-->

Pengertian Perubahan Sosial : Penyebab, 2+ Aspek Penting, Contoh Fenomenanya

Apa pengertian perubahan sosial, penyebab masyarakat menerima, aspek-aspek penting menyangkut adanya perubahan sosial, dan contohnya.
Pengertian Perubahan Sosial : Penyebab, 2 Aspek Penting, Contohnya

Sosiologi Info - Masyarakat dimana pun berada selalu mengalami perubahan sosial. Lalu, apa pengertian perubahan sosial, penyebab ketersediaan masyarakat menerima perubahan sosial. 

Terus aspek-aspek penting menyangkut adanya perubahan sosial, dan contohnya. Berikut ini penjelasannya guys ! 

Pengertian Perubahan Sosial. Kehidupan masyarakat dari waktu ke waktu akan mengalami pergeseran, baik pergeseran pada norma dan nilai sosialnya. 

Dikutip dari buku Sosiologi Komunikasi, dijelaskan Perubahan Sosial adalah proses sosial yang dialami oleh anggota masyarakat, serta semua unsur-unsur budaya dan sistem-sistem sosial. 

Dimana semua tingkat kehidupan masyarakat secara sukarela atau dipengaruhi oleh unsur-unsur eksternal meninggalkan pola-pola kehidupan, budaya, dan sistem sosial lama. 

Kemudian, menyesuaikan diri atau menggunakan pola-pola kehidupan, budaya, dan sistem sosial yang baru. 

Penyebab Ketersedian Masyarakat Adanya Perubahan Sosial. Sebenarnya apa sih yang membuat masyarakat bersedia menerima adanya perubahan sosia dalam kehidupan sosial sehari-harinya. 

Nah, ternyata perubahan sosial terjadi ketika ketersediaan anggota masyarakat untuk meninggalkan unsur-unsur nilai, norma, budaya, serta sistem sosial yang dianggap sudah lama, tertinggal oleh perkembangan zaman. 

Pada tahapan ini, anggota masyarakat ingin mulai beralih memakai unsur-unsur baru, seperti nilai, norma, budaya, dan sistem sosial yang menurutnya sesuai dengan perkembangan zaman dewas ini. 

Perubahan sosial menyentuh hampir semua komponen lapisan masyarakat yang ada. Dimana dipandang sebagai konsep mencakup keseluruhan kehidupan sosial masyarakat, baik di tingkat individu, komuniktas/kelompok masyarakat, negara, bahkan tingkat dunia mengalami perubahan tersebut. 

Lalu, apa saja ya aspek-aspek penting dalam perubahan sosial ? Nah untuk lebih lanjut simak penjelasannya berikut ini ya guys.

Tiga Aspek Penting yang Menyangkut Perubahan Sosial. Ada tiga hal penting aspek-aspek yang menyangkut dengan perubahan sosial, yaitu perubahan pola pikir masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, dan perubahan budaya materi.

Pertama, perubahan pola pikir, dimana sikap masyarakat dalam merespon berbagai persoalan yang menyangkut berbagai permasalahan sosial dan budaya. 

Dimana persoalan itu berada di sekitaran lingkungannya, sehingga dapat memberikan pengaruh pemetaan terhadap pola-pola pikir baru masyarakat yang lebih modern lagi. 

Contoh Fenomena Sosialnya. Perubahan sosial yang terlihat saat ini yaitu adanya pola pemilihan pekerjaan yang lebih kepada mementingkan hasil pendapatan yang maksimal. Sekarang kebanyakan masyarakat tidak lagi mementingkan pekerjaan yang formal, seperti menjadi pegawai (ASN), maupu kantoran. 

Bagi kebanyakan orang lebih memilih pekerjaan yang menghasilakan pendapatan maksimal sebagai penunjang kehidupan mereka. Misalnya membuka usaha kuliner, cafe, dan sejenisnya. 

Pekerjaan yang menjadi minat masyarakat sekarang tidak hanya pada sektor formal saja, melainkan sektor informal juga menjadi minat kebanyakan masyarakat kita. 
 
Nah itulah contoh perubahan sosial dari aspek pola pikir masyarakat yang bisa kita lihat di kehidupan sekitarnya. 

Kedua, perubahan perilaku masyarakat yang menyangkut persoalan perubahan sistem sosial. Nah, dimana masyarakat meninggalkan sistem sosial lama, dan berubah menjalankan sistem sosial baru. 

Contoh Fenomena Sosialnya. Dulu, sebelum adanya aplikasi online baik GoJek, Grab, masyarakat masih menggunakan ojek pangkalan ataupun angkot, nah sekarang kebanyakan masyarakat lebih memilih memakai jasa ojek online dengan menggunakan aplikasi. 

Perkembangan zaman, terutama adanya informasi digital membuat masyarakat memilih kepada kemudahan, efesiensi, fleksibel, serta adanya penawaran promo yang memanjakan para pengguna aplikasi Gojek maupun Grab. 

Ketiga, perubahan budaya materi, dimana perubahan ini menyangkut pada artefak budaya yang digunaka oleh masyarakat. Apa ya contohnya ? 

Contoh Fenomena Sosialnya. Perubahan sosial kepada budaya materi bisa kita lihat, bagaimana cara masyarakat dalam menggunakan fashion atau model berpakaian, hasil karya-karya fotografi serba digital.

Kemudian, karya film sekarang dinikmati hanya dengan menggunakan smartphone, adanya kemajuan teknologi digital yang terus mengalami perubahan dari masa ke masa, waktu ke waktu dimana menyesuaikan kebutuhan dan konsumsi masyarakat. 

Nah itulah sekilas pengertian perubahan sosial, penyebab ketersediaan masyarakat menerima adanya perubahan sosial, aspek-aspek penting dalam perubahan sosial, serta contoh fenomena sosial kemasyarakatannya. 

Sumber referensi buku : 
Yuk Beli Buku Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat oleh Prof Dr H M Burhan Bungin, S.Sos., M.Si | Guru Besar Ilmu Sosiologi Komunikasi

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !