-->

Unik, Golden Sunrise di Tempat Wisata Alam Posong : Berikut Akses, Biaya Tiket, dan Fasilitas

Tempat atau objek wisata alam yang populer, hits, rekomended, bagus, dan terbaru Jawa Tengah, bernama Wisata Alam Posong keunikannya Golden Sunrise.
Unik, Ada Golden Sunrise di Tempat Wisata Alam Posong : Berikut Akses, Lokasi, Biaya Tiket, dan Fasilitas, Tepat Dibawah Kaki Gunung

Sosiologi Info - Hai para traveller nusantara, sudah tahu belum tempat atau objek wisata alam yang populer, hits, rekomended, bagus, dan terbaru di Jawa Tengah, Indonesia ? 

Tempat wisata alam ini bernama Wisata Alam Posong yang punya keunikan adanya Golden Sunrisenya. Berikut ini akses atau lokasinya, tiket masuk atau biaya masuk dan fasilitas yang ada.

Nah tempat atau objek wisata alam  ini bisa menjadi alternatif liburan untuk mahasiswa, pelajar, anak-anak, dan liburan bersama keluarga, sahabat, pacar.   Yuk Simak guys penjelasannya !

Unik, Ada Golden Sunrise di Tempat Wisata Alam Posong : Berikut Akses, Lokasi, Biaya Tiket, dan Fasilitas, Tepat Dibawah Kaki Gunung

Pandemi Covid-19 menjadi suatu kenyataan yang jauh dari pikiran kita, dampaknya yang begitu besar akhirnya menyulitkan banyak hal. Jadi, tidak menutup kemungkinan kalau masa pandemi ini membuat kita lelah dan membutuhkan hiburan. 

Nah, buat kamu yang ingin melepas penat dengan bepergian ke luar kota boleh nih cobain salah satu wisata terbaik yang ada di Kabupaten Temanggung. Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Jawa tengah yang terletak di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. 

Kota Temanggung berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang di sebelah selatan dan Kabupaten Semarang di Sebelah Utara. Letaknya yang berada di daerah pegunungan membuat Kota Temanggung memiliki daya tarik wisata alam mengesankan. 

Unik, Ada Golden Sunrise di Tempat Wisata Alam Posong : Berikut Akses, Lokasi, Biaya Tiket, dan Fasilitas, Tepat Dibawah Kaki Gunung

Destinasi Wisata Alam Posong di Jawa Tengah

Salah satu destinasi wisata di daerah Temanggung yang wajib kamu kunjungi adalah Wisata Alam Posong. Wisata Alam Posong terletak di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Tempat wisata yang berada di bawah kaki Gunung Sindoro ini menawarkan panorama alam yang begitu eksotis dengan pemandangan alam khas pegunungan. 

Tempatnya yang berada di kaki gunung membuat Wisata Alam Posong  dikelilingi tanaman seperti tembakau dan sayur mayur milik warga setempat, juga rentetan pohon pinus yang turut menambah kesan naturenya.

Sementara itu, yang menjadikan Wisata Alam Posong ini digandrungi banyak orang karena keindahan sunrisenya. Jadi, nggak heran kalo sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Posong memilih waktu di pagi hari. 

Meskipun, suhu udara Kota Temanggung di pagi hari cukup dingin, tapi tak menghalangi mereka untuk mendapatkan golden sunrise di Wisata Alam Posong. 

Unik, Ada Golden Sunrise di Tempat Wisata Alam Posong : Berikut Akses, Lokasi, Biaya Tiket, dan Fasilitas, Tepat Dibawah Kaki Gunung

Awal Mula Wisata Alam Posong Dibuka 

Pada awalnya Posong hanyalah sebuah pos kosong bekas tempat persembunyian tentara Diponegara di zaman penjajahan. 

Melihat potensi alam yang begitu indah kemudian Posong di sulap oleh salah satu investor menjadi tempat wisata yang mulai dibuka pada tahun 2010. 

Di awal pembukaannya, posong hanya menyediakan beberapa gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat sunrise dan pemandangan di sekitarnya. 

Seiring berjalannya waktu Posong semakin dikembangkan dengan menambah fasilitas dan merenovasi beberapa bagian hingga menjadikan  wisata unggulan di Kabupaten Temanggung yang digandrungi wisatawan.

Unik, Ada Golden Sunrise di Tempat Wisata Alam Posong : Berikut Akses, Lokasi, Biaya Tiket, dan Fasilitas, Tepat Dibawah Kaki Gunung
Sumber Foto : Google Maps

Akses untuk sampai ke Posong 

Lokasi Wisata Alam Posong berjarak kurang lebih 25 km dari pusat Kota Temanggung dan diperkirakan butuh waktu sekitar 1 jam dari pusat kota sampai ke Posong. 

Jika dari luar kota, kamu bisa memilih lewat Kota Wonosobo atau Magelang. Jika dari Magelang, kamu bisa ikuti petunjuk jalan ke Temanggung. 

Sesampainya di Secang kamu bisa belok kiri dan ikuti jalan sampai di alun-alun Kota Temanggung. Dari alun-alun Temanggung kamu ambil arah Wonosobo lewat Parakan. Dari pusat Parakan sekitar 7 km kamu akan sampai di pintu gerbang  wisata posong. 

Sementara itu, jika kamu dari arah Wonosobo kamu tinggal ikuti jalan. Tidak jauh dari gapura selamat jalan Wonosobo, sekitar 1 km kamu belok kiri dan sampai di pintu gerbang Posong. 

Setelah itu, kamu akan diminta membayar parkir di sekitar pintu gerbang. Namun,  perjalanan masih belum selesai. Kamu harus menempuh sekitar 4 km lagi untuk sampai di Wisata Alam Posong. 

Sepanjang perjalanan dari pintu gerbang kamu akan disuguhkan dengan perkebunan warga dan pohon pinus di pinggir jalan. Untuk transportasi kamu tidak perlu khawatir, kendaraan  roda 2 dan 4 masih bisa masuk sampai di tempat wisata posongnya. 

Atau jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menyewa ojek untuk mengantar sampai ke Wisata Alam Posong.

Biaya Masuk Wisata Alam Posong

Biaya untuk masuk ke wisata alam posong cukup terjangkau. Hanya Rp 20.000 untuk tiket masuk dan Rp 3.000 untuk parkir kendaraan roda 2 ,Rp 7.000 untuk kendaraan roda 4. Setelah itu kamu bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang tersedia di wisata alam posong yang begitu menakjubkkan. 

Akses

Fasilitas yang Bisa Kamu Dapat

Di wisata alam posong kamu bisa menikmati sunrise yang muncul di antara pegunungan. Ada sekitar 7 gunung yang dapat kamu liat panoramanya, yaitu Gunung Sumbing, Muria, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Andong, Ungaran, dan berlatar belakang Gunung Sindoro. 

Jika ingin mendapat golden sunrise, alangkah baiknya kamu berangkat jam 4 dari pusat kota lalu sampai di Posong kurang dari jam 5 pagi.  Pada waktu itu, kamu akan melihat mentari yang mucul diantara gunung-gunung dengan warna orange. Apalagi , kamu berkunjung di musim panas. 

Wisata posong sendiri buka dari jam 04.00-17.00 WIB. Selain itu, Wisata Alam Posong juga menyediakan berbagai fasilitas untuk dinikmati pengunjung, seperti toilet, tempat parkir, gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam posong.

Flying fox untuk sekadar meluncur menikmati angin pegunungan, lalu juga ada warung-warung yang menyediakan makanan khas Temanggung. Untuk kamu pecinta kopi, tepat sekali jika mengunjungi Wisata Posong. 

Karena di sini, kamu bisa mencicipi kopi asli buatan warga Temanggung sambil menikmati keindahan alam Posong. Selain itu, jika ingin melihat milky way di malam hari kamu bisa menginap di Wisata Alam Posong. 

Karena disini, disediakan camping ground yang estetik dan nyaman untuk kamu tidur. Khusus wisatawan yang menginap, jam buka posong tentu sampai dengan 24 jam. Jangan lupa, jika  kamu akan menginap. 

Bawa pakaian hangat dan selimut tebal karena udara di Posong sangat dingin apalagi di waktu malam hingga pagi hari. Dan yang tidak ketinggalan juga, Wisata Alam Posong memiliki spot-spot foto di setiap sudutnya seperti gardu pandang, sayap kupu-kupu, dan bentuk love yang bisa menghiasi laman sosial mediamu.

Penulis Artikel :

Amanda Rahma Mazida | Mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret (UNS) 

Sosial media : 

Instagram : @amanda.rhm

Facebook : Amanda Rahma

1 komentar

  1. Linda Rahayu Ningsih
    Mantab informasinya lengkap, terimakasih. Kalau boleh tau, wisata alam posong itu dikelola oleh siapa dan bagaimana pengelolaannya?

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !