-->

Contoh Riset Perkotaan oleh Mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret

Contoh Riset Perkotaan oleh Mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret.
Contoh Riset Perkotaan oleh Mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret

Sosiologi Info - Hai sahabat sosiolog muda yang ada di Indonesia, semoga dalam keadaan yang sehat. Nah, kali ini kita ada contoh penelitian perkotaan yang dilakukan oleh Mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret tahun 2020.

Yuk lebih lengkapnya bisa membaca sekilas penyampaian oleh Fitriana Kurnia Wati Mahasiswa Sosiologi FISIP UNS yang mengangkat isu perihal  Masyarakat Cerdas di Kota Cerdas (Smart Citizen in Smart City).

Latar Belakang

Pada kesempatan ini Sosiologi Info sebagai media partnership Webinar Nasional Sosiologi Perkotaan 2020 dengan tema Smart Citizen in Smart City. Berikut dibawah ini pamflet acara agar lebih lengkap ya guys !

Contoh Riset Perkotaan oleh Mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret

Hasil riset Sosiologi Perkotaan ini sudah dilakukan selama tiga bulan panitia dan mahasiswa sosiologi, terkhususnya di Kota Solo, dimana masyarakat perkotaan menjadi isu kajian yang dilaksanakan. 

Berdasarkan isu yang menarik yaitu pengaruh perilaku masyarakat jaringan terhadap implementasi smart city di Kota Surakarta. Nah, bagaimana latar belakangnya ? Simak ulasan dibawah ini ya.

Berkaitan dengan tema dan fokus kajian Urban Sosiologi atau Sosiologi Perkotaan, kami Mahasiswa UNS yang ada di Surakarta, satu kajian masyarakat perkotan. 

Kita tertarik dengan teknologi. Selalu berkembang, dan menjadi isu yang tidak pernah padam dan selalu menarik untuk di bahas. 

Karena teknologi adalah hal yang menjadi budaya dan menjadi pengaruh terhadap perubahan tatanan masyarakat terutama di kota. 

Maka ada satu konsep yang sudah digalakan oleh pemerintah yaitu gerakan menuju seratus smart city, seperti di Jakarta, Makasar, Yogya dan lebih khususnya di Surakarta. 

Di Surakarta telah diterbitkan sistem tatanan digital yaitu aplikasi Solo Destination. Telah ada wisata, kuliner, data, dan berkaitan dengan pembayaran pajak dan lainnya.

Pada tahun 2017 adalah fase kota solo membangun dan menerapan dan masih kurang terintegrasinya satu sistem ini. Nah ini menjadi dasar kami untuk meneliti kajian ini yaitu perihal masyarakat jaringan.

Rumusan masalah :

1. Bagaimanakah implementasi smart city di kota surakarta ?

2. Bagamaimana perilaku masyarakat jaringan di kota surakarta ?

3. Apakah ada pengaruh dari perilaku masyarakat jaringan terhadap implementasi smart city di kota surakarta ?

Baca Juga : Memahami Sosiologi Perkotaan : Konsep, Teori dan Metode Penelitian

Ini akan memberikan gambaran kepada kita tentang penerapan masyarakat jaringan sebagai implementasi smart city di Kota Surakarta.

Nah untuk lebih lengkapnya silahkan menonton di YouTube Sosiologi FISIP UNS atau dibawah ini :

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !