasi kompleks.

Blau mendapatkan penghargaan pertama dalam sosiologi karena sumbangannya dalam studi tentang organisasi formal. 

Hasil studi emperisnya tentang organisasi dan buku ajar yang ditulisnya  tentang organisasi formal masih tetap dikuti secara luas.

Blau terus memberikan sumbangan yang berarti terhadap kajian tentang organisasi formal. Ia pun menulis bersama Otis Dudley Duncan The American Occupational Strukture yang memenangkan hadiah bergengsi Sorokin Award dari The American Sociological Assosiation tahun 1968.

Buku itu merupakan kontribusinya yang sangat penting tentang studi sosiologi yaitu perihal stratifikasi sosial. Kontribusi Blau terhadap teori sosiologi yang menarik yaitu ia telah memberikan kontribusi penting terhadap dua orientasi teoritis yang berbeda.

Bukunya Exchange and Power in Social Life merupakan komponen utama teori pertukaran masa kini. Kontribusi utama Blau pada teori pertukaran yaitu pada kelompok primer berskala kecil dicoba untuk diterapkannya pada kelompok berskala besar.

Blau berada dibarisan terdepan pakar teori struktural. Selama masa jabatannya selaku presiden the American Sociological Association (1973-1974), Ia menjadikan teori struktural sebagai tema pertemuan tahunan asosiasi sosiologi.

Sejak itu Ia telah menerbitkan sejumlah buku dan artikel yang direncakan untuk menjelaskan dan mengembangkan teori struktural. 

Karya terakhir Blau dibidang ini adalah Structural Contexts of Opportunities (1994) dan Crosscutting Social Circles edisi kedua. Blau menghembuskan nafas terakhir dan meninggal pada 12 Maret 2002

Teori Pertukaran Peter M Blau. Tujuan Blau adalah untuk memahami struktur sosial berdasarkan analisis proses sosial yang mempengaruhi hubungan antara individu dan kelompok. 

Pertanyaan mendasarnya adalah bagaimana cara kehidupan sosial tersusun menjadi struktur asosiasi yang makin kompleks.

Blau bermaksud menganalisis sturktur sosial yang lebih kompleks, melebih Homans yang memusatkan perhatian pada bentuk-bentuk kehidupan sosial mendasar.

Homans sudah puas bekerja ditingkat perilaku, tatapi menurut Blau pekerajaan seperti itu hanyalah sebagai alat saja untuk mencapai tujuan lebih besar.

Tujuan utama sosiologi yang mempelajari interaksi tatap muka adalah untuk meletakan landasan guna memahami sturktur sosial yang mengembangkan dan menimbulkan kekuatan sosial yang menandai perkembangannya itu. 

Blau memusatkan perhatian pada proses pertukaran yang menurutnya mengatur kebanyakan perilaku manusia dan melandasi hubungan antarindividu maupun antarkelompok.

Ia membayangkan ada empat langkah berurutan mulai dari pertukaran antar pribadi ke struktur sosial hingga perubahan sosial, yaitu :

Langkah 1 : Pertukaran atau transaksi antarindividu yang meningkat ke...

Langkah 2 : Diferensiasi status dan kekuasaan yang mengarah ke...

Langkah 3 : Legitimasi dan pengorganisasian yang menyebarkan bibit dari...

Langkah 4 : Opisisi dan perubahan

Nah itulah sekilas biografi dari Peter M Blau, serta beberapa buah pikirnya tentang. Namun, untuk lebih lengkapnya silahkan membaca lagi ya guys !

Sumber referensi bacaan : 

1. Buku Teori Sosiologi Modern oleh George Ritzer -Dauglas J Goodman

Sumber foto :

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Peter_Blau

COMMENTS

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Tokoh Sosiologi Peter M Blau : Empat Langkah Berurutan Pertukaran Hingga Perubahan Sosial
Tokoh Sosiologi Peter M Blau : Empat Langkah Berurutan Pertukaran Hingga Perubahan Sosial
Tujuan Blau adalah untuk memahami struktur sosial berdasarkan analisis proses sosial yang mempengaruhi hubungan antara individu dan kelompok.
https://1.bp.blogspot.com/-Wbm5vyopX3s/X7ja7y33Y1I/AAAAAAAAEQU/2b0UgH1zny4R9YAd9KzmoywTwU9sjCwGACLcBGAsYHQ/s16000/Tokoh%2BSosiologi%2BPeter%2BM%2BBlau%2BEmpat%2BLangkah%2BBerurutan%2BPertukaran%2BHingga%2BPerubahan%2BSosial.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Wbm5vyopX3s/X7ja7y33Y1I/AAAAAAAAEQU/2b0UgH1zny4R9YAd9KzmoywTwU9sjCwGACLcBGAsYHQ/s72-c/Tokoh%2BSosiologi%2BPeter%2BM%2BBlau%2BEmpat%2BLangkah%2BBerurutan%2BPertukaran%2BHingga%2BPerubahan%2BSosial.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2020/11/tokoh-sosiologi-peter-m-blau-pertukaran-hingga-perubahan-sosial.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/11/tokoh-sosiologi-peter-m-blau-pertukaran-hingga-perubahan-sosial.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy