Pengertian Media Massa : Memahami Jenis-Jenis, 5+ Fungsi dan Syaratnya - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Media Massa : Memahami Jenis-Jenis, 5+ Fungsi dan Syaratnya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Pengertian Media Massa : Memahami Jenis-Jenis, 5+ Fungsi dan Syaratnya

Apa pengertian media massa, bagaimana cara memahami jenis-jenis media massa, fungsinya serta persyaratan adanya institusi media massa.

Pengertian Media Massa : Memahami Jenis-Jenis, 5+ Fungsi, dan Persyaratannya

Sosiologi Info - Perkembangan media massa dari waktu ke waktu menyesuaikan zamannya. Lalu, apa pengertian media massa, bagaimana cara memahami jenis-jenis media massa, fungsinya serta persyaratan adanya institusi media massa. Yuk simak ulasan singkat dibawah ini guys !

Pengertian Media Massa. Secara sederhana, pengertian media massa merupakan wadah atau wahanan penyampaian informasi kepada masyarakat/publik secara luas. 

Perkembangan dewasa ini, media massa telah memberikan pengaruh signifikan kepada masyarakat. Dimana kekuatan media massa dalam memberikan pilihan keputusan yang beragam terhadap tren isu kehidupan sosial, politik, budaya, ekonomi masyarakat. 

Saat ini, kebanyakan masyarakat tertarik dengan adanya media massa yang berkembang pesat dengan adanya kemajuan teknologi digital informasi. Masyarakat berharap banyak dengan kemajuan tersebut dalam upaya mencapai tujuan mereka. 

Dikutip dari buku Sosiologi Komunikasi, dijelaskan pengertian media massa adalah institusi yang menghubungkan seluruh unsur masyarakat satu dengan lainnya. Dengan melalui produk media massa yang dihasilkan. 

Secara spesifik institusi media massa yaitu sebagai berikut : 

1. Sebagai saluran produksi dan distribusi konten simbolis

2. Sebagai institusi publik yang bekerja sesuai aturan yang ada

3. Keikutsertakan baik sebagai pengirim atau penerima adalah sukarela

4. Menggunakan standar profesional dan birokrasi

5. Media sebagai perpaduan antara kebebasan dan kekuasaan, (McQuail, 2002: 15). 

Nah, itulah sekilas pengertian media massa dan secara spesifik ada lima bagian penting media massa sebagai institusi penghubung seluruh unsur masyarakat. Lalu, apa saja ya jenis-jenis media massa, yuk simak terus ulasannya dibawah ini. 

Jenis-Jenis Media Massa. Dikutip dari laman Pakarkomunikasi.com, menuliskan bahwa media massa semakin beragam jenis pada setiap perkembangan zaman atau eranya. 

Jenis-jenis media massa yaitu ada media massa cetak, dan elektronik, ini penjelasan dan contohnya, yaitu sebagai berikut : 

Media cetak merupakan media massa yang menggunakan kertas sebagai penyampaian informasinya bisa berupa gambar, dan teks narasi yang disuguhkan. Seperti koran, majalah, buku teks, tabloid, buletin, dan media cetak lainnya. 

Media elektronik merupakan media massa yang dimana penyampaian informasi menggunakan peralatan elektronik. Seperti televisi, radio, ponsel/smartphone, internet, dan komputer.  

Memahami Fungsi Media Massa. Nah setelah kita sudah memahami pengertian media massa dan jenis-jenisnya. Ada baiknya juga kita memahami fungsi dari adanya media massa dewasa ini, yaitu sebagai berikut : 

Media Massa sebagai Wahanan Sosialisasi untuk Masyarakat. Dengan adanya media massa masyarakat bisa mendapatkan informasi yang penting sebagai cara untuk menyampaikan pemberitaan, pelaporan, analisa, dan lainnya. 

Dengan adanya media massa sebagai corong untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, seperti saat sekarang mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada warga, dan mensosialisasikan pelayanan publik lainnya. 

Media Massa sebagai Ruang Diskusi Publik atau Ruang Opini Masyarakat. Setelah media massa sebagai corong untuk mensosialisasikan berbagai informasi. Media massa juga tak kalah penting untuk memberikan pengaruh opini publik dalam ruang-ruang diskusi yang dilakukan oleh masyarakat. 

Ruang diskusi yang menimbulkan adanya opini publik dapat menjadi pengaruh bagaimana masyarakat mengonsumsikan informasi terkait dengan isu-isu strategis yang mudah dipahami.

Media Massa sebagai Ruang Agenda Politik, Budaya, Sosial, dan Ekonomi. Tak kalah penting, fungsi media massa yang dewasa ini mengikuti tren perkembangan zaman. Dimana pengaruhnya tidak hanya sekadar sebagai penguat opini publik. 

Media massa juga memiliki fungsi sebagai penguat perspepsi masyarakat terhadap berbagai isu-isu populer dan penting. Misalnya, isu ekonomi, budaya, kejahatan sosial, isu mengenai kesejahteraan masyarakat, dan berbagai hal isu penting lainnya. 

Dengan adanya bantuan media massa maka masyarakat mempunyai perspepsi sendiri yang saling menguatkan untuk memberikan solusi terhadap isu-isu penting tersebut. 

Media Massa sebagai CCTV Jalannya Roda Pemerintahan. Media massa mempunyai fungsi yang strategis untuk mengawasi jalannya pelayanan maupun roda pemerintahan. 

Misalnya pengawasan dalam investigasi liputan korupsi, penggelapan pajak, pengusutan mafia tanah, serta investigasi jurnalistik yang dilakukan oleh para profesionalisme jurnalis. 

Dengan adanya bantua media massa yang profesionalisme maka masyarakat juga terbantu terhadap pelayanan publik yang kadang rumit, untuk bisa menjadi dipermudah.

Media Massa sebagai Komunikasi dan Kontak Sosial Masyarakat dengan Pemerintahan. Media massa juga bisa menjadi hubungan komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. 

Dimana, media massa sebagai sarana pemerintah untuk menyampaikan informasi terkait dengan program pemerintah, pelayanan, dan edukasi lainnya. 

Tidaknya itu, biasa juga dijadikan untuk menjelaskan program secara detail dan lengkap agar masyarakat dapat mudah memahami program tersebut. 

Selanjutnya, juga sebagai cara untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat, tentang program yang ditawarkan oleh pemerintah kepada warganya. 

Dengan cara inilah pemerintah memberikan sarana keterbukaan informasi atau adanya transparansi baik anggaran, program pelayanan dari pemerintah kepada masyarakatnya. 

Begitu juga perihal adanya kebijakan-kebijakan yang menyentuh warga atau masyarakatnya, secara jelas menginformasikan tanpa ada yang ditutup-tutupi oleh pemerintah setempat. 

Dengan cara itulah, masyarakat akan menaruh kepercayaan kepada pemerintahnya untuk mendukung program-program yang ada.

Media Massa sebagai Buku Harian Catatan Sejarah. Dulu kita mencatat agenda-agenda penting dengan menggunakan batu, kemudian kertas, dan sekarang sesuai dengan perkembangan zaman digitalisasi media massa. 

Memudahkan kita untuk mencatat hal-hal penting maupun informasi penting yang tercatat dalam big data di media massa tersebut. Misalnya, perihal informasi sejarah, informasi wisata, informasi kuliner, dan banyak lagi informasi penting tercatat di media massa. 

Nah itulah enam fungsi media massa yang memberikan pengaruh penting kepada masyarakat, baik dimasa sekarang maupun masa mendatang. 

Persyarakatan Media Massa Bagi Khalayak Pemakainya. Perlu digaris bawahi, penggunaan media massa berbeda dengan komunikasi antarpribadi. Dimana media massa membutuhkan persyaratan tertentu dari pemakainya. Apa saja syarat itu, berikut penjelasannya, yaitu :

Pertama, orang harus bisa membaca, sebelum mengonsumsi surat kabar atau majalah. 

Kedua, orang harus memiliki pesawat radio atau televisi, bila akan mengikuti siarannya, atau punya uang untuk membeli tiket bila ingin menonton film. 

Ketiga, kebiasaan memanfaatkan media (media habit). Dengan demikian, penting untuk menjadi khalayak media massa, maka ketiga persyaratan diatas sudah seharusnya dan semestinya dimiliki atau dilakukan. 

Apabila, ketiga syarat diatas tidak dipenuhi maka belum bisa menjadi khalayak media massa atau masyarakat media.

Demikianlah, pengertian media massa, memahami jenis-jenis media massa, dan persyaratan untuk menjadi masyarakat media, semoga mudah dipahami ya guys. 

Sumber referensi buku : 

Yuk Beli Buku Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat oleh Prof Dr H M Burhan Bungin, S.Sos., M.Si | Guru Besar Ilmu Sosiologi Komunikasi

Sumber referensi internet : 1 | 2

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Media Massa : Memahami Jenis-Jenis, 5+ Fungsi dan Syaratnya
Pengertian Media Massa : Memahami Jenis-Jenis, 5+ Fungsi dan Syaratnya
Apa pengertian media massa, bagaimana cara memahami jenis-jenis media massa, fungsinya serta persyaratan adanya institusi media massa.
https://1.bp.blogspot.com/-_8sLpet9P9s/YIT5muKtTDI/AAAAAAAAEzA/y_7d4fo2XsoDfSVSpe90qDq0UJ98FMSpACLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2Bmedia%2Bmassa%2Bjenis%2Bjenis%2Bfungsi%2Bdan%2Bsyaratnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_8sLpet9P9s/YIT5muKtTDI/AAAAAAAAEzA/y_7d4fo2XsoDfSVSpe90qDq0UJ98FMSpACLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2Bmedia%2Bmassa%2Bjenis%2Bjenis%2Bfungsi%2Bdan%2Bsyaratnya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/04/pengertian-media-massa-jenis-fungsi-dan-syaratnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/04/pengertian-media-massa-jenis-fungsi-dan-syaratnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy